4. PENDEKATAN
Pendekatan
adalah suatiu ancangan atau kebijaksanaan dalam memulai pengajaran suatu bidang
studi yang memberi arah dan corak kepada metode pengajarannya dan didasarkan
kepada asumsi yang berkaitan.
1. Pendekatan
komunikatif
Pendekatan komunikatif mengarahkan pengajaran bahasa pada
tujuan pengajaran yang mementingkan fungsi bahasa sebagai alat komunikasi.
Pendekatan komunikatif memfokuskan pada keterampilan siswa mengimplementasikan
fungsi bahasa (untuk berkomunikasi) dalam pembelajaran.
Berdasarkan prinsip pendekatan
komunikatif, pengajaran menulis harus diarahkan pada penggunaan bahasa dalam
kehidupan sehari-hari. Misalnya pembelajaran menulis surat.
2. Pendekatan Integratif
Pembelajaran bahasa harus dilakukan secara utuh. Para siswa
dituntut untuk terampil
berbahasa, yaitu terampil menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Keempat
keterampilan berbahasa tersebut harus dilakukan secara terpadu dalam proses
pembelajaran dengan fokus satu keterampilan. Misalnya, para siswa sedang
belajar keterampilan menulis maka ketiga keterampilan yang lainnya harus dilatihkan
juga, tetapi kegiatan tersebut tetap difokuskan untuk mencapai peningkatan
kualitas menulis.
3. Pendekatan Cara
Belajar Siswa Aktif
Pendekatan cara belajar siswa aktif diartikan sebagai
kegiatan belajar mengajar yang melibatkan siswa. Artinya, siswa secara aktif terlibat dalam
proses pengajaran.
4. Pendekatan
Belajar Kooperatif
Belajar kooperatif merupakan suatu metode yang
mengelompokkan siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil. Siswa bekerja sama dan
saling membantu dalam menyelesaikan tugas.
5. Pendekatan
Tujuan
Pendekatan tujuan ini dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam setiap
kegiatan belajar
mengajar, yang harus dipikirkan dan ditetapkan terlebih dahulu ialah tujuan
yang hendak dicapai. Dengan memperhatikan tujuan yang telah ditetapkan itu
dapat ditentukan metode mana yang akan digunakan dan teknik pengajaran yang
bagaimana yang diterapkan agar tujuan pembelajaran tersebut dapat dicapai.
6. Pendekatan
Struktural
Pendekatan struktural merupakan salah satu pendekatan dalam
pembelajaran bahasa,
yang dilandasi oleh asumsi yang menganggap bahasa sebagai seperangkat kaidah.
Atas dasar anggapan tersebut timbul pemikiran bahwa pembelajaran bahasa harus diutamakan
penguasaan kaidah-kaidah bahasa atau tata bahasa. Dalam hal ini pengetahuan
tentang pola-pola kalimat, pola kata, dan suku kata menjadi sangat penting,
jelas, bahwa aspek kognitif bahasa diutamakan. Dengan pendekatan struktural
siswa akan menjadi cermat dalam menyusun kalimat, karena mereka memahami
kaidah- kaidahnya.
7. Pendekatan
Kontekstual
Pendekatan
kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL) merupakan konsep belajar
yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia
nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya
dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan
masyarakat.
Pendekatan
ini mempunyai konsep, guru menggunakan objek di sekitar siswa sebagai media
pembelajaran di kelas.
No comments:
Post a Comment