Friday, December 2, 2016

CONTOH SOAL PDGK 4502 PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI SD




1.      Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam … . 
A. melaksanakan proses belajar mengajar
B. melaksanakan supervisi atau pengawasan
C. memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
D. membimbing anak belajar di rumah
Jawab:
A. Benar, karena pedoman melaksanakan proses belajar mengajar merupakan fungsi kurikulum bagi guru
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Pengertian dan Fungsi Kurikulum


2.       Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ... .
A. konservatif
B. kreatif
C. kritis
D. evaluatif
Jawab:
B. Benar, karena peranan kreatif mengandung hal-hal yang dapat membantu setiap siswa mengembangkan semua potensi yang ada pada dirinya untuk memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru, kemampuan-kemampuan baru, serta berpikir baru dalam kehidupannya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Pengertian dan Fungsi Kurikulum

3.       Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ... .
A. sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
B. sesuai dengan minat siswa
C. memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
D. bermanfaat bagi kehidupan
Jawab:
D. Benar, karena kriteria kegunaan menuntut isi kurikulum yang bermanfaat bagi kehidupan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Komponen-komponen Kurikulum

4.      Menurut Pratt, rumusan tujuan kurikulum harus fungsional artinya bahwa rumusan tujuan tersebut harus ... .
A. konsisten dengan tujuan pendidikan nasional
B. sesuai dengan kepentingan dan perkembangan siswa
C. dipilih berdasarkan nilai yang diakui kepentingannya
D. memiliki manfaat bagi siswa dan masyarakat
Jawab:
D. Benar, karena rumusan tujuan yang memiliki manfaat (nilai guna) baik bagi peserta didik maupun masyarakat berkaitan dengan kriteria fungsional.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Komponen-komponen Kurikulum

5.      Salah satu landasan yang mendasari kurikulum adalah landasan psikologis maksudnya pendidikan didasarkan pada ... .
A. aspek kebudayaan
B. perubahan fisik manusia
C. cara berpikir mendalam
D. perilaku manusia
Jawab:
D. Benar, karena menurut model PPSI rencana pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 1 tentang Landasan Pengembangan Kurikulum

6.      Salah satu ciri pengembangan kurikulum yang menerapkan pendekatan administrastif adalah ... .
A. kurikulum dikembangkan karena ada keresahan dari guru
B. administrator pendidikan berperan sebagai fasilitator
C. inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat
D. guru memiliki peran yang besar dalam pengembangan kurikulum
Jawab:
C. Benar, karena dalam pengembangan kurikulum dengan pendekatan administrator inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Pendekatan Pengembangan Kurikulum

7.      Pengorganisasian isi kurikulum yang bertitik tolak dari keseluruhan sebagai suatu totalitas yang memiliki makna, arti, dan faedah tertentu adalah pengorganisasian isi kurikulum yang menerapkan pendekatan ... .
A.Interdisipliner
B.Terintegrasi
C. Broadfield
D. Mata Pelajaran
Jawab:
B. Benar, karena pendekatan terintegrasi (integrated) bertitik tolak dari keseluruhan dan bermakna dan berstruktur.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Pendekatan Pengembangan Kurikulum

8.      Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum menuntut ... .
A. penyediaan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaian pelaksanaan kurikulum dengan kondisi sekolah
B. pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh
C. pengembangan materi, kegiatan, dan evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan
D. adanya kesinambungan materi kurikulum antar-jenis dan jenjang pendidikan
Jawab:
B. Benar, karena penerapan prisnip integritas menuntut kurikulum yang dapat membentuk pribadi yang utuh
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum

9.      Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ... .
A. disusun secara logis dan sistematis
B. sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
C. bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
D. sesuai dengan perbedaan individual siswa
Jawab:
A. Benar, karena isi pendidikan harus disusun secara logis dan sistematis sehingga mudah dipahami oleh siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum

10.   Pemilihan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kriteria berikut, kecuali ... .
A. sesuai dengan tujuan
B. merupakan warisan positif generasi masa lalu
C. sesuai dengan kebutuhan siswa
D. mudah dikuasai siswa
Jawab:
D. Benar, karena kemudahan untuk dikuasai siswa berkaitan dengan urutan penyajian materi.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 2 tentang Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum

11.   Penerapan manajemen berbasis sekolah menuntut sekolah untuk dapat mandiri dalam melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dengan sekolah untuk turut serta membantu sekolah dalam memperbaiki dan/atau meningkatkan kulitas layanan pendidikan. Hal ini bahwa sekolah hendaknya ... .
A. melakukan berbagai inovasi
B. menciptakan perubahan dalam layanan pendidikan
C. mendesain kembali organisasi sekolah
D. merekrut staf baru untuk menangani manajemen sekolah
Jawab:
C. Benar, karena pelibatan berbagai pihak dalam pemberian layanan pendidikan membawa implikasi terhadap perubahan struktur organisasi sekolah.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi

12.   Kompetensi dasar peserta didik terdiri dari kompetensi okupasional artinya peserta didik harus memiliki kesiapan dan mampu beradaptasi terhadap dunia kerja, sedangkan kompetensi temporal terletak pada... .
A. pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan dan persoalan hidup
B. keeksisan dalam menjalani kehidupan serta mampu memanfaatkan kemampuan dasar
C. penempatan diri sebaik-baiknya dalam sistem budaya dan tata nilai masyarakat yang pluralistik
D. penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan, anggota masyarakat, dan warga negara keterampilan hidup
Jawab:
B. Benar, karena merupakan kompetensi temporal
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi

13.   Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi adalah sebagai berikut, kecuali ... .
A. memberi kebebasan kepada pelaksana pendidikan di lapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program pembelajaran
B. mengakomodasi kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia
C. menitikberatkan pencapaian target kompetensi
D. memberi keseimbangan pengalaman belajar
Jawab:
D. Benar, karena merupakan prinsip umum pengembangan kurikulum
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi

14.   Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ... .
A. mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
B. memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
C. menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
D. memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
Jawab:
D. Benar, karena memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar sesuai dengan caranya sendiri merupakan tugas guru sebagai pengamat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence

15.   Guru hendaknya merancang dan melaksanakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghayati pentingnya sikap simpati, empati, dan toleransi terhadap siswa dan orang lain. Pernyataan tersebut berkaitan dengan salah satu faktor efektivitas pembelajaran yang harus diperhatikan guru, yaitu faktor ... .
A. kemandirian dan kerjasama
B. belajar untuk kebersamaan
C. interaksi dan komunikasi
D. suasana yang mendukung
Jawab:
B. Benar, karena faktor belajar untuk kebersamaan berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap empati, simpati, dan toleransi kepada orang lain.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence

16.   Kurikulum sekolah rendah untuk orang Eropa, Tionghoa, dan Indonesia yang haknya disamakan dengan Bangsa Eropa (Europe Lagree School – ELS) menekankan pada mata pelajaran ... .
A. Bahasa Belanda
B. Sejarah
C. Pendidikan Jasmani
D. Bahasa Inggris
Jawab:
A. Benar, karena penguasaan Bahasa Belanda merupakan prasyarat menjadi pegawai dan Pemerintah Belanda dapat mengontrol rakyat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975

17.   Kurikulum SD 1984 dikembangkan dengan tujuan untuk ... .
A. mengembangkan moral, kecerdasan, emosional, keprigelan, dan jasmani siswa
B. membina jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan keterampilan khusus siswa
C. mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan kemampuan bertindak siswa
D. mengembangkan kemampuan dan keterampilan dasar baca-tulis-hitung siswa
Jawab:
C. Benar, karena pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), sikap (afektif), dan kemampuan bertindak (psikomotor) merupakan tujuan Kurikulum SD 1984
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975

18.   Salah satu karakteristik dalam kurikulum SD tahun 1994 adalah ... .
A. menerapkan program kurikuler dan ekstrakurikuler
B. menerapkan kemampuan dalam baca tulis
C. menerapkan bimbingan belajar
D. menerapkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
Jawab:
A. Benar, karena program kurikuler dan ekstrakurikuler merupakan karakteristik kurikulum 1994
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975

19.   Salah satu manfaat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah ... .
A .peka terhadap ide-ide dan teknologi baru dalam pendidikan
B. mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan
C. berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman
D. terbuka untuk melakukan inovasi ke arah yang lebih baik dan kompetitif
Jawab:
B. Benar, karena KTSP memberikan kebebasan kepada sekolah untuk membuat kurikulum sesuai dengan situasi dan kondisi daerahnya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP


20.   Menurut Sukmadinata (2005) salah satu prinsip dalam pengembangan KTSP adalah prinsip efektivitas, maksudnya ... .
A. kurikulum dituntut memiliki kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan masyarakat
B. kurikulum dituntutmemiliki sifat lentur atau fleksibel, maksudnya kurikulum harus berisi hal-hal yang solid untuk melakukan penyesuaian berdasarkan kondisi lapangan.
C. kurikulum dituntut agar mudah dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia.
D. kurikulum harus berkaitan dengan keberhasilan dalam implementasinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Jawab:
D. Benar, karena hal tersebut merupakan maksud dari prinsip efektivitas
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP

21.   Sekolah tanggap terhadap kebutuhan pengguna jasa layanan pendidikan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan yang telah ditetapkan, dalam manajemen berbasis sekolah merupakan ciri ... .
A. akuntabilitas
B. partisipasi
C. keterbukaan
D. kemandirian
Jawab:
A. Benar, karena ciri akuntabilitas sekolah harus tanggap akan kebutuhan dan bertanggung jawab atas keputusan yang telah ditetapkan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP

22.   Kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan perkembangan peserta didik serta kebutuhan dan potensi sumber daya yang ada, dalam pengembangan KTSP merupakan langkah ... .
A. menganalisis konteks
B. menelaah standar kompetensi lulusan dan standar isi
C. memilih dan mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi pelajaran
D. menentukan sumber belajar
Jawab:
A.    . Benar, karena hal tersebut merupakan salah satu langkah dalam pengembangan KTSP
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP

23.   Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih materi pelajaran adalah sebagai berikut, kecuali ... .
A. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
B. kebermanfaatan bagi siswa
C. Anita pindah ke Surabaya dan hidup di sana untuk lebih dari lima tahun
D. harus sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa.
Jawab:
D. Benar, karena hal tersebut merupakan kriteria dalam memilih serta mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP

24.   Komite sekolah dapat dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah terutama untuk membantu sekolah dalam ... .
A. mengoordinasikan semua sumber daya yang ada di sekolah
B. memantau pelaksanaan kurikulum di sekolah
C. memberikan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah
D. memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pengembangan kurikulum sekolah
Jawab:
C. Benar, karena salah satu tugas komite sekolah adalah memberikan pertimbangan terhadap kebijakan yang dibuat sekolah.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP

25.   Proses strukturisasi dunia sebagai suatu keseluruhan yang menghadirkan dua kecenderungan yang saling bertentangan yaitu proses penyeragaman (homogenization) dan pemberagaman (differenciation), sehingga membuat interaksi rumit antara lokalisme dan globalisme, merupakan karakteristik masyarakat era ... .
A. Perkembangan IPTEK
B. Profesionalisme
C. Informasi
D. Globalisasi
Jawab:
D. Benar, karena era globalisasi ditandai dengan adanya kesadaran akan dunia sebagai suatu sistem
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan

26.   Masyarakat pada masa depan sangat membutuhkan SDM yang memiliki kepribadian yang mandiri dan terbuka sehingga mampu menciptakan perubahan. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu ciri utama SDM masa depan yang ... .
A. menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
B. memiliki solidaritas sosial
C. memiliki kreativitas
D. mempunyai integritas yang tinggi
Jawab:
C. Betul, karena kreativitas ditandai dengan kepribadian yang mandiri dan terbuka yang mendorong diri untuk menciptakan perubahan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan

27.   Kemampuan menyampaikan pengetahuan, berdiskusi, melakukan penelitian, dan membuat laporan merupakan muatan kurikulum dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dalam tingkat literasi ... .
A. performative
B. epistemic
C. functional
D. informational
Jawab:
B. Benar, karena literasi epistemic merupakan target kemampuan terakhir dalam berbahasa Indonesia
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Profil Kurikulum Masa Depan

28.   Salah satu pendekatan pengembangan kurikulum masa depan yang menyatakan bahwa kemampuan menyerap dan memahami informasi baru secara cepat untuk menguasai suatu perubahan yang terjadi adalah ... .
A. Accelerated learning
B. Quantum learnig
C. Cooperative learning
D. E-learning
Jawab:
A. Benar, karena accelerated learning adalah belajar yang tujuannya untuk menguasai bagaimana cara/teknik mempelajari sesuatu
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Profil Kurikulum Masa Depan

29.   GBPP sebagai salah satu produk pengembangan kurikulum berisi penjelasan tentang ... .
A. tujuan dan ruang lingkup materi mata pelajaran
B. sistem pengajaran dan bahasa pengantar
C. dasar-dasar pengembangan kurikulum
D. kualitas lulusan yang diharapkan
Jawab:
A. Benar, karena dalam GBPP tercantum tujuan mata pelajaran dan ruang lingkup materi setiap mata pelajaran serta distribusinya dalam caturwulan dan kelas.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 1 tentang Produk Pengembangan Kurikulum

30.   Salah satu manfaat silabus bagi guru adalah sebagai ... .
A. dasar dalam mengembangkan kompetensi dasar yang diharapkan dikuasai siswa
B. ukuran dalam menentukan keberhasilan program pembelajaran
C. dokumen rencana kegiatan untuk setiap pertemuan pembelajaran
D. dasar dalam menentukan kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran
Jawab:
B. Benar, karena dengan membandingkan proses dan hasil pembelajaran dengan silabus guru dapat menilai efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran

31.   Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus harus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual siswa, dalam silabus merupakan prinsip ... .
A. ilmiah
B. relevan
C. sistematis
D. menyeluruh
Jawab:
B. Benar, karena prinsip relevan harus sesuai antara isi silabus dengan perkembangan siswa
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran

32.   Salah satu langkah penyusunan silabus adalah merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dalam menyusun indikator pengemembangnya sesuai dengan, kecuali ... .
A. karakteristik siswa
B. mata pelajaran
C. Kompensasi
D. potensi siswa
Jawab:
D. Benar, karena hal tersebut merupakan salah satu prinsip dalam menyusun rencana pembelajaran
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran

33.   Dalam penyusunan rencana pembelajaran, penentuan alat evaluasi, materi, dan kegiatan pembelajaran harus mengacu pada kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa. Hal ini menunjukkan salah satu karakteristik rencana pembelajaran, yaitu ... .
A. ditujukan untuk siswa
B. memiliki tahap-tahap
C. sistematis
D. pendekatan sistem
Jawab:
D. Benar, karena karakteristik pendekatan sistem menuntut pengembangan komponen-komponen rencana pembelajaran mengacu pada pencapaian tujuan pembelajaran
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 1 tentang Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran

34.   Salah satu prinsip dalam menyusun RPP adalah perbedaan individu siswa antara lain, kecuali ... .
A. tingkat intelektual
B. motivasi belajar
C. gaya belajar
D. sistematis
Jawab:
D. Benar, karena sistematis merupakan salah satu karakteristik dalam menyusun RPP
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 1 tentang Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran

35.   Sejumlah kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator dalam suatu pelajaran merupakan komponen RPP dari ... .
A. tujuan pembelajaran khusus
B. standar kompetensi
C. kompetensi dasar
D. indikator pencapaian kompetensi
Jawab:
D. Benar, karena menurut model PPSI rencana pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 2 tentang Langkah-langkah Pengembangan Rencana Pembelajaran

36.   Menurut model PPSI, alat evaluasi dikembangkan setelah ... .
A. menentukan materi pelajaran
B. mengembangkan program kegiatan
C. menetapkan kegiatan belajar
D. merumuskan tujuan pembelajaran
Jawab:
D. Benar, karena dalam model PPSI, setelah merumuskan tujuan pembelajaran adalah mengembangkan alat evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 3 tentang Keputusan Situasional

37.   Perumuskan indikator merupakan penjabaran dari ... .
A. tujuan pembelajaran umum
B. kompetensi dasar
C. standar kompetensi
D. tujuan pembelajaran khusus 
Jawab:
B. Benar, karena indikator harus ada setelah kompetensi dasar
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 1 tentang Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

38.   Contoh kemampuan hasil belajar menerapkan adalah ... .
A. Siswa dapat menjelaskan berbagai macam bentuk-bentuk bangun datar
B. Siswa dapat melakukan percobaan dalam menentukan arah angin
C. Siswa dapat menyebutkan macam-macam unggas
D. Siswa dapat menghubungkan bagian-bagian dari suatu pesan
Jawab:
B. Benar, karena melakukan percobaan merupakan domain penerapan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 1 tentang Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

39.    Evaluasi formatif berbeda dari evaluasi sumatif dilihat dari tujuan pelaksanaannya yaitu ... .
A. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa
B. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
C. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran
D. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa
Jawab:
D. Benar, karena melalui evaluasi formatif guru dapat mengetahui tingkat perkembangan siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 2 tentang Penyusunan Alat Evaluasi

40.   Suatu alat evaluasi hendaknya memenuhi kriteria validitas artinya bahwa alat evaluasi tersebut harus ... .
A. dapat mengukur apa yang seharusnya diukur
B. memberikan hasil yang dapat dipercaya
C. dapat membedakan kemampuan siswa
D. mudah untuk disekor dan ditafsirkan hasilnya
Jawab:
A. Benar, karena kriteria validitas berkenaan dengan kemampuan alat evaluasi untuk mengukur apa yang seharusnya diukur.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 2 tentang Penyusunan Alat Evaluasi

41.   Di suatu kelas, guru sedang membimbing siswa melakukan praktikum untuk membuktikan kandungan zat dari beberapa makanan. Siswa diminta untuk melakukan langkah-langkah secara teliti dan pada akhir pembelajaran siswa dibimbing untuk membuat laporan praktikum. Dengan memperhatikan ilustrasi pembelajaran tersebut, materi yang termasuk kategori prosedur adalah ... .
A. Zat Makanan
B. Pembuatan Laporan Praktikum
C. Ketelitian dalam Praktikuml
D. Langkah-langkah Praktikum
Jawab:
D. Benar, karena materi kategori prosedur berisi materi yang berkaitan langkah-langkah melakukan sesuatu.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 1 tentang Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran

42.   Menyiapkan pokok-pokok materi yang jumlahnya minimal sama dengan jumlah rumusan kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa merupakan penerapa salah satu prinsip pemilihan materi pelajaran yaitu prinsip ... .
A. Relevenasi
B. Mutakhir
C. Kecukupan
D. Konsistensi
Jawab:
D. Benar, karena prinsip konsistensi menuntut banyaknya materi pelajaran yang disediakan paling tidak sama dengan jumlah indikator hasil belajar.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 1 tentang Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran

43.   Dalam mata pelajaran IPA, guru tidak saja menjelaskan tentang tumbuhan tetapi juga menunjukkan tanaman asli yang dibawa ke kelas. Membawa tanaman ke kelas dalam pembelajaran IPA mempunyai manfaat ... .
A. memberikan pengalaman belajar yang bervariasi
B. memenuhi minat siswa yang bervariasi
C. membentuk sikap siswa
D. memperlihatkan objek yang terlalu kecil atau besar
Jawab:
D. Benar, karena media yang dibawa adalah benda asli, bukan benda yang diperbesar atau diperkecil.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar

44.   Dalam suatu pelajaran guru menyuruh siswa ke perpustakaan untuk menonton tayangan terjadinya tsunami di Aceh. Guru tersebut dalam proses mengajar telah menggunakan media. Media yang digunakan adalah ... .
A. audio
B. visual
C. audio-visual
D. proyeksi
Jawab:
C. Benar, karena tayangan yang dilihat dan ditonton dapat dilihat dan didengar dari televisi atau rekaman video
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar

45.   Untuk membantu siswa menguasai kemampuan menggambar berbagai bangun datar, guru menggunakan poster berbagai gambar bangun datar dalam kegiatan pembelajaran. Pemilihan media tersebut didasarkan pada kesesuaian dengan ... .
A. karakteristik media
B. tujuan pembelajaran
C. karakteristik siswa
D. situasi dan kondisi kelas
Jawab:
B. Benar, karena media yang dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar

46.   Pada mata pelajaran IPA di kelas 4 SD dengan topik ”demam berdarah”, guru menugaskan siswa untuk melakukan wawancara terhadap beberapa warga akibat dan sumber terjadinya demam berdarah , yang dilakukan guru adalah memberikan pengalaman belajar dalam hal ....
A. mengembangkan keterampilan berpikir
B. membangun sikap sosial
C. memperoleh informasi
D. mengembangkan minat
Jawab:
C. Benar, karena memperoleh informasi dapat diperoleh pada saat yang sama ketika siswa sedang belajar memecahkan masalah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 1 tentang Pengalaman Belajar

47.   Dalam merancang pengalaman belajar, guru yang baik selalu berusaha menerapkan metode yang sesuai dengan kemampuan dan gaya belajar siswa agar siswa senang, semangat, dan merasa mudah dalam mempelajari suatu materi pelajaran, kegiatan yang dilakukan guru sesuai dengan prinsip ... .
A. mengaktifkan siswa
B. memberikan kepuasan
C. variasi pengalaman belajar
D. kesesuaian
Jawab:
B. Benar, karena faktor karakteristik materi pelajaran terlihat dari kegiatan mengunjungi kebun binatang
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 1 tentang Pengalaman Belajar

48.   Pak Ali akan membahas topik “Binatang Air” dalam pelajaran IPA dengan mengajak siswa mengunjungi kebun binatang. Yang menjadi pertimbangan pak Ali dalam menentukan kegiata ini adalah agar siswa dapat melihat langsung berbagai jenis binatang air. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih metode mengajar adalah ... .
A. kemampuan siswa
B. karakteristik materi pelajaran
C. kemampuan guru
D. kondisi kelas
Jawab:
B. Benar, karena faktor karakteristik materi pelajaran berkaitan dengan jenis materi pelajaran yang harus dipahami/dikuasai siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran

49.   Mendayagunakan berbagai sumber belajar, dan memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab merupakan prinsip penggunaan dari metode ... .
A. ceramah
B. resitasi
C. tanya jawab
D. diskusi
Jawab:
B. Benar, karena prinsip penggunaan metode resitasi adalah mendayagunakan sumber belajar, memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab, tugas yang diberikan harus sesuai dengan kemampuan siswa baik dana dan waktu, memperkaya pengetahuan dengan belajar mandiri dan kelompok
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran


50.   Kegiatan yang dilakukan guru pada tahap kesimpulan dalam pembelajaran yang menerapkan metode tanya jawab adalah ... .
A. menyimpulkan jawaban pertanyaan yang paling tepat
B. menanggapi kesimpulan sementara yang dihasilkan setiap kelompok
C. meminta siswa melaporkan hasil pengerjaan tugas yang diberikan
D. menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas atau dibandingkan
Jawab:
A. Benar, karena menyimpulkan jawaban pertanyaan yang paling tepat dilakukan pada tahap kesimpulan dalam pembelajaran dengan metode tanya jawab.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran

No comments: