RENCANA PELAKSANAAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SD N 1 Tanggungharjo
Mata
pelajaran : Matematika Tematik
Kelas
/ Semester : III/2
Tema : Pariwisata
Alokasi
Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X
pertemuan )
Hari
/ Tanggal : Kamis, 7 April 2016
I. STANDAR KOMPETENSI
5.
Menghitung
keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
II. KOMPETENSI
DASAR
5.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang ( matematika )
III. INDIKATOR
5.3.2 Menemukan cara menghitung luas persegi panjang.
5.3.4 Menemukan cara menghitung luas persegi atau bujur sangkar .
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui
penggunaan metode ceramah yang ditunjang dengan model kooperatif STAD, siswa mampu menghitung luas
persegi dan persegi panjang.
2. Melalui
penggunaan metode Tanya Jawab yang ditunjang dengan model kooperatif STAD, siswa mampu menghitung luas
persegi dan persegi panjang.
3. Melalui
penggunaan metode penugasan yang ditunjang dengan model kooperatif STAD, siswa mampu menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi dan persegi panjang.
V. TUJUAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
a. Bagi Siswa
Meningkatkan
pemahaman dan hasil belajar siswa tentang cara menyelesaikan luas persegi dan
persegi panjang.
b. Bagi Guru
1) Meningkatkan kinerja guru dalam penyampaian
materi di kelas.
2)
Memotivasi guru untuk mengembangkan
potensinya penerapan metode yang bervariasi.
VI. MATERI AJAR
1.
Luas bangun datar adalah daerah pada bangun datar tersebut.
2.
Luas
Persegi Panjang
-
Sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dinamakan panjang (P)
-
Sisi yang berhadapan pendek dinamakan
lebar ( L ).
-
Luas persegi panjang =
Panjang x Lebar
= p x
l
3.
Luas
Persegi
-
Persegi
mempunyai 4 sisi yang sama panjang.
-
Rumus luas persegi = Sisi
X Sisi = s x
s
VII. METODE
PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : Student Teams Achivement Division
2.
Metode Pembelajaran : - ceramah
- tanya
jawab
- tugas
VIII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
awal ( 15 menit )
a. Mengucapkan
salam
b. Mengajak siswa berdoa sesuai dengan agamanya
masing-masing
c. Mengadakan absensi murid
d. Mengadakan
tanya jawab kepada siswa tentang kegiatan hari ini, misalnya:
-
Bagaimana keadaan
kalian hari ini? Sehat semua?
-
Masih semangat?
-
Apakah kalian sudah
siap menerima pelajaran?
e. Guru
melakukan tanya jawab untuk mengingatkan kembali tentang materi luas persegi
dan persegi panjang.
f.
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran, cakupan materi, dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan berhubungan dengan pertanyaan yang diberikan.
B.
Kegiatan inti ( 35 menit )
Eksplorasi
a. Guru
membentuk kelompok heterogen yang terdiri dari 4-5 siswa. Pengelompokkan
heterogen ini berdasarkan nilai ulangan materi luas bangun datar yang diperoleh
dari kondisi awal siswa (Pra Siklus).
b. Guru
menjelaskan materi secara klasikal kepada siswa yang sudah dikelompokkan
sebelumnya.
c. Guru
membagikan lembar kerja (individu dan kelompok) kepada masing-masing kelompok.
Elaborasi
a.
Siswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru. Apabila ada siswa dalam
suatu kelompok mengalami kesulitan dalam memahami materi ataupun menyelesaikan
lembar kerja disarankan untuk meminta bantuan kepada siswa dalam kelompoknya
terlebih dahulu sebelum kepada guru.
b. Guru memfasilitasi kepada masing-masing
kelompok apabila dalam kelompok tersebut mengalami kesulitan dalam memahami
soal atau mengerjakan lembar kerja.
Konfirmasi
a. Guru
menghentikan program pengelompokkan dan menjelaskan konsep-konsep yang belum
dipahami dengan strategi pemecahan masalah yang relevan.
b. Guru
bersama siswa membuat simpulan hasil pembelajaran.
C.
Kegiatan
akhir ( 20 menit )
-
Siswa mengerjakan lembar
evaluasi.
-Guru
mengadakan penilaian.
IX. SARANA
DAN SUMBER BELAJAR
1. Alat : Gambar bangun datar, penggaris, kapur tulis, penghapus,
papan tulis
2. Sumber : - Terampil Berhitung Matemetika Kelas III karangan Tim Bina
Karya Guru Penerbit Erlangga Tahun 2007 halaman 190 – 202
-
Buku BSE Matematika Kelas 3 Karangan Nurul Masitoch
dkk Penerbit Pusat Perbukuan
jakarta tahun 2009 Halaman 176 -
182
-
Buku Kerja Matematika 3B karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd. dkk penerbit
Esis tahun 2007 halaman 73 - 88
X. PENILAIAN
1.
Tes awal : Ada ( pada apersepsi)
2.
Tes dalam proses :
Lembar Kerja Siswa
3.
Tes akhir :
Tes Formatif (Lembar
evaluasi)
4.
Jenis tes :
Tertulis
5.
Bentuk tes :
Essai
6.
Alat evaluasi : a. Lembar Kerja Siswa (terlampir)
b. Lembar Tes Formatif (terlampir)
Tanggungharjo, 4 April 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Mahasiswa
No comments:
Post a Comment