1. Kurikulum bagi guru
berfungsi sebagai pedoman dalam … .
A. melaksanakan proses belajar mengajar
B. melaksanakan supervisi atau pengawasan
C. memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
D. membimbing anak belajar di rumah
Jawab:
A. Benar, karena pedoman melaksanakan proses belajar mengajar merupakan fungsi kurikulum bagi guru
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Pengertian dan Fungsi Kurikulum
A. melaksanakan proses belajar mengajar
B. melaksanakan supervisi atau pengawasan
C. memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
D. membimbing anak belajar di rumah
Jawab:
A. Benar, karena pedoman melaksanakan proses belajar mengajar merupakan fungsi kurikulum bagi guru
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Pengertian dan Fungsi Kurikulum
2. Kurikulum harus mampu
mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi
dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang.
Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ... .
A. konservatif
B. kreatif
C. kritis
D. evaluatif
Jawab:
B. Benar, karena peranan kreatif mengandung hal-hal yang dapat membantu setiap siswa mengembangkan semua potensi yang ada pada dirinya untuk memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru, kemampuan-kemampuan baru, serta berpikir baru dalam kehidupannya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Pengertian dan Fungsi Kurikulum
A. konservatif
B. kreatif
C. kritis
D. evaluatif
Jawab:
B. Benar, karena peranan kreatif mengandung hal-hal yang dapat membantu setiap siswa mengembangkan semua potensi yang ada pada dirinya untuk memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru, kemampuan-kemampuan baru, serta berpikir baru dalam kehidupannya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Pengertian dan Fungsi Kurikulum
3. Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus
... .
A. sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
B. sesuai dengan minat siswa
C. memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
D. bermanfaat bagi kehidupan
Jawab:
D. Benar, karena kriteria kegunaan menuntut isi kurikulum yang bermanfaat bagi kehidupan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Komponen-komponen Kurikulum
A. sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
B. sesuai dengan minat siswa
C. memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
D. bermanfaat bagi kehidupan
Jawab:
D. Benar, karena kriteria kegunaan menuntut isi kurikulum yang bermanfaat bagi kehidupan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Komponen-komponen Kurikulum
4. Menurut Pratt, rumusan tujuan kurikulum harus fungsional artinya
bahwa rumusan tujuan tersebut harus ... .
A. konsisten dengan tujuan pendidikan nasional
B. sesuai dengan kepentingan dan perkembangan siswa
C. dipilih berdasarkan nilai yang diakui kepentingannya
D. memiliki manfaat bagi siswa dan masyarakat
Jawab:
D. Benar, karena rumusan tujuan yang memiliki manfaat (nilai guna) baik bagi peserta didik maupun masyarakat berkaitan dengan kriteria fungsional.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Komponen-komponen Kurikulum
A. konsisten dengan tujuan pendidikan nasional
B. sesuai dengan kepentingan dan perkembangan siswa
C. dipilih berdasarkan nilai yang diakui kepentingannya
D. memiliki manfaat bagi siswa dan masyarakat
Jawab:
D. Benar, karena rumusan tujuan yang memiliki manfaat (nilai guna) baik bagi peserta didik maupun masyarakat berkaitan dengan kriteria fungsional.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 1 KB 1 tentang Komponen-komponen Kurikulum
5. Salah satu landasan
yang mendasari kurikulum adalah landasan psikologis
maksudnya pendidikan didasarkan pada ... .
A. aspek kebudayaan
B. perubahan fisik manusia
C. cara berpikir mendalam
D. perilaku manusia
Jawab:
D. Benar, karena menurut model PPSI rencana pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 1 tentang Landasan Pengembangan Kurikulum
A. aspek kebudayaan
B. perubahan fisik manusia
C. cara berpikir mendalam
D. perilaku manusia
Jawab:
D. Benar, karena menurut model PPSI rencana pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 1 tentang Landasan Pengembangan Kurikulum
6. Salah satu ciri pengembangan kurikulum yang menerapkan pendekatan administrastif adalah ... .
A. kurikulum dikembangkan karena ada keresahan dari guru
B. administrator pendidikan berperan sebagai fasilitator
C. inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat
D. guru memiliki peran yang besar dalam pengembangan kurikulum
Jawab:
C. Benar, karena dalam pengembangan kurikulum dengan pendekatan administrator inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Pendekatan Pengembangan Kurikulum
A. kurikulum dikembangkan karena ada keresahan dari guru
B. administrator pendidikan berperan sebagai fasilitator
C. inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat
D. guru memiliki peran yang besar dalam pengembangan kurikulum
Jawab:
C. Benar, karena dalam pengembangan kurikulum dengan pendekatan administrator inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Pendekatan Pengembangan Kurikulum
7. Pengorganisasian isi
kurikulum yang bertitik tolak dari keseluruhan sebagai
suatu totalitas yang memiliki makna, arti, dan faedah tertentu adalah
pengorganisasian isi kurikulum yang menerapkan pendekatan ... .
A.Interdisipliner
B.Terintegrasi
C. Broadfield
D. Mata Pelajaran
Jawab:
B. Benar, karena pendekatan terintegrasi (integrated) bertitik tolak dari keseluruhan dan bermakna dan berstruktur.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Pendekatan Pengembangan Kurikulum
A.Interdisipliner
B.Terintegrasi
C. Broadfield
D. Mata Pelajaran
Jawab:
B. Benar, karena pendekatan terintegrasi (integrated) bertitik tolak dari keseluruhan dan bermakna dan berstruktur.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 2 KB 2 tentang Pendekatan Pengembangan Kurikulum
8. Prinsip
integritas
dalam pengembangan kurikulum menuntut ... .
A. penyediaan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaian pelaksanaan kurikulum dengan kondisi sekolah
B. pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh
C. pengembangan materi, kegiatan, dan evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan
D. adanya kesinambungan materi kurikulum antar-jenis dan jenjang pendidikan
Jawab:
B. Benar, karena penerapan prisnip integritas menuntut kurikulum yang dapat membentuk pribadi yang utuh
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum
A. penyediaan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaian pelaksanaan kurikulum dengan kondisi sekolah
B. pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh
C. pengembangan materi, kegiatan, dan evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan
D. adanya kesinambungan materi kurikulum antar-jenis dan jenjang pendidikan
Jawab:
B. Benar, karena penerapan prisnip integritas menuntut kurikulum yang dapat membentuk pribadi yang utuh
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum
9. Salah satu prinsip
yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran
harus ... .
A. disusun secara logis dan sistematis
B. sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
C. bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
D. sesuai dengan perbedaan individual siswa
Jawab:
A. Benar, karena isi pendidikan harus disusun secara logis dan sistematis sehingga mudah dipahami oleh siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum
A. disusun secara logis dan sistematis
B. sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
C. bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
D. sesuai dengan perbedaan individual siswa
Jawab:
A. Benar, karena isi pendidikan harus disusun secara logis dan sistematis sehingga mudah dipahami oleh siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 1 tentang Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum
10. Pemilihan
materi pelajaran hendaknya memperhatikan kriteria berikut, kecuali ... .
A. sesuai dengan tujuan
B. merupakan warisan positif generasi masa lalu
C. sesuai dengan kebutuhan siswa
D. mudah dikuasai siswa
Jawab:
D. Benar, karena kemudahan untuk dikuasai siswa berkaitan dengan urutan penyajian materi.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 2 tentang Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum
A. sesuai dengan tujuan
B. merupakan warisan positif generasi masa lalu
C. sesuai dengan kebutuhan siswa
D. mudah dikuasai siswa
Jawab:
D. Benar, karena kemudahan untuk dikuasai siswa berkaitan dengan urutan penyajian materi.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 3 KB 2 tentang Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum
11. Penerapan manajemen
berbasis sekolah menuntut sekolah untuk dapat mandiri dalam melibatkan berbagai
pihak yang berkepentingan dengan sekolah untuk turut serta membantu sekolah
dalam memperbaiki dan/atau meningkatkan kulitas layanan pendidikan. Hal ini
bahwa sekolah hendaknya ... .
A. melakukan berbagai inovasi
B. menciptakan perubahan dalam layanan pendidikan
C. mendesain kembali organisasi sekolah
D. merekrut staf baru untuk menangani manajemen sekolah
Jawab:
C. Benar, karena pelibatan berbagai pihak dalam pemberian layanan pendidikan membawa implikasi terhadap perubahan struktur organisasi sekolah.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi
A. melakukan berbagai inovasi
B. menciptakan perubahan dalam layanan pendidikan
C. mendesain kembali organisasi sekolah
D. merekrut staf baru untuk menangani manajemen sekolah
Jawab:
C. Benar, karena pelibatan berbagai pihak dalam pemberian layanan pendidikan membawa implikasi terhadap perubahan struktur organisasi sekolah.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi
12. Kompetensi
dasar peserta didik terdiri dari kompetensi okupasional
artinya peserta didik harus memiliki kesiapan dan mampu beradaptasi terhadap
dunia kerja, sedangkan kompetensi temporal terletak pada... .
A. pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan dan persoalan hidup
B. keeksisan dalam menjalani kehidupan serta mampu memanfaatkan kemampuan dasar
C. penempatan diri sebaik-baiknya dalam sistem budaya dan tata nilai masyarakat yang pluralistik
D. penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan, anggota masyarakat, dan warga negara keterampilan hidup
Jawab:
B. Benar, karena merupakan kompetensi temporal
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi
A. pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan dan persoalan hidup
B. keeksisan dalam menjalani kehidupan serta mampu memanfaatkan kemampuan dasar
C. penempatan diri sebaik-baiknya dalam sistem budaya dan tata nilai masyarakat yang pluralistik
D. penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan, anggota masyarakat, dan warga negara keterampilan hidup
Jawab:
B. Benar, karena merupakan kompetensi temporal
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi
13. Karakteristik
kurikulum berbasis kompetensi adalah sebagai berikut, kecuali ... .
A. memberi kebebasan kepada pelaksana pendidikan di lapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program pembelajaran
B. mengakomodasi kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia
C. menitikberatkan pencapaian target kompetensi
D. memberi keseimbangan pengalaman belajar
Jawab:
D. Benar, karena merupakan prinsip umum pengembangan kurikulum
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi
A. memberi kebebasan kepada pelaksana pendidikan di lapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program pembelajaran
B. mengakomodasi kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia
C. menitikberatkan pencapaian target kompetensi
D. memberi keseimbangan pengalaman belajar
Jawab:
D. Benar, karena merupakan prinsip umum pengembangan kurikulum
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 1 tentang Konsep Dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi
14. Dalam pembelajaran
yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan
sebagai pengamat artinya guru hendaknya ... .
A. mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
B. memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
C. menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
D. memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
Jawab:
D. Benar, karena memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar sesuai dengan caranya sendiri merupakan tugas guru sebagai pengamat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence
A. mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
B. memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
C. menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
D. memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
Jawab:
D. Benar, karena memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar sesuai dengan caranya sendiri merupakan tugas guru sebagai pengamat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence
15. Guru hendaknya
merancang dan melaksanakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa
untuk menghayati pentingnya sikap simpati, empati, dan toleransi terhadap siswa
dan orang lain. Pernyataan tersebut berkaitan dengan salah satu faktor efektivitas pembelajaran yang harus diperhatikan guru,
yaitu faktor ... .
A. kemandirian dan kerjasama
B. belajar untuk kebersamaan
C. interaksi dan komunikasi
D. suasana yang mendukung
Jawab:
B. Benar, karena faktor belajar untuk kebersamaan berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap empati, simpati, dan toleransi kepada orang lain.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence
A. kemandirian dan kerjasama
B. belajar untuk kebersamaan
C. interaksi dan komunikasi
D. suasana yang mendukung
Jawab:
B. Benar, karena faktor belajar untuk kebersamaan berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap empati, simpati, dan toleransi kepada orang lain.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 4 KB 2 tentang Implikasi Penerapan Kurikulum Berbasis Competence
16. Kurikulum sekolah
rendah untuk orang Eropa, Tionghoa, dan Indonesia yang haknya disamakan dengan
Bangsa Eropa (Europe Lagree School – ELS) menekankan pada mata pelajaran ... .
A. Bahasa Belanda
B. Sejarah
C. Pendidikan Jasmani
D. Bahasa Inggris
Jawab:
A. Benar, karena penguasaan Bahasa Belanda merupakan prasyarat menjadi pegawai dan Pemerintah Belanda dapat mengontrol rakyat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975
A. Bahasa Belanda
B. Sejarah
C. Pendidikan Jasmani
D. Bahasa Inggris
Jawab:
A. Benar, karena penguasaan Bahasa Belanda merupakan prasyarat menjadi pegawai dan Pemerintah Belanda dapat mengontrol rakyat.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975
17. Kurikulum
SD 1984 dikembangkan dengan tujuan untuk ... .
A. mengembangkan moral, kecerdasan, emosional, keprigelan, dan jasmani siswa
B. membina jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan keterampilan khusus siswa
C. mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan kemampuan bertindak siswa
D. mengembangkan kemampuan dan keterampilan dasar baca-tulis-hitung siswa
Jawab:
C. Benar, karena pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), sikap (afektif), dan kemampuan bertindak (psikomotor) merupakan tujuan Kurikulum SD 1984
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975
A. mengembangkan moral, kecerdasan, emosional, keprigelan, dan jasmani siswa
B. membina jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan keterampilan khusus siswa
C. mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan kemampuan bertindak siswa
D. mengembangkan kemampuan dan keterampilan dasar baca-tulis-hitung siswa
Jawab:
C. Benar, karena pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), sikap (afektif), dan kemampuan bertindak (psikomotor) merupakan tujuan Kurikulum SD 1984
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975
18. Salah satu karakteristik dalam kurikulum SD tahun 1994 adalah ...
.
A. menerapkan program kurikuler dan ekstrakurikuler
B. menerapkan kemampuan dalam baca tulis
C. menerapkan bimbingan belajar
D. menerapkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
Jawab:
A. Benar, karena program kurikuler dan ekstrakurikuler merupakan karakteristik kurikulum 1994
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975
A. menerapkan program kurikuler dan ekstrakurikuler
B. menerapkan kemampuan dalam baca tulis
C. menerapkan bimbingan belajar
D. menerapkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
Jawab:
A. Benar, karena program kurikuler dan ekstrakurikuler merupakan karakteristik kurikulum 1994
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 5 KB 1 tentang Perkembangan Kurikulum SD sampai dengan 1975
19. Salah satu manfaat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah ...
.
A .peka terhadap ide-ide dan teknologi baru dalam pendidikan
B. mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan
C. berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman
D. terbuka untuk melakukan inovasi ke arah yang lebih baik dan kompetitif
Jawab:
B. Benar, karena KTSP memberikan kebebasan kepada sekolah untuk membuat kurikulum sesuai dengan situasi dan kondisi daerahnya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP
A .peka terhadap ide-ide dan teknologi baru dalam pendidikan
B. mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan
C. berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman
D. terbuka untuk melakukan inovasi ke arah yang lebih baik dan kompetitif
Jawab:
B. Benar, karena KTSP memberikan kebebasan kepada sekolah untuk membuat kurikulum sesuai dengan situasi dan kondisi daerahnya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP
20. Menurut Sukmadinata (2005) salah satu prinsip
dalam pengembangan KTSP adalah prinsip efektivitas,
maksudnya ... .
A. kurikulum dituntut memiliki kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan masyarakat
B. kurikulum dituntutmemiliki sifat lentur atau fleksibel, maksudnya kurikulum harus berisi hal-hal yang solid untuk melakukan penyesuaian berdasarkan kondisi lapangan.
C. kurikulum dituntut agar mudah dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia.
D. kurikulum harus berkaitan dengan keberhasilan dalam implementasinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Jawab:
D. Benar, karena hal tersebut merupakan maksud dari prinsip efektivitas
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP
A. kurikulum dituntut memiliki kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan masyarakat
B. kurikulum dituntutmemiliki sifat lentur atau fleksibel, maksudnya kurikulum harus berisi hal-hal yang solid untuk melakukan penyesuaian berdasarkan kondisi lapangan.
C. kurikulum dituntut agar mudah dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia.
D. kurikulum harus berkaitan dengan keberhasilan dalam implementasinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Jawab:
D. Benar, karena hal tersebut merupakan maksud dari prinsip efektivitas
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP
21. Sekolah tanggap
terhadap kebutuhan pengguna jasa layanan pendidikan dan bertanggung jawab atas
pelaksanaan keputusan yang telah ditetapkan, dalam manajemen berbasis sekolah
merupakan ciri ... .
A. akuntabilitas
B. partisipasi
C. keterbukaan
D. kemandirian
Jawab:
A. Benar, karena ciri akuntabilitas sekolah harus tanggap akan kebutuhan dan bertanggung jawab atas keputusan yang telah ditetapkan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP
A. akuntabilitas
B. partisipasi
C. keterbukaan
D. kemandirian
Jawab:
A. Benar, karena ciri akuntabilitas sekolah harus tanggap akan kebutuhan dan bertanggung jawab atas keputusan yang telah ditetapkan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 1 tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KTSP
22. Kegiatan yang
dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan
perkembangan peserta didik serta kebutuhan dan potensi sumber daya yang
ada, dalam pengembangan KTSP merupakan langkah ... .
A. menganalisis konteks
B. menelaah standar kompetensi lulusan dan standar isi
C. memilih dan mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi pelajaran
D. menentukan sumber belajar
Jawab:
A. menganalisis konteks
B. menelaah standar kompetensi lulusan dan standar isi
C. memilih dan mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi pelajaran
D. menentukan sumber belajar
Jawab:
A.
. Benar, karena hal tersebut merupakan salah satu langkah
dalam pengembangan KTSP
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP
23.
Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih materi pelajaran adalah sebagai berikut,
kecuali ... .
A. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
B. kebermanfaatan bagi siswa
C. Anita pindah ke Surabaya dan hidup di sana untuk lebih dari lima tahun
D. harus sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa.
Jawab:
D. Benar, karena hal tersebut merupakan kriteria dalam memilih serta mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP
A. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
B. kebermanfaatan bagi siswa
C. Anita pindah ke Surabaya dan hidup di sana untuk lebih dari lima tahun
D. harus sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa.
Jawab:
D. Benar, karena hal tersebut merupakan kriteria dalam memilih serta mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP
24.
Komite sekolah dapat dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah
terutama untuk membantu sekolah dalam ... .
A. mengoordinasikan semua sumber daya yang ada di sekolah
B. memantau pelaksanaan kurikulum di sekolah
C. memberikan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah
D. memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pengembangan kurikulum sekolah
Jawab:
C. Benar, karena salah satu tugas komite sekolah adalah memberikan pertimbangan terhadap kebijakan yang dibuat sekolah.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP
A. mengoordinasikan semua sumber daya yang ada di sekolah
B. memantau pelaksanaan kurikulum di sekolah
C. memberikan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah
D. memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pengembangan kurikulum sekolah
Jawab:
C. Benar, karena salah satu tugas komite sekolah adalah memberikan pertimbangan terhadap kebijakan yang dibuat sekolah.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 6 KB 2 tentang Proses Pengembangan KTSP
25.
Proses strukturisasi dunia sebagai suatu
keseluruhan yang menghadirkan dua kecenderungan yang saling bertentangan yaitu proses penyeragaman (homogenization) dan pemberagaman (differenciation), sehingga membuat interaksi
rumit antara lokalisme dan globalisme, merupakan karakteristik masyarakat era
... .
A. Perkembangan IPTEK
B. Profesionalisme
C. Informasi
D. Globalisasi
Jawab:
D. Benar, karena era globalisasi ditandai dengan adanya kesadaran akan dunia sebagai suatu sistem
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan
A. Perkembangan IPTEK
B. Profesionalisme
C. Informasi
D. Globalisasi
Jawab:
D. Benar, karena era globalisasi ditandai dengan adanya kesadaran akan dunia sebagai suatu sistem
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan
26.
Masyarakat pada masa depan sangat membutuhkan SDM yang
memiliki kepribadian yang mandiri dan terbuka sehingga mampu menciptakan
perubahan. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu ciri utama SDM masa depan yang
... .
A. menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
B. memiliki solidaritas sosial
C. memiliki kreativitas
D. mempunyai integritas yang tinggi
Jawab:
C. Betul, karena kreativitas ditandai dengan kepribadian yang mandiri dan terbuka yang mendorong diri untuk menciptakan perubahan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan
A. menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
B. memiliki solidaritas sosial
C. memiliki kreativitas
D. mempunyai integritas yang tinggi
Jawab:
C. Betul, karena kreativitas ditandai dengan kepribadian yang mandiri dan terbuka yang mendorong diri untuk menciptakan perubahan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 1 tentang Kebutuhan Pendidikan pada Masa Depan
27.
Kemampuan menyampaikan pengetahuan, berdiskusi,
melakukan penelitian, dan membuat laporan merupakan muatan kurikulum dalam mata
pelajaran bahasa Indonesia dalam tingkat literasi ... .
A. performative
B. epistemic
C. functional
D. informational
Jawab:
B. Benar, karena literasi epistemic merupakan target kemampuan terakhir dalam berbahasa Indonesia
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Profil Kurikulum Masa Depan
A. performative
B. epistemic
C. functional
D. informational
Jawab:
B. Benar, karena literasi epistemic merupakan target kemampuan terakhir dalam berbahasa Indonesia
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Profil Kurikulum Masa Depan
28.
Salah satu pendekatan pengembangan
kurikulum masa depan yang menyatakan bahwa kemampuan menyerap dan
memahami informasi baru secara cepat untuk menguasai suatu perubahan yang
terjadi adalah ... .
A. Accelerated learning
B. Quantum learnig
C. Cooperative learning
D. E-learning
Jawab:
A. Benar, karena accelerated learning adalah belajar yang tujuannya untuk menguasai bagaimana cara/teknik mempelajari sesuatu
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Profil Kurikulum Masa Depan
A. Accelerated learning
B. Quantum learnig
C. Cooperative learning
D. E-learning
Jawab:
A. Benar, karena accelerated learning adalah belajar yang tujuannya untuk menguasai bagaimana cara/teknik mempelajari sesuatu
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 7 KB 2 tentang Profil Kurikulum Masa Depan
29.
GBPP sebagai salah satu produk pengembangan kurikulum berisi penjelasan tentang ... .
A. tujuan dan ruang lingkup materi mata pelajaran
B. sistem pengajaran dan bahasa pengantar
C. dasar-dasar pengembangan kurikulum
D. kualitas lulusan yang diharapkan
Jawab:
A. Benar, karena dalam GBPP tercantum tujuan mata pelajaran dan ruang lingkup materi setiap mata pelajaran serta distribusinya dalam caturwulan dan kelas.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 1 tentang Produk Pengembangan Kurikulum
A. tujuan dan ruang lingkup materi mata pelajaran
B. sistem pengajaran dan bahasa pengantar
C. dasar-dasar pengembangan kurikulum
D. kualitas lulusan yang diharapkan
Jawab:
A. Benar, karena dalam GBPP tercantum tujuan mata pelajaran dan ruang lingkup materi setiap mata pelajaran serta distribusinya dalam caturwulan dan kelas.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 1 tentang Produk Pengembangan Kurikulum
30.
Salah satu manfaat silabus
bagi guru adalah sebagai ... .
A. dasar dalam mengembangkan kompetensi dasar yang diharapkan dikuasai siswa
B. ukuran dalam menentukan keberhasilan program pembelajaran
C. dokumen rencana kegiatan untuk setiap pertemuan pembelajaran
D. dasar dalam menentukan kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran
Jawab:
B. Benar, karena dengan membandingkan proses dan hasil pembelajaran dengan silabus guru dapat menilai efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran
A. dasar dalam mengembangkan kompetensi dasar yang diharapkan dikuasai siswa
B. ukuran dalam menentukan keberhasilan program pembelajaran
C. dokumen rencana kegiatan untuk setiap pertemuan pembelajaran
D. dasar dalam menentukan kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran
Jawab:
B. Benar, karena dengan membandingkan proses dan hasil pembelajaran dengan silabus guru dapat menilai efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran
31.
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian
materi dalam silabus harus sesuai dengan tingkat
perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual siswa,
dalam silabus merupakan prinsip ... .
A. ilmiah
B. relevan
C. sistematis
D. menyeluruh
Jawab:
B. Benar, karena prinsip relevan harus sesuai antara isi silabus dengan perkembangan siswa
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran
A. ilmiah
B. relevan
C. sistematis
D. menyeluruh
Jawab:
B. Benar, karena prinsip relevan harus sesuai antara isi silabus dengan perkembangan siswa
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran
32.
Salah satu langkah penyusunan silabus
adalah merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dalam menyusun indikator
pengemembangnya sesuai dengan, kecuali ... .
A. karakteristik siswa
B. mata pelajaran
C. Kompensasi
D. potensi siswa
Jawab:
D. Benar, karena hal tersebut merupakan salah satu prinsip dalam menyusun rencana pembelajaran
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran
A. karakteristik siswa
B. mata pelajaran
C. Kompensasi
D. potensi siswa
Jawab:
D. Benar, karena hal tersebut merupakan salah satu prinsip dalam menyusun rencana pembelajaran
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari Modul 8 KB 2 tentang Program Pembelajaran
33.
Dalam penyusunan rencana pembelajaran, penentuan alat evaluasi,
materi, dan kegiatan pembelajaran harus mengacu pada kemampuan yang diharapkan
dikuasai siswa. Hal ini menunjukkan salah satu karakteristik
rencana pembelajaran, yaitu ... .
A. ditujukan untuk siswa
B. memiliki tahap-tahap
C. sistematis
D. pendekatan sistem
Jawab:
D. Benar, karena karakteristik pendekatan sistem menuntut pengembangan komponen-komponen rencana pembelajaran mengacu pada pencapaian tujuan pembelajaran
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 1 tentang Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran
A. ditujukan untuk siswa
B. memiliki tahap-tahap
C. sistematis
D. pendekatan sistem
Jawab:
D. Benar, karena karakteristik pendekatan sistem menuntut pengembangan komponen-komponen rencana pembelajaran mengacu pada pencapaian tujuan pembelajaran
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 1 tentang Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran
34.
Salah satu prinsip dalam menyusun RPP
adalah perbedaan individu siswa antara lain, kecuali ... .
A. tingkat intelektual
B. motivasi belajar
C. gaya belajar
D. sistematis
Jawab:
D. Benar, karena sistematis merupakan salah satu karakteristik dalam menyusun RPP
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 1 tentang Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran
A. tingkat intelektual
B. motivasi belajar
C. gaya belajar
D. sistematis
Jawab:
D. Benar, karena sistematis merupakan salah satu karakteristik dalam menyusun RPP
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 1 tentang Pengertian, Prinsip, dan Fungsi Rencana Pembelajaran
35.
Sejumlah kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam mata
pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator dalam suatu pelajaran
merupakan komponen RPP dari ... .
A. tujuan pembelajaran khusus
B. standar kompetensi
C. kompetensi dasar
D. indikator pencapaian kompetensi
Jawab:
D. Benar, karena menurut model PPSI rencana pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 2 tentang Langkah-langkah Pengembangan Rencana Pembelajaran
A. tujuan pembelajaran khusus
B. standar kompetensi
C. kompetensi dasar
D. indikator pencapaian kompetensi
Jawab:
D. Benar, karena menurut model PPSI rencana pembelajaran terdiri dari 5 langkah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 2 tentang Langkah-langkah Pengembangan Rencana Pembelajaran
36.
Menurut model PPSI, alat
evaluasi dikembangkan setelah ... .
A. menentukan materi pelajaran
B. mengembangkan program kegiatan
C. menetapkan kegiatan belajar
D. merumuskan tujuan pembelajaran
Jawab:
D. Benar, karena dalam model PPSI, setelah merumuskan tujuan pembelajaran adalah mengembangkan alat evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 3 tentang Keputusan Situasional
A. menentukan materi pelajaran
B. mengembangkan program kegiatan
C. menetapkan kegiatan belajar
D. merumuskan tujuan pembelajaran
Jawab:
D. Benar, karena dalam model PPSI, setelah merumuskan tujuan pembelajaran adalah mengembangkan alat evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 9 KB 3 tentang Keputusan Situasional
37.
Perumuskan indikator merupakan
penjabaran dari ... .
A. tujuan pembelajaran umum
B. kompetensi dasar
C. standar kompetensi
D. tujuan pembelajaran khusus
Jawab:
B. Benar, karena indikator harus ada setelah kompetensi dasar
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 1 tentang Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi
A. tujuan pembelajaran umum
B. kompetensi dasar
C. standar kompetensi
D. tujuan pembelajaran khusus
Jawab:
B. Benar, karena indikator harus ada setelah kompetensi dasar
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 1 tentang Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi
38.
Contoh kemampuan hasil belajar
menerapkan adalah ... .
A. Siswa dapat menjelaskan berbagai macam bentuk-bentuk bangun datar
B. Siswa dapat melakukan percobaan dalam menentukan arah angin
C. Siswa dapat menyebutkan macam-macam unggas
D. Siswa dapat menghubungkan bagian-bagian dari suatu pesan
Jawab:
B. Benar, karena melakukan percobaan merupakan domain penerapan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 1 tentang Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi
A. Siswa dapat menjelaskan berbagai macam bentuk-bentuk bangun datar
B. Siswa dapat melakukan percobaan dalam menentukan arah angin
C. Siswa dapat menyebutkan macam-macam unggas
D. Siswa dapat menghubungkan bagian-bagian dari suatu pesan
Jawab:
B. Benar, karena melakukan percobaan merupakan domain penerapan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 1 tentang Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi
39.
Evaluasi formatif berbeda dari evaluasi sumatif
dilihat dari tujuan pelaksanaannya yaitu ... .
A. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa
B. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
C. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran
D. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa
Jawab:
D. Benar, karena melalui evaluasi formatif guru dapat mengetahui tingkat perkembangan siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 2 tentang Penyusunan Alat Evaluasi
A. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa
B. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
C. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran
D. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa
Jawab:
D. Benar, karena melalui evaluasi formatif guru dapat mengetahui tingkat perkembangan siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 2 tentang Penyusunan Alat Evaluasi
40.
Suatu alat evaluasi hendaknya
memenuhi kriteria validitas artinya bahwa alat
evaluasi tersebut harus ... .
A. dapat mengukur apa yang seharusnya diukur
B. memberikan hasil yang dapat dipercaya
C. dapat membedakan kemampuan siswa
D. mudah untuk disekor dan ditafsirkan hasilnya
Jawab:
A. Benar, karena kriteria validitas berkenaan dengan kemampuan alat evaluasi untuk mengukur apa yang seharusnya diukur.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 2 tentang Penyusunan Alat Evaluasi
A. dapat mengukur apa yang seharusnya diukur
B. memberikan hasil yang dapat dipercaya
C. dapat membedakan kemampuan siswa
D. mudah untuk disekor dan ditafsirkan hasilnya
Jawab:
A. Benar, karena kriteria validitas berkenaan dengan kemampuan alat evaluasi untuk mengukur apa yang seharusnya diukur.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 10 KB 2 tentang Penyusunan Alat Evaluasi
41.
Di suatu kelas, guru sedang membimbing siswa melakukan
praktikum untuk membuktikan kandungan zat dari beberapa makanan. Siswa diminta
untuk melakukan langkah-langkah secara teliti dan pada akhir pembelajaran siswa
dibimbing untuk membuat laporan praktikum. Dengan memperhatikan ilustrasi
pembelajaran tersebut, materi yang termasuk kategori
prosedur adalah ... .
A. Zat Makanan
B. Pembuatan Laporan Praktikum
C. Ketelitian dalam Praktikuml
D. Langkah-langkah Praktikum
Jawab:
D. Benar, karena materi kategori prosedur berisi materi yang berkaitan langkah-langkah melakukan sesuatu.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 1 tentang Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran
A. Zat Makanan
B. Pembuatan Laporan Praktikum
C. Ketelitian dalam Praktikuml
D. Langkah-langkah Praktikum
Jawab:
D. Benar, karena materi kategori prosedur berisi materi yang berkaitan langkah-langkah melakukan sesuatu.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 1 tentang Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran
42.
Menyiapkan pokok-pokok materi yang jumlahnya minimal sama
dengan jumlah rumusan kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa merupakan
penerapa salah satu prinsip pemilihan materi
pelajaran yaitu prinsip ... .
A. Relevenasi
B. Mutakhir
C. Kecukupan
D. Konsistensi
Jawab:
D. Benar, karena prinsip konsistensi menuntut banyaknya materi pelajaran yang disediakan paling tidak sama dengan jumlah indikator hasil belajar.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 1 tentang Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran
A. Relevenasi
B. Mutakhir
C. Kecukupan
D. Konsistensi
Jawab:
D. Benar, karena prinsip konsistensi menuntut banyaknya materi pelajaran yang disediakan paling tidak sama dengan jumlah indikator hasil belajar.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 1 tentang Pemilihan dan Pengorgani-sasian Materi Pelajaran
43.
Dalam mata pelajaran IPA, guru tidak saja menjelaskan tentang
tumbuhan tetapi juga menunjukkan tanaman asli yang dibawa ke kelas. Membawa
tanaman ke kelas dalam pembelajaran IPA mempunyai manfaat ... .
A. memberikan pengalaman belajar yang bervariasi
B. memenuhi minat siswa yang bervariasi
C. membentuk sikap siswa
D. memperlihatkan objek yang terlalu kecil atau besar
Jawab:
D. Benar, karena media yang dibawa adalah benda asli, bukan benda yang diperbesar atau diperkecil.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar
A. memberikan pengalaman belajar yang bervariasi
B. memenuhi minat siswa yang bervariasi
C. membentuk sikap siswa
D. memperlihatkan objek yang terlalu kecil atau besar
Jawab:
D. Benar, karena media yang dibawa adalah benda asli, bukan benda yang diperbesar atau diperkecil.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar
44.
Dalam suatu pelajaran guru menyuruh siswa ke perpustakaan
untuk menonton tayangan terjadinya tsunami di Aceh. Guru tersebut dalam proses
mengajar telah menggunakan media. Media yang digunakan adalah ... .
A. audio
B. visual
C. audio-visual
D. proyeksi
Jawab:
C. Benar, karena tayangan yang dilihat dan ditonton dapat dilihat dan didengar dari televisi atau rekaman video
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar
A. audio
B. visual
C. audio-visual
D. proyeksi
Jawab:
C. Benar, karena tayangan yang dilihat dan ditonton dapat dilihat dan didengar dari televisi atau rekaman video
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar
45.
Untuk membantu siswa menguasai kemampuan menggambar berbagai
bangun datar, guru menggunakan poster berbagai gambar bangun datar dalam
kegiatan pembelajaran. Pemilihan media tersebut didasarkan pada kesesuaian
dengan ... .
A. karakteristik media
B. tujuan pembelajaran
C. karakteristik siswa
D. situasi dan kondisi kelas
Jawab:
B. Benar, karena media yang dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar
A. karakteristik media
B. tujuan pembelajaran
C. karakteristik siswa
D. situasi dan kondisi kelas
Jawab:
B. Benar, karena media yang dipilih sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 11 KB 2 tentang Pemilihan Media dan Sumber Belajar
46.
Pada mata pelajaran IPA di kelas 4 SD dengan topik ”demam
berdarah”, guru menugaskan siswa untuk melakukan wawancara terhadap beberapa
warga akibat dan sumber terjadinya demam berdarah , yang dilakukan guru adalah
memberikan pengalaman belajar dalam hal ....
A. mengembangkan keterampilan berpikir
B. membangun sikap sosial
C. memperoleh informasi
D. mengembangkan minat
Jawab:
C. Benar, karena memperoleh informasi dapat diperoleh pada saat yang sama ketika siswa sedang belajar memecahkan masalah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 1 tentang Pengalaman Belajar
A. mengembangkan keterampilan berpikir
B. membangun sikap sosial
C. memperoleh informasi
D. mengembangkan minat
Jawab:
C. Benar, karena memperoleh informasi dapat diperoleh pada saat yang sama ketika siswa sedang belajar memecahkan masalah
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 1 tentang Pengalaman Belajar
47.
Dalam merancang pengalaman belajar, guru yang baik selalu
berusaha menerapkan metode yang sesuai dengan kemampuan dan gaya belajar siswa
agar siswa senang, semangat, dan merasa mudah dalam mempelajari suatu materi
pelajaran, kegiatan yang dilakukan guru sesuai dengan prinsip ... .
A. mengaktifkan siswa
B. memberikan kepuasan
C. variasi pengalaman belajar
D. kesesuaian
Jawab:
B. Benar, karena faktor karakteristik materi pelajaran terlihat dari kegiatan mengunjungi kebun binatang
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 1 tentang Pengalaman Belajar
A. mengaktifkan siswa
B. memberikan kepuasan
C. variasi pengalaman belajar
D. kesesuaian
Jawab:
B. Benar, karena faktor karakteristik materi pelajaran terlihat dari kegiatan mengunjungi kebun binatang
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 1 tentang Pengalaman Belajar
48.
Pak Ali akan membahas topik “Binatang Air” dalam pelajaran
IPA dengan mengajak siswa mengunjungi kebun binatang. Yang menjadi pertimbangan
pak Ali dalam menentukan kegiata ini adalah agar siswa dapat melihat langsung
berbagai jenis binatang air. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa salah satu
faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih metode mengajar adalah ... .
A. kemampuan siswa
B. karakteristik materi pelajaran
C. kemampuan guru
D. kondisi kelas
Jawab:
B. Benar, karena faktor karakteristik materi pelajaran berkaitan dengan jenis materi pelajaran yang harus dipahami/dikuasai siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran
A. kemampuan siswa
B. karakteristik materi pelajaran
C. kemampuan guru
D. kondisi kelas
Jawab:
B. Benar, karena faktor karakteristik materi pelajaran berkaitan dengan jenis materi pelajaran yang harus dipahami/dikuasai siswa.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran
49.
Mendayagunakan berbagai sumber belajar, dan memupuk rasa
kemandirian dan tanggung jawab merupakan prinsip penggunaan dari metode ... .
A. ceramah
B. resitasi
C. tanya jawab
D. diskusi
Jawab:
B. Benar, karena prinsip penggunaan metode resitasi adalah mendayagunakan sumber belajar, memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab, tugas yang diberikan harus sesuai dengan kemampuan siswa baik dana dan waktu, memperkaya pengetahuan dengan belajar mandiri dan kelompok
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran
A. ceramah
B. resitasi
C. tanya jawab
D. diskusi
Jawab:
B. Benar, karena prinsip penggunaan metode resitasi adalah mendayagunakan sumber belajar, memupuk rasa kemandirian dan tanggung jawab, tugas yang diberikan harus sesuai dengan kemampuan siswa baik dana dan waktu, memperkaya pengetahuan dengan belajar mandiri dan kelompok
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran
50.
Kegiatan yang dilakukan guru pada tahap kesimpulan dalam
pembelajaran yang menerapkan metode tanya jawab adalah ... .
A. menyimpulkan jawaban pertanyaan yang paling tepat
B. menanggapi kesimpulan sementara yang dihasilkan setiap kelompok
C. meminta siswa melaporkan hasil pengerjaan tugas yang diberikan
D. menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas atau dibandingkan
Jawab:
A. Benar, karena menyimpulkan jawaban pertanyaan yang paling tepat dilakukan pada tahap kesimpulan dalam pembelajaran dengan metode tanya jawab.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran
A. menyimpulkan jawaban pertanyaan yang paling tepat
B. menanggapi kesimpulan sementara yang dihasilkan setiap kelompok
C. meminta siswa melaporkan hasil pengerjaan tugas yang diberikan
D. menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas atau dibandingkan
Jawab:
A. Benar, karena menyimpulkan jawaban pertanyaan yang paling tepat dilakukan pada tahap kesimpulan dalam pembelajaran dengan metode tanya jawab.
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat mempelajari 12 KB 2 tentang Metode Mengajar dan Prosedur Pembelajaran
No comments:
Post a Comment