RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD N 2
Purwodadi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 2
Materi Pokok : Energi dan Perubahannya
Waktu : 2 x 35 menit ( 1X pertemuan)
Hari/Tanggal
: Rabu, 16 April 2014
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta
fungsinya
B.
Kompetensi
Dasar
5.2 Menjelaskan pesawat
sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
C. Indikator
1. Melalui
penjelasan dan percobaan yang dilakukan siswa dapat menjelaskan
berbagai jenis pesawat sederhana dengan benar.
2. Melalui
penjelasan guru siswa dapat menggolongkan berbagai alat rumah tangga yang
termasuk dalam pengungkit, bidang miring, katrol dan roda dengan benar.
3. Melalui
penjelasan guru serta percobaan yang dilakukan, siswa dapat menjelaskan manfaat
pesawat pengungkit, bidang miring, katrol dan roda dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
4. Melalui
Percobaan siswa dapat membedakan antara pengungkit, bidang miring, katrol dan
roda dengan benar.
D. Hasil Belajar.
Siswa dapat mengetahui
manfaat dan penggunaan jenis pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
E. Materi Ajar
1. Pesawat
sederhana
2. Jenis-jenis
pesawat sederhana
o Tuas
o Bidang
miring
o Katrol
o Roda
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Persiapan Pembelajaran ( 5 menit)
a. Megucapkan salam dan berdoa
b. Mengecek kehadiran siswa serta menyiapkan bahan-bahan
pelajaran pelajaran.
2. Kegiatan Awal ( 5 Menit)
Apersepsi dan Motivasi :
Ø Mengemukakan langkah-langkah apa yang akan dilakukan
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3.
Kegiatan Inti (50 Menit)
a.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Guru menjelaskan materi pelajaran dan perangkat yang akan
digunakan yaitu mengenai materi pesawat sederhana
Ø
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pertanyaan tentang hal-hal apa yang belum dimengerti, serta meminta siswa
untuk mengemukakan gagasan untuk memecahkan masalah.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
jenis pesawat sederhana
-
Tuas (pengukit)
-
Bidang miring
-
Katrol
-
Roda
F Guru membimbing siswa di dalam kelas baik secara individu maupun kelompok dalam kegiatan :
a. Mengamati masalah
yaitu guru membimbing siswa untuk mengumpulkan data atau informasi yang sesuai
dengan materi materi pesawat sederhana (pengungkit, katrol, bnidang miring, dan
roda
b. Menggolongkan
(Mengklasifikasikan) yaitu guru membimbing siswa untuk mengolong-golongkan dan
mengklasifikasikan masalah berdasarkan data dan informasi awal yang telah
ditemukan yaitu mana yang termasuk pengungikit, bidang miring, katrol dan roda
c. Menafsirkan
(menginterpretasikan) yaitu guru membimbing siswa untuk mengemukakan pemahaman
sementara tehadap materi pesawat sederhana yang terkumpul berdasarkan data dan
informasi awal, kemudian menghubungkan dalam kehidupan sehari-hari
d. Merencanakan penelitian
yaitu guru membimbing siswa untuk menyelidiki masalah (pesawat sederhana)
dengan melakukan eksperimen untuk menguatkan pemahaman awal siswa tehadap
masalah.
e. Meramalkan yaitu guru
membimbing siswa untuk meramalkan atau meyimpulkan kemungkinan yang akan
terjadi dari kegiatan menafsirkan yang telah dilakukan, yaitu berupa pemahaman
terhadap materi.
f. Menerapkan dan
mengkomunikasikan yaitu guru membimbing siswa untuk mengaplikasikan
pemahamannya dalam bersikap dan bertingkah laku serta mengkomunikasikan
pemahamanya dalam kegiatan bertanya, menjelaskan, serta laporan.
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan tes Evaluasi
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
4.Kegiatan Akhir (10
Menit)
Ø
Guru membimbing siswa untuk
menyimpulkan hasil dari proses-proses keterampilan yang mereka lakukan.
Ø Memotivasi siswa agar mengulangi pelajarannya dirumah.
F. Media dan Sumber
1. Media.
§
Alat peraga sederhana
mengenai konsep pesawat sederhana yaitu pengungkit, bidang miring, katrol dan
roda.
§
Slides Power Point
2. Sumber.
§
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) 2006 kelas V SD.
§
Buku BSE SAINS kelas 5
G. Metode
dan Pendekatan
1. Metode
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Eksperimen
·
Observasi
2. Pendekatan
Pendekatan
Keterampilan Proses
H. Penilaian.
1. Prosedur Penilaian.
ü
Penilaian Proses
ü
Penilaian Akhir (Post
test)
2. Jenis
Penilaian
ü
Lisan
ü
Tertulis
ü
Kinerja
3. Alat
penilaian.
Lembar
Evaluasi
Mengetahui,
Kepala SD N 2 Purwodadi
SUYATMO, S.Pd
NIP
: 19641211199003 1 010
|
Purwodadi, 14 April 2014
Mahasiswa PKM UT
EKO SUGIYANTO
NIM. 823681319
|
Lembar Evaluasi
A.
Pilihlah salah satu jawaban yang kamu anggap paling benar.
1.
Pesawat sederhana berguna untuk ……
a.
memudahklan pekerjaan c.
mempersingkat perjalanan
b.
mempersingkat waktu d.
menciptakan gaya
2. Alat di
bawah ini yang bukan tuas adalah ………
a.
sekrup c. sapu
b.
tang d. palu
3. Di
bawah ini yang merupakan tuas golongan pertama adalah …..
a. sekop c. palu
b.
sapu d. pembuka tutup botol
4.
Gunting kuku merupakan tuas golongan ……..
a.
pertama c. ketiga
b.
kedua d.
keemapt
5.
Pembuatan atap rumah menggunakan prinsip ……
a.
katrol c. bidang miring
b.
roda d. tuas
6. Alat
dibawah ini yang bukan menggunakan prinsip bidang miring adalah …….
a.
paku c. kampak
b.
sekrup d. gunting
7. Permukaan datar dengan salah satu ujungnya lebih tinggi daripada ujung lainnya disebut ……
a.
katrol c. tuas
b. bidang
miring d.
pengungkit
8.
berikut ini yang menggunakan katrol tetap adalah …….
a. mesin
traktor c. sumur timba
b. roda
sepeda d. sumur pompa
9.
dibawah ini adalah contoh penggunaan roda berporos, kecuali …….
a. setir
mobil c. roda sepeda
b. setir
kapal d. dongkrak
B. Untuk soal nomor 11 samapai
dengan 15 (jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas)
10. Benda yang berguna untuk memudahkan pekerjaan disebut....
11. Alat pembuka botol menggunakan prinsip kerja ....
12.
Pengungkit mempunyai tiga kedudukan penting yaitu ... , ... dan ....
13. Tangga menggunakan prinsip kerja....
14. Kerekan untuk menimba
air di sumur termasuk jenis katrol....
15. Gir pada rantai sepeda menggunakan prinsip kerja ...
Kunci Jawaban
Lembar Evaluasi
A. Soal
Pilihan ganda
1. a.
memudahkan
pekerjaan
2. a.
seikrup
3. c. palu
4. b. kedua
5. c. bidang
miring
6. d.
gunting
7. b. bidang
miring
8. c. sumur
timba
9. d.
dongkrak
B. Soal
Isian.
10. pesawat sederhana
11. tuas atau pengungkit
12. titik beban, titik kuasa, dan titik tumpu
13. bidang miring
14. katrol tetap
15. roda berporos
No comments:
Post a Comment