1.
Sunaryo
Kartadinata mengemukakan bahwa pendidikan SD adalah....
A. proses membawa manusia dari apa adanya kepada bagaimana seharusnya
B. suatu proses menumbuhkembangkan eksistensi peserta didik yang memasyarakat dan membudaya dalam tata kehidupan yang berdimensi lokal, nasional, dan global
C. pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan yang tetap di dalam kebiasaan, pemikiran, sikap, dan tingkah laku
D. pemberian informasi pengetahuan dan pembentukan keterampilan yang meliputi usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan dan kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan
Jawab:
A. Benar, karena merupakan pengertian yang dikemukakan oleh Sunaryo Kartadinata
A. proses membawa manusia dari apa adanya kepada bagaimana seharusnya
B. suatu proses menumbuhkembangkan eksistensi peserta didik yang memasyarakat dan membudaya dalam tata kehidupan yang berdimensi lokal, nasional, dan global
C. pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan yang tetap di dalam kebiasaan, pemikiran, sikap, dan tingkah laku
D. pemberian informasi pengetahuan dan pembentukan keterampilan yang meliputi usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan dan kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan
Jawab:
A. Benar, karena merupakan pengertian yang dikemukakan oleh Sunaryo Kartadinata
2.
Salah satu tujuan
pendidikan di SD adalah memberikan kemampuan dan keterampilan dasar yang
bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai tingkat perkembangannya, yakni dengan
cara....
A. memberikan materi yang sama kepada seluruh siswa, karena tingkat perkembangan setiap siswa sama
B. menyiapkan anak dengan berbagai pengetahuan agar bisa diterima oleh masyarakat
C. memberikan dasar-dasar pengetahuan membaca, menulis, dan membaca agar anak tidak dianggap bodoh oleh masyarakat
D. menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar yang berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah
Jawab:
D. Benar, karena merupakan tujuan pendidikan di SD
A. memberikan materi yang sama kepada seluruh siswa, karena tingkat perkembangan setiap siswa sama
B. menyiapkan anak dengan berbagai pengetahuan agar bisa diterima oleh masyarakat
C. memberikan dasar-dasar pengetahuan membaca, menulis, dan membaca agar anak tidak dianggap bodoh oleh masyarakat
D. menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar yang berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah
Jawab:
D. Benar, karena merupakan tujuan pendidikan di SD
3.
Fungsi pendidikan
di SD sebagai proses penyiapan warga masyarakat dan warga negara adalah....
A. membentuk dan meningkatkan kualitas kepribadian individu menjadi kreatif, mandiri, tanggung jawab, ulet, dan tekun
B. membentuk siswa menjadi warga yang baik sesuai dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan hukum yang berlaku
C. mewariskan budaya dari generasi satu ke generasi berikutnya
D. memberi berbagai kemampuan, sikap, serta keterampilan kepada siswa untuk menjadi manusia yang produktif bagi kehidupan dirinya
Jawab:
B. Benar, karena merupakan fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga masyarakat dan warga Negara
A. membentuk dan meningkatkan kualitas kepribadian individu menjadi kreatif, mandiri, tanggung jawab, ulet, dan tekun
B. membentuk siswa menjadi warga yang baik sesuai dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan hukum yang berlaku
C. mewariskan budaya dari generasi satu ke generasi berikutnya
D. memberi berbagai kemampuan, sikap, serta keterampilan kepada siswa untuk menjadi manusia yang produktif bagi kehidupan dirinya
Jawab:
B. Benar, karena merupakan fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga masyarakat dan warga Negara
4.
Salah satu prinsip
pendidikan di SD menurut Sunaryo Kartadinata adalah....
A. inti dari budaya pendidikan di Era Indonesia Baru adalah terwujudnya pendidikan yang menempatkan anak didik sebagai titik sentral
B. perkembangan adalah proses yang tak pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses sepanjang hayat
C. setiap pendidikan dan proses pembelajaran pada khususnya akan selalu berhadapan dengan individu yang sedang berkembang
D. prinsip dan hukum-hukum perkembangan individu harus menjadi titik tolak pendidikan
Jawab:
B. Benar, karena merupakan prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh Sunaryo Kartadinata
A. inti dari budaya pendidikan di Era Indonesia Baru adalah terwujudnya pendidikan yang menempatkan anak didik sebagai titik sentral
B. perkembangan adalah proses yang tak pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses sepanjang hayat
C. setiap pendidikan dan proses pembelajaran pada khususnya akan selalu berhadapan dengan individu yang sedang berkembang
D. prinsip dan hukum-hukum perkembangan individu harus menjadi titik tolak pendidikan
Jawab:
B. Benar, karena merupakan prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh Sunaryo Kartadinata
5.
Contoh
perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan tahap sensorimotor menurut Piaget
adalah anak mampu untuk....
A. meniru perilaku orang yang berada di sekelilingnya
B. mengurutkan cerita sesuai kejadian
C. mencari penyelesaian masalah setelah menganalisis dan membuat hipotesis sederhana
D. mengambil, memutar, menjatuhkan, dan melempar mainannya
Jawab:
D. Benar, karena merupakan contoh perkembangan kognitif anak pada tahap sensorimotor
A. meniru perilaku orang yang berada di sekelilingnya
B. mengurutkan cerita sesuai kejadian
C. mencari penyelesaian masalah setelah menganalisis dan membuat hipotesis sederhana
D. mengambil, memutar, menjatuhkan, dan melempar mainannya
Jawab:
D. Benar, karena merupakan contoh perkembangan kognitif anak pada tahap sensorimotor
6.
Pengertian bakat
yang dikemukakan oleh Utami Munandar adalah....
A. kondisi di dalam diri seseorang yang memungkinkannya mencapai kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus
B. kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud
C. kemampuan untuk melakukan suatu tugas tanpa tergantung pada banyak latihan
D. kondisi dimana kemampuan sesorang muncul akibat latihan terus menerus
Jawab:
B. Benar, karena merupakan pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar
A. kondisi di dalam diri seseorang yang memungkinkannya mencapai kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus
B. kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud
C. kemampuan untuk melakukan suatu tugas tanpa tergantung pada banyak latihan
D. kondisi dimana kemampuan sesorang muncul akibat latihan terus menerus
Jawab:
B. Benar, karena merupakan pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar
7.
Salah satu faktor
yang dapat menentukan perwujudan bakat adalah faktor dalam diri anak, yaitu
keadaan yang berkaitan dengan....
A. dukungan keluarga
B. minat anak
C. dukungan masyarakat
D. minat orang tua
Jawab:
B. Benar, karena minat anak merupakan faktor dalam diri anak yang menentukan perwujudan bakat
A. dukungan keluarga
B. minat anak
C. dukungan masyarakat
D. minat orang tua
Jawab:
B. Benar, karena minat anak merupakan faktor dalam diri anak yang menentukan perwujudan bakat
8.
Contoh kreativitas
yang biasa ditemukan pada anak SD adalah....
A. Adi dapat menyusun puzzle yang terdiri dari 8 keping
B. Chika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan kelas
C. Tony mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk lain
D. Desi mampu menyebutkan nama-nama binatang dalam bahasa Inggris
Jawab:
C. Benar, karena merupakan contoh kreativitas
A. Adi dapat menyusun puzzle yang terdiri dari 8 keping
B. Chika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan kelas
C. Tony mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk lain
D. Desi mampu menyebutkan nama-nama binatang dalam bahasa Inggris
Jawab:
C. Benar, karena merupakan contoh kreativitas
9.
Hubungan antara
kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat melalui hal berikut, yaitu orang
yang....
A. tingkat intelegensinya tinggi pasti kreatif
B. tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif
C. kreatif harus memiliki tingkat intelegensi yang tinggi
D. kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensia yang tinggi
Jawab:
D. Benar, karena orang yang kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensi yang tinggi
A. tingkat intelegensinya tinggi pasti kreatif
B. tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif
C. kreatif harus memiliki tingkat intelegensi yang tinggi
D. kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensia yang tinggi
Jawab:
D. Benar, karena orang yang kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensi yang tinggi
10. Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan
melalui....
A. memberikan pertanyaan yang mengembangkan kemampuan berpikir konvergen
B. menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
C. meminta anak untuk memecahkan masalah kelompok di tempat duduk masing-masing
D. mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa
Jawab:
B. Benar, karena dengan menggabungkan antara pemikiran konvergen dengan divergen, siswa akan lebih terasah untuk mencari alternatif jawaban terhadap suatu persoalan
A. memberikan pertanyaan yang mengembangkan kemampuan berpikir konvergen
B. menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
C. meminta anak untuk memecahkan masalah kelompok di tempat duduk masing-masing
D. mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa
Jawab:
B. Benar, karena dengan menggabungkan antara pemikiran konvergen dengan divergen, siswa akan lebih terasah untuk mencari alternatif jawaban terhadap suatu persoalan
11. Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang
diungkapkan oleh Goleman (1998) adalah....
A. kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lain
B. dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungannya
C. aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta hubungan antara suatu proses pemikiran dengan lingkungan
D. kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sebenarnya dengan cara menahan diri kita
Jawab:
A. Benar, karena merupakan pengertian kecerdasan emosional
A. kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lain
B. dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungannya
C. aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta hubungan antara suatu proses pemikiran dengan lingkungan
D. kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sebenarnya dengan cara menahan diri kita
Jawab:
A. Benar, karena merupakan pengertian kecerdasan emosional
12. Salah satu norma kecerdasan emosional yang
dikemukakan oleh Goleman adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....
A. mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
B. menjaga hubungan dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannya
C. mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan seseorang agar dapat mencapai keseimbangan
D. membaca tanda-tanda non verbal dan mengerti perasaan dan emosi orang lain sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan orang lain
Jawab:
A. Benar, karena merupakan cara memotivasi diri sendiri
A. mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
B. menjaga hubungan dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannya
C. mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan seseorang agar dapat mencapai keseimbangan
D. membaca tanda-tanda non verbal dan mengerti perasaan dan emosi orang lain sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan orang lain
Jawab:
A. Benar, karena merupakan cara memotivasi diri sendiri
13. Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan
moral anak berada pada tahap prakonvensional adalah anak....
A. yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baik
B. cenderung berperilaku dengan cara mengatur permintaan sosial
C. cenderung berdasarkan penilaian atas berbagai situasi dan masyarakat
D. menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya
Jawab:
D. Benar, karena merupakan ciri pada tahap prakonvensional
A. yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baik
B. cenderung berperilaku dengan cara mengatur permintaan sosial
C. cenderung berdasarkan penilaian atas berbagai situasi dan masyarakat
D. menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya
Jawab:
D. Benar, karena merupakan ciri pada tahap prakonvensional
14. Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi
melalui disiplin adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....
A. melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosial
B. anak akan mengembangkan kata hatinya dalam membuat keputusan
C. anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola perilaku lain tidak diterima
D. melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
Jawab:
D. Benar, karena merupakan kebutuhan anak untuk merasa aman
A. melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosial
B. anak akan mengembangkan kata hatinya dalam membuat keputusan
C. anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola perilaku lain tidak diterima
D. melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
Jawab:
D. Benar, karena merupakan kebutuhan anak untuk merasa aman
15. Pengajaran tentang hal yang baik dan buruk
serta alasan mengapa pola perilaku diterima sementara yang lain tidak diterima
sehingga anak memiliki konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari
disiplin yang dikemukakan oleh Hurlock, yaitu....
A. penghargaan
B. hukuman
C. alat untuk membentuk moral
D. konsistensi
Jawab:
C. Benar, karena hal tersebut merupakan hal penting dari disiplin sebagai alat untuk membentuk moral
A. penghargaan
B. hukuman
C. alat untuk membentuk moral
D. konsistensi
Jawab:
C. Benar, karena hal tersebut merupakan hal penting dari disiplin sebagai alat untuk membentuk moral
16. Salah satu peran hukuman dalam menanamkan
aturan dan disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan
hukuman....
A. setiap kali anak melakukan kesalahan
B. disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
C. fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi
D. dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu
Jawab:
B. Benar, karena hendaknya orang tua menjelaskan alasan mengapa anak diberikan hukuman
A. setiap kali anak melakukan kesalahan
B. disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
C. fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi
D. dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu
Jawab:
B. Benar, karena hendaknya orang tua menjelaskan alasan mengapa anak diberikan hukuman
17. Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama
bagi anak usia SD dengan cara....
A. memberikan hafalan doa harian kepada anak
B. menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing
C. memperkenalkan berbagai hari besar keagamaan kepada anak
D. meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa
Jawab:
D. Benar, karena anak dijelaskan tentang manfaat dari berdoa
A. memberikan hafalan doa harian kepada anak
B. menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing
C. memperkenalkan berbagai hari besar keagamaan kepada anak
D. meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa
Jawab:
D. Benar, karena anak dijelaskan tentang manfaat dari berdoa
18. Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat
dilakukan melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan.
Makna dari pernyataan ini adalah untuk....
A. membuat anak mengerti mengenai perilaku yang diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnya
B. melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosial
C. melatih anak mempunyai peran dan memahami peran yang ada di lingkungan sekitarnya
D. membuat anak memiliki penyesuaian diri dan diterima sebagai anggota kelompok sosialnya
Jawab:
C. Benar, karena merupakan makna dari bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan
A. membuat anak mengerti mengenai perilaku yang diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnya
B. melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosial
C. melatih anak mempunyai peran dan memahami peran yang ada di lingkungan sekitarnya
D. membuat anak memiliki penyesuaian diri dan diterima sebagai anggota kelompok sosialnya
Jawab:
C. Benar, karena merupakan makna dari bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan
19. Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada
masa usia SD menurut Hurlock adalah....
A. acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
B. kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di tempat umum
C. anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebih
D. menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan salah satu karakteristik kelompok teman sebaya yang tujuannya untuk menjaga kerahasiaan kelompok
A. acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
B. kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di tempat umum
C. anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebih
D. menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan salah satu karakteristik kelompok teman sebaya yang tujuannya untuk menjaga kerahasiaan kelompok
20. Salah
satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak dari lingkungan kelompok
sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....
A. anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknya
B. kecenderungan anak untuk mudah merasa sakit hati dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai permusuhan
C. kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentu
D. kemampuan untuk memahami arti dari situasi social
Jawab:
C. Benar, karena merupakan pola perilaku diskriminasi social
A. anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknya
B. kecenderungan anak untuk mudah merasa sakit hati dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai permusuhan
C. kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentu
D. kemampuan untuk memahami arti dari situasi social
Jawab:
C. Benar, karena merupakan pola perilaku diskriminasi social
21. Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak
usia SD dari segi orang tua dapat terlihat melalui....
A. mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan jenis kelaminnya
B. keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni
C. penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang laki-laki yang lebih banyakdi bidang olah raga
D. perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan
Jawab:
D. Benar, karena merupakan faktor yang mempengaruhi peran gender anak usia SD dari segi pengaruh orang tua
A. mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan jenis kelaminnya
B. keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni
C. penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang laki-laki yang lebih banyakdi bidang olah raga
D. perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan
Jawab:
D. Benar, karena merupakan faktor yang mempengaruhi peran gender anak usia SD dari segi pengaruh orang tua
22. Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan
kurang, koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di
sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....
A. obesitas
B. malnutrisi
C. kekurangan makanan
D. kekurangan waktu istirahat
Jawab:
A. Salah, karena bukan merupakan cirri-ciri anak yang mengalami obesitas
A. obesitas
B. malnutrisi
C. kekurangan makanan
D. kekurangan waktu istirahat
Jawab:
A. Salah, karena bukan merupakan cirri-ciri anak yang mengalami obesitas
23. Berikut ini yang merupakan akibat dari
kekurangan gizi terhadap perkembangan emosional anak, yaitu....
A. kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel atau mudah marah
B. kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu
C. anak yang kurang gizi akan menjadi sulit berkonsentrasi mengikuti pelajaran
D. kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan otak
Jawab:
A. Benar, karena kekurangan gizi menghasilkan masalah emosionalitas pada anak
A. kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel atau mudah marah
B. kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu
C. anak yang kurang gizi akan menjadi sulit berkonsentrasi mengikuti pelajaran
D. kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan otak
Jawab:
A. Benar, karena kekurangan gizi menghasilkan masalah emosionalitas pada anak
24. Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi
manusia dan berada pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi
diri. Hal ini ditandai dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....
A. terpenuhinya kebutuhan fisik
B. dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya
A. terpenuhinya kebutuhan fisik
B. dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya
C.
meningkatkan harga diri
D. terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman
Jawab:
B. Benar, karena terpenuhinya kebutuhan aktualisasi diri ditandai dengan keadaan dimana manusia mampu menggunakan seluruh bakat dan potensinya serta tidak ada kepribadian yang menyimpang
D. terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman
Jawab:
B. Benar, karena terpenuhinya kebutuhan aktualisasi diri ditandai dengan keadaan dimana manusia mampu menggunakan seluruh bakat dan potensinya serta tidak ada kepribadian yang menyimpang
25. Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan
aktualisasi diri pada anak SD adalah....
A. Tania selalu diantar dan dijemput oleh ibunya ke sekolah
B. Fery merupakan anak yang lambat dalam belajar
C. Tasya merupakan salah satu anak yang sangat berbakat di bidang seni
D. Kenzo tidak mau pergi ke sekolah karena selalu diganggu oleh kakak kelasnya
Jawab:
C. Benar, karena contoh C tesebut merupakan contoh aktualisasi diri
A. Tania selalu diantar dan dijemput oleh ibunya ke sekolah
B. Fery merupakan anak yang lambat dalam belajar
C. Tasya merupakan salah satu anak yang sangat berbakat di bidang seni
D. Kenzo tidak mau pergi ke sekolah karena selalu diganggu oleh kakak kelasnya
Jawab:
C. Benar, karena contoh C tesebut merupakan contoh aktualisasi diri
26. Siswa diberikan tugas-tugas yang dapat
menantang keterampilan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten,
merupakan salah satu motivasi intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa....
A. tantangan
B. rasa ingin tahu
C. kontrol
D. fantasi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan motivasi intrinsik berupa tantangan
A. tantangan
B. rasa ingin tahu
C. kontrol
D. fantasi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan motivasi intrinsik berupa tantangan
27. Pengertian belajar yang dikemukakan oleh
Santrock dan Yusen adalah....
A. perubahan perilaku akibat suatu pengalaman tertentu
B. proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku dan pribadi
C. perubahan tingkah laku yang relatif permanen yang terjadi karena pengalaman
D. pengalaman yang menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada seseorang
Jawab:
A. Salah, karena merupakan definisi belajar menurut Anita E. Woolfolk
A. perubahan perilaku akibat suatu pengalaman tertentu
B. proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku dan pribadi
C. perubahan tingkah laku yang relatif permanen yang terjadi karena pengalaman
D. pengalaman yang menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada seseorang
Jawab:
A. Salah, karena merupakan definisi belajar menurut Anita E. Woolfolk
28. Berikut ini merupakan prinsip-prinsip
belajar, yaitu....
A. belajar dapat membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia utuh
B. belajar sebagai proses terpadu harus memposisikan anak sebagai titik sentral
C. aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus membuat anak terlibat sepenuh hati
D. belajar hanya dapat dilakukan secara individual dan tidak kompetitif
Jawab:
C. Benar, karena hal tersebut merupakan prinsip belajar
A. belajar dapat membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia utuh
B. belajar sebagai proses terpadu harus memposisikan anak sebagai titik sentral
C. aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus membuat anak terlibat sepenuh hati
D. belajar hanya dapat dilakukan secara individual dan tidak kompetitif
Jawab:
C. Benar, karena hal tersebut merupakan prinsip belajar
29. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan
hasil belajar anak dari segi proses adalah....
A. masukan dasar yang menggambarkan kondisi individual anak dengan segala karakteristik fisik dan psikisnya
B. interaksi antara masukan dasar, masukan instrumental, dan masukan lingkungan terhadap aktivitas belajar anak
C. perubahan tingkah laku yang diharapkan terjadi pada anak setelah anak melakukan aktivitas belajar
D. masukan instrumental yang mencakup guru, kurikulum, materi dan metode, serta sarana dan fasilitas
Jawab:
B. Benar, karena merupakan faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak di sekolah dari segi proses
A. masukan dasar yang menggambarkan kondisi individual anak dengan segala karakteristik fisik dan psikisnya
B. interaksi antara masukan dasar, masukan instrumental, dan masukan lingkungan terhadap aktivitas belajar anak
C. perubahan tingkah laku yang diharapkan terjadi pada anak setelah anak melakukan aktivitas belajar
D. masukan instrumental yang mencakup guru, kurikulum, materi dan metode, serta sarana dan fasilitas
Jawab:
B. Benar, karena merupakan faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak di sekolah dari segi proses
30. Berikut ini yang merupakan salah satu
contoh kesulitan belajar anak yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....
A. Joni mendapat nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika
B. Danisa tidak mampu menyelesaikan soal perkalian karena pada saat guru menjelaskan, Danisa tidak masukkarena sakit
C. Indah selalu lambat dan tertinggal oleh teman-temannya dalam mengerjakan tugas-tugas belajar di kelas
D. Septi tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia karena sedang mengikuti perlombaan menyanyi mewakili sekolahnya
Jawab:
C. Benar, karena merupakan contoh indikator kesulitan belajar anak
\
A. Joni mendapat nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika
B. Danisa tidak mampu menyelesaikan soal perkalian karena pada saat guru menjelaskan, Danisa tidak masukkarena sakit
C. Indah selalu lambat dan tertinggal oleh teman-temannya dalam mengerjakan tugas-tugas belajar di kelas
D. Septi tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia karena sedang mengikuti perlombaan menyanyi mewakili sekolahnya
Jawab:
C. Benar, karena merupakan contoh indikator kesulitan belajar anak
\
31. Salah satu fungsi pendekatan pembelajaran
bagi guru yang dikemukakan oleh Sarwono adalah fungsi deskripsi, yaitu suatu
teori harus....
A. memberikan penjelasan tentang suatu fenomena yang kompleks menjadi penjelasan yang rasional dan mudah dipahami
B. menguji fenomena terkini dan mengembangkan teori yang baru
C. dapat memperkirakan terjadinya sesuatu atas dasar peristiwa sebelumnya
D. menggambarkan sesuatu yang terjadi dalam lingkungan apa adanya, tanpa dibuat-buat
Jawab:
D. Benar, karena merupakan fungsi deskripsi
A. memberikan penjelasan tentang suatu fenomena yang kompleks menjadi penjelasan yang rasional dan mudah dipahami
B. menguji fenomena terkini dan mengembangkan teori yang baru
C. dapat memperkirakan terjadinya sesuatu atas dasar peristiwa sebelumnya
D. menggambarkan sesuatu yang terjadi dalam lingkungan apa adanya, tanpa dibuat-buat
Jawab:
D. Benar, karena merupakan fungsi deskripsi
32. Hakikat belajar menurut eksperiential
learning adalah....
A. proses pembelajaran dimana anak berinteraksi secara langsung dengan realitas yang dipelajarinya
B. kemampuan memanipulasi struktur atau bunyi bahasa
C. kepekaan terhadap logika, kausalitas, fungsi, dan abstraksi
D. kemampuan mengamati ruang dan visual secara akurat serta melakukan transformasi terhadap persepsi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan hakikat belajar menurut eksperiential learning
A. proses pembelajaran dimana anak berinteraksi secara langsung dengan realitas yang dipelajarinya
B. kemampuan memanipulasi struktur atau bunyi bahasa
C. kepekaan terhadap logika, kausalitas, fungsi, dan abstraksi
D. kemampuan mengamati ruang dan visual secara akurat serta melakukan transformasi terhadap persepsi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan hakikat belajar menurut eksperiential learning
33. Dewi mampu mengenali suasana hatinya dan
mampu beradaptasi ketika berada pada lingkungan baru. Hal ini merupakan contoh
penerapan multiple intelligence di SD, yaitu kecerdasan....
A. interpersonal
B. kinestetik
C. Matematika-logika
D. intrapersonal
Jawab:
D. Benar, karena kecerdasan intrapersonal merupakan pengetahuan tentang diri dan bertindak secara adaptif atas dasar pengetahuan
A. interpersonal
B. kinestetik
C. Matematika-logika
D. intrapersonal
Jawab:
D. Benar, karena kecerdasan intrapersonal merupakan pengetahuan tentang diri dan bertindak secara adaptif atas dasar pengetahuan
34. Salah satu bentuk pengembangan pendidikan
SD secara vertikal adalah....
A. program pendidikan khusus bagi rumpun sekolah dasar luar biasa
B. pengembangan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan
C. upaya penampungan anak-anak yang putus sekolah
D. model pendidikan yang terintegrasi
Jawab:
B. Benar, karena merupakan pengembangan pendidikan secara vertical
A. program pendidikan khusus bagi rumpun sekolah dasar luar biasa
B. pengembangan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan
C. upaya penampungan anak-anak yang putus sekolah
D. model pendidikan yang terintegrasi
Jawab:
B. Benar, karena merupakan pengembangan pendidikan secara vertical
35. Di dalam prinsip perencanaan inovasi
pendidikan, terdapat tiga jenis hubungan yang perlu dijalin dalam rangka
inovasi pendidikan, yaitu kecuali hubungan....
A. reaktif
B. proaktif
C. responsif
D. interaktif
Jawab:
C. Benar, karena tidak termasuk kedalam tiga hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan
A. reaktif
B. proaktif
C. responsif
D. interaktif
Jawab:
C. Benar, karena tidak termasuk kedalam tiga hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan
36. Berikut merupakan contoh penerapan inovasi
di SD, yaitu....
A. mengembangkan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk mata pelajaran IPA
B. menggunakan alternative fasilitas belajar
C. mengembangkan media yang mahal
D. mengajukan bantuan biaya pengadaan sarana dan prasarana ke pemerintah
Jawab:
A. Benar, karena contoh A merupakan penerapan inovasi di SD
A. mengembangkan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk mata pelajaran IPA
B. menggunakan alternative fasilitas belajar
C. mengembangkan media yang mahal
D. mengajukan bantuan biaya pengadaan sarana dan prasarana ke pemerintah
Jawab:
A. Benar, karena contoh A merupakan penerapan inovasi di SD
37. Yang dimaksud dengan hak dalam konvensi hak
anak adalah....
A. sesuatu yang harus dipenuhi oleh seseorang
B. tugas dan tanggung jawab terhadap pihak lain
C. perjanjian yang mengikat secara yuridis
D. sesuatu yang melekat pada diri seseorang semenjak lahir
Jawab:
D. Benar, karena merupakan pengertian hak
A. sesuatu yang harus dipenuhi oleh seseorang
B. tugas dan tanggung jawab terhadap pihak lain
C. perjanjian yang mengikat secara yuridis
D. sesuatu yang melekat pada diri seseorang semenjak lahir
Jawab:
D. Benar, karena merupakan pengertian hak
38. Salah satu hak anak yang dikemukakan oleh
Jebb dalam buku “Sosialisasi Hak Anak – Internasional” adalah hak anak untuk....
A. mengemukakan pendapat
B. dilindungi tanpa mempertimbangkan ras, kewarganegaraan atau kebangsaannya
C. mendapat perawatan jasmani dan rohani yang memadai
D. berkembang dengan baik secara fisik dan psikologis
Jawab:
B. Benar, karena merupakan hak anak yang dikemukakan oleh Jebb
A. mengemukakan pendapat
B. dilindungi tanpa mempertimbangkan ras, kewarganegaraan atau kebangsaannya
C. mendapat perawatan jasmani dan rohani yang memadai
D. berkembang dengan baik secara fisik dan psikologis
Jawab:
B. Benar, karena merupakan hak anak yang dikemukakan oleh Jebb
39. Kategori konvensi hak anak yang terdiri
dari langkah-langkah implementasi umum; definisi anak; prinsip-prinsip umum;
hak sipil dan kemerdekaan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif;
kesehatan dan kesejahteraan dasar; pendidikan, waktu luang, dan kegiatan
budaya; serta langkah-langkah perlindungan khusus, merupakan cara untuk
mengkategorisasikan konvensi hak anak berdasarkan....
A. pihak yang berkewajiban melaksanakan konvensi hak anak
B. konvensi induk hak asasi manusia
C. komite hak anak PBB
D. cakupan hak yang terkandung dalam konvensi hak anak
Jawab:
C. Benar, karena kategori tersebut berdasarkan komite hak anak PBB
A. pihak yang berkewajiban melaksanakan konvensi hak anak
B. konvensi induk hak asasi manusia
C. komite hak anak PBB
D. cakupan hak yang terkandung dalam konvensi hak anak
Jawab:
C. Benar, karena kategori tersebut berdasarkan komite hak anak PBB
40. Salah satu hak anak yang terdapat dalam
buku Pedoman Perlindungan Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan,
contohnya....
A. Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
B. Pasal 25 yang meminta agar dilakukan peninjauan kembali secara periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan penguasa untuk tujuan pengasuhan, perlindungan atau perawatan kesehatan fisik dan mentalnya
C. Pasal 11 tentang Negara yang meratifikasi konvensi hak anak mempunyai kewajiban untuk mencegah anak agat tidak dibawa secara tidak sah keluar negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi negaranya
D. Pasal 21 yang membahas tentang hak anak yang diadopsi di Negara-negara yang membolehkan adopsi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan contoh hak anak untuk mendapatperlindungan dari segala bentuk kekerasan
A. Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
B. Pasal 25 yang meminta agar dilakukan peninjauan kembali secara periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan penguasa untuk tujuan pengasuhan, perlindungan atau perawatan kesehatan fisik dan mentalnya
C. Pasal 11 tentang Negara yang meratifikasi konvensi hak anak mempunyai kewajiban untuk mencegah anak agat tidak dibawa secara tidak sah keluar negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi negaranya
D. Pasal 21 yang membahas tentang hak anak yang diadopsi di Negara-negara yang membolehkan adopsi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan contoh hak anak untuk mendapatperlindungan dari segala bentuk kekerasan
41. Negara peserta mengakui hak anak atas
pendidikan dan dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan
dasar wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan
salah satu butir konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu
pasal....
A. 27
B. 28
C. 29
D. 31
Jawab:
B. Benar, karena merupakan butir pada pasal 28
A. 27
B. 28
C. 29
D. 31
Jawab:
B. Benar, karena merupakan butir pada pasal 28
42. Kegiatan pokok yang dilakukan oleh
pemerintah terhadap wajib pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas
dari segi pendanaan biaya operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....
A. gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan belajar lainnya
B. tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap jenjang pendidikan
C. pendidikan nonformal bagi yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMP
D. dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA
Jawab:
D. Benar, karena merupakan kegiatan pendanaan biaya operasi wajar
A. gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan belajar lainnya
B. tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap jenjang pendidikan
C. pendidikan nonformal bagi yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMP
D. dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA
Jawab:
D. Benar, karena merupakan kegiatan pendanaan biaya operasi wajar
43. Salah satu contoh praktek pendidikan yang
melindungi hak anak adalah....
A. Ibu Tati tidak menggunakan media karena tidak ada dana untuk pengadaan media pembelajaran
B. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
C. Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah karena ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramuka
D. Darti berhasil menjadi juara kelas karena orang tuanya banyak menyumbang untuk sekolah
Jawab:
B. Benar, karena merupakan contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak
A. Ibu Tati tidak menggunakan media karena tidak ada dana untuk pengadaan media pembelajaran
B. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
C. Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah karena ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramuka
D. Darti berhasil menjadi juara kelas karena orang tuanya banyak menyumbang untuk sekolah
Jawab:
B. Benar, karena merupakan contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak
44. Rochman Natawidjaja menjelaskan latar
belakang perlunya bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan
individual di antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....
A. guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
B. penataan kembali strategi dan prosedur pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi materi maupun metode penyampaiannya C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa
D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
Jawab:
A. Benar, karena merupakan kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia
A. guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
B. penataan kembali strategi dan prosedur pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi materi maupun metode penyampaiannya C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa
D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
Jawab:
A. Benar, karena merupakan kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia
45. Salah satu peran guru dalam bimbingan dan
konseling di sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak,
terutama dalam kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....
A. berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswa
B. memberi tugas belajar secara terarah dan memberi balikan terhadap hasil belajar siswa
C. berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu
D. bekerja sama dengan anak dalam membuat rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak
Jawab:
C. Benar, karena merupakan peran guru dalam mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya
A. berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswa
B. memberi tugas belajar secara terarah dan memberi balikan terhadap hasil belajar siswa
C. berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu
D. bekerja sama dengan anak dalam membuat rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak
Jawab:
C. Benar, karena merupakan peran guru dalam mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya
46. Peran orang tua dalam bimbingan konseling
di sekolah dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
A. memberi bantuan atau dukungan ketika anak mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar ataupun kegiatan sosialnya
B. memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil
C. memberikan contoh konkret dan tantangan positif pada anak
D. memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat
Jawab:
B. Benar, karena merupakan peran orang tua dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak
A. memberi bantuan atau dukungan ketika anak mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar ataupun kegiatan sosialnya
B. memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil
C. memberikan contoh konkret dan tantangan positif pada anak
D. memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat
Jawab:
B. Benar, karena merupakan peran orang tua dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak
47. Salah satu perangkat yang diperlukan dalam
program layanan bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa....
A. buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
B. format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isian
C. buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat panggilan orang tua atau wali
D. buku pribadi dan map siswa
Jawab:
A. Benar, karena merupakan perangkat informasi
A. buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
B. format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isian
C. buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat panggilan orang tua atau wali
D. buku pribadi dan map siswa
Jawab:
A. Benar, karena merupakan perangkat informasi
48. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam
perencanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan
dan karakteristik SD adalah....
A. menyediakan pengalaman belajar yang tepat bagi kebutuhan dasar dan perkembangan anak SD
B. mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru lain
C. pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan tugas perkembangan secara efektif
D. cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
Jawab:
D. Benar, karena merupakan tujuan dan karakteristik SD
A. menyediakan pengalaman belajar yang tepat bagi kebutuhan dasar dan perkembangan anak SD
B. mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru lain
C. pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan tugas perkembangan secara efektif
D. cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
Jawab:
D. Benar, karena merupakan tujuan dan karakteristik SD
49. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling
di SD dari segi kerja sama dapat terlaksana melalui....
A. penginterpretasian data hasil tes, aktivitas pengembangan karir dan membantu menemukan kursus
B. menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
C. memberikan layanan konsultasi atau nasihat kepada siswa
D. merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus tempat diselenggarakan kelas unggulan
Jawab:
B. Benar, karena merupakan bentuk kerja sama
A. penginterpretasian data hasil tes, aktivitas pengembangan karir dan membantu menemukan kursus
B. menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
C. memberikan layanan konsultasi atau nasihat kepada siswa
D. merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus tempat diselenggarakan kelas unggulan
Jawab:
B. Benar, karena merupakan bentuk kerja sama
50. Salah satu prinsip evaluasi program
bimbingan dan konseling di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
A. mengulangi presentasi
B. menjelaskan ulang kepada peserta
C. mencatat perbedaan kesan ini
D. mengevaluasi kegiatan presentasi
Jawab:
C. Benar, karena merupakan prinsip evaluasi program bimbingan konseling menurut Gibson dan Mitchell
A. mengulangi presentasi
B. menjelaskan ulang kepada peserta
C. mencatat perbedaan kesan ini
D. mengevaluasi kegiatan presentasi
Jawab:
C. Benar, karena merupakan prinsip evaluasi program bimbingan konseling menurut Gibson dan Mitchell
No comments:
Post a Comment