Matahari sesungguhnya selalu hadir dan ada,
Dan setiap orang terhangati olehnya.
Meskipun begitu, karena matahari tidak selamanya terlihat,
Manusia tidak mengengetahui bahwa kehangatan dan kehidupan berasal darinya.

Minggu, 27 April 2014



 LEMBAR REFLEKSI PEMBELAJARAN KE 

Nama                               : EKO SUGIYANTO
NIM                                : 823681319    
Mata pelajaran                 : 
Kelas/ Semester               : 
Standar Kompetens         : 
Kompetensi Dasar           : 


A.    Refleksi Komponen
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
                        Ya, karena pada awal pembelajaran saya memberikan pertanyaan atau apersepsi tentang materi yang akan saya ajarkan jadi siswa siap mengikuti pelajaran.

2.       Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi / bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan? (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa ?)
            Materi sudah sesuai dengan kemampuan siswa dan standar materi yang ditetapkan.

3.      Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan ? (Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi / materi yang diajarkan?)
       Media yang saya gunakan masih kurang membantu siawa dalam mendalami materi.

4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang?
Siswa saya cukup senang dengan pembelajaran yang saya terapkan.

5.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode / teknik pembelajaran yang saya gunakan ?
       Siswa cukup antusias dengan metode yang saya gunakan.

6.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas (perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah, memotivasi siswa) yang saya lakukan?
       Siswa merasa kegiatan pengelolaan kelas yang saya lakukan cukup bagus.

7.      Apakah siswa dapat menangkap penjelasan / intruksi yang saya berikan dengan baik ?
       Alhamdulilah, siswa saya dapat dengan mudah menerima penjelasan atau intruksi yang saya berikan.

8.      Bagaimana tanggapa siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan ?
       Siswa beranggapan penilaian yang saya berikan sesuai dengan kemampuan mereka.

9.      Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan?
       Ya, siswa sudah mencapai penguasaan kemampuan yang ditetapkan.



10.  Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik ?
       Ya, saya sudah dapat memenfaatkan waktu dengan baik, walau masih sedikit melenceng dari perkiraaan.

11.  Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang saya sampaikan ?
       Iya, karena di akhir pertemuan saya selalu mengajak siswa saya mereview materi yang telah kita pelajari hari ini.



B.     Refleksi Menyeluruh
1.      Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? (Jika tidak seleuruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuian rencana pembelajaran dengan baik?)
       Ya, Rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya.

2.      Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran? Dalam hal apa saja penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, penggunaan metode dan teknik pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar?
       Kelemahan saya ada pada komunikasi dan pendekatan terhadap siswa.

3.      Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya kedepan ?
       Saya belum menemukan metode yang cocok untukmrnjrlaskan materi tersebut.

4.      Apakah kekuatan saya atau hal-hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
       Materi dan penjelasan yang saya terapkan mudah dipahami oleh siswa saya.

5.      Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
       Saya menjelaskan materi secara  singkat namun mudah dipahami siswa saya.

6.      Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan ?
       Penugasan mandiri akan saya pertahankan.

7.      Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan?
       Siswa banyak yang pasif dalam kegiatan diskusi.

8.      Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggung jawabkannya secara ilmiah dan moral?
       Ya, apakah saya dapat mempertanggung jawabkannya secara ilmiah dan moral.