Matahari sesungguhnya selalu hadir dan ada,
Dan setiap orang terhangati olehnya.
Meskipun begitu, karena matahari tidak selamanya terlihat,
Manusia tidak mengengetahui bahwa kehangatan dan kehidupan berasal darinya.

Rabu, 01 Juni 2016

CONTOH RPP PKP

RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah          : SD N 1 Tanggungharjo
Mata pelajaran          : Matematika Tematik
Kelas / Semester       : III/2
Tema                        : Pariwisata
Alokasi Waktu         : 2 X 35 Menit ( 1 X pertemuan )
Hari / Tanggal          : Kamis, 7 April 2016
 


I.       STANDAR KOMPETENSI
5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya  dalam pemecahan masalah.

II.      KOMPETENSI DASAR
5.3  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang ( matematika )

III.    INDIKATOR
5.3.2 Menemukan cara menghitung luas persegi panjang.
5.3.4 Menemukan cara menghitung luas persegi atau bujur sangkar .

IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.  Melalui penggunaan metode ceramah yang ditunjang dengan model kooperatif STAD, siswa mampu menghitung luas persegi dan persegi panjang.
2.  Melalui penggunaan metode Tanya Jawab yang ditunjang dengan model kooperatif STAD, siswa mampu menghitung luas persegi dan persegi panjang.
3.  Melalui penggunaan metode penugasan yang ditunjang dengan model kooperatif STAD, siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi dan persegi panjang.

V.        TUJUAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
a.  Bagi Siswa
Meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa tentang cara menyelesaikan luas persegi dan persegi panjang.
b.  Bagi Guru
1)  Meningkatkan kinerja guru dalam penyampaian materi di kelas.
2) Memotivasi guru untuk mengembangkan potensinya penerapan metode yang bervariasi.

VI.    MATERI AJAR
1.    Luas bangun datar adalah daerah pada bangun datar tersebut.
2.    Luas Persegi Panjang
-       Sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dinamakan panjang (P)
-       Sisi yang berhadapan pendek dinamakan lebar ( L ).
-       Luas persegi panjang         = Panjang x Lebar
                                           = p x l
3.    Luas Persegi
-     Persegi mempunyai 4 sisi yang sama panjang.
-     Rumus luas persegi = Sisi X Sisi = s x s

VII.   METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran      : Student Teams Achivement Division
2. Metode Pembelajaran    : - ceramah
                                     - tanya jawab
                                     - tugas

VIII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  Kegiatan awal ( 15 menit )
a.    Mengucapkan salam
b.    Mengajak siswa berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing
c.    Mengadakan absensi murid
d.   Mengadakan tanya jawab kepada siswa tentang kegiatan hari ini, misalnya:
-     Bagaimana keadaan kalian hari ini? Sehat semua?
-     Masih semangat?
-     Apakah kalian sudah siap menerima pelajaran?
e.    Guru melakukan tanya jawab untuk mengingatkan kembali tentang materi luas persegi dan persegi panjang.
f.     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, cakupan materi, dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan berhubungan dengan pertanyaan yang diberikan.

B.  Kegiatan inti  ( 35 menit )
Eksplorasi
a.    Guru membentuk kelompok heterogen yang terdiri dari 4-5 siswa. Pengelompokkan heterogen ini berdasarkan nilai ulangan materi luas bangun datar yang diperoleh dari kondisi awal siswa (Pra Siklus).
b.  Guru menjelaskan materi secara klasikal kepada siswa yang sudah dikelompokkan sebelumnya.
c.  Guru membagikan lembar kerja (individu dan kelompok) kepada masing-masing kelompok.
Elaborasi
a. Siswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru. Apabila ada siswa dalam suatu kelompok mengalami kesulitan dalam memahami materi ataupun menyelesaikan lembar kerja disarankan untuk meminta bantuan kepada siswa dalam kelompoknya terlebih dahulu sebelum kepada guru.
b.  Guru memfasilitasi kepada masing-masing kelompok apabila dalam kelompok tersebut mengalami kesulitan dalam memahami soal atau mengerjakan lembar kerja.
Konfirmasi
a.    Guru menghentikan program pengelompokkan dan menjelaskan konsep-konsep yang belum dipahami dengan strategi pemecahan masalah yang relevan.
b.    Guru bersama siswa membuat simpulan hasil pembelajaran.
C.  Kegiatan akhir ( 20 menit )
-     Siswa mengerjakan lembar evaluasi.
-Guru mengadakan penilaian.
IX.    SARANA DAN SUMBER BELAJAR
1. Alat        : Gambar bangun datar, penggaris, kapur tulis, penghapus, papan tulis
2. Sumber : - Terampil Berhitung Matemetika Kelas III karangan Tim Bina Karya Guru Penerbit Erlangga Tahun 2007 halaman 190 – 202
- Buku BSE  Matematika Kelas 3 Karangan Nurul Masitoch dkk Penerbit Pusat Perbukuan  jakarta  tahun 2009 Halaman 176 - 182
- Buku Kerja Matematika 3B karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd. dkk penerbit Esis tahun 2007 halaman 73 - 88

X.      PENILAIAN
1.    Tes awal                 : Ada ( pada apersepsi)
2.    Tes dalam proses    : Lembar Kerja Siswa
3.    Tes akhir                : Tes Formatif (Lembar evaluasi)
4.    Jenis tes                  : Tertulis
5.    Bentuk tes              : Essai
6.    Alat evaluasi          : a. Lembar Kerja Siswa (terlampir)
b. Lembar Tes Formatif (terlampir)


Tanggungharjo, 4 April 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                Mahasiswa