1. Semua yang berkaitan dengan fakta yang
diperoleh dari pengamatan dengan menggunakan berbagai indra (hasil observasi)
disebut ….
A. Estimasi
B. prediksi
C. Inteprestasi
D. Penyelidikan
Jawab:
C. Benar, karena intepretasi merupakan semua yang berkaitan dengan fakta yang diperoleh dari pengamatan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 1 KB 1 tentang Inkuiri dan Keterampilan proses Sains
A. Estimasi
B. prediksi
C. Inteprestasi
D. Penyelidikan
Jawab:
C. Benar, karena intepretasi merupakan semua yang berkaitan dengan fakta yang diperoleh dari pengamatan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 1 KB 1 tentang Inkuiri dan Keterampilan proses Sains
2. Seorang guru berupaya untuk memusatkan
perhatian siswa dengan cara menunjukkan atau mempertontonkan suatu fenomena
yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berkitan dengan topik yang
sedang dipelajari. Pada model belajar IPA atau CLIS, maka tahapan yang
diberikan guru adalah ….
A. orientasi
B. pemunculan gagasan
C. penyusunan ulang gagasan
D. penerapan gagasan
Jawab:
A. Benar, orientasi merupakan upaya guru untuk memusatkan perhatian siswa
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 2 KB tentang Model Pembelajaran
A. orientasi
B. pemunculan gagasan
C. penyusunan ulang gagasan
D. penerapan gagasan
Jawab:
A. Benar, orientasi merupakan upaya guru untuk memusatkan perhatian siswa
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 2 KB tentang Model Pembelajaran
3. Equus pada penulisan nama ilmiah Equus
cabalus dalam urutan tingkat takson
menunjukkan….
A. spesies
B. genus
C. suku
D. ordo
Jawab:
B. Benar, Equus menunjukkan genus, contoh kuda (Equus cabalus) dan keledai Equus asinus
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 3 KB 1 tentang Klasifikasi Makhluk Hidup
A. spesies
B. genus
C. suku
D. ordo
Jawab:
B. Benar, Equus menunjukkan genus, contoh kuda (Equus cabalus) dan keledai Equus asinus
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 3 KB 1 tentang Klasifikasi Makhluk Hidup
4. Mamalia air (Paus), setiap beberapa menit
sekali selalu menyembulkan kepalanya ke permukaan air untuk menghirup
udara.Kegiatan paus tersebut termasuk pada adaptasi....
A. fisiologi
B. tingkah laku
C. konvergen
D. morfologi
Jawab:
B. Benar, contoh adapatasi tingkah laku
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 3 KB 2 Adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungan
A. fisiologi
B. tingkah laku
C. konvergen
D. morfologi
Jawab:
B. Benar, contoh adapatasi tingkah laku
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 3 KB 2 Adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungan
5. Pernyataan berikut yang termasuk contoh dari adaptasi fisiologi adalah....
A. ketajaman indra pendengar kelalawar pada malam hari
B. menggulungnya daun jagung jika udara panas
C. cicak memutuskan ekornya pada saat ada bahaya
D. pohon flamboyan menggugurkan daunnya pada musim kemarau
Jawab:
A. Benar, merupakan contoh penyesuaian fungsi fisiologis organ tubuh terhadap lingkungannya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 3 KB 1 tentang Adaptasi Makhluk hidup terhadap lingkungannya
A. ketajaman indra pendengar kelalawar pada malam hari
B. menggulungnya daun jagung jika udara panas
C. cicak memutuskan ekornya pada saat ada bahaya
D. pohon flamboyan menggugurkan daunnya pada musim kemarau
Jawab:
A. Benar, merupakan contoh penyesuaian fungsi fisiologis organ tubuh terhadap lingkungannya
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 3 KB 1 tentang Adaptasi Makhluk hidup terhadap lingkungannya
6. Kebutuhan lauk pauk
yang dianjurkan dalam seporsi makanan untuk anak usia
7-9 tahun adalah....
A. 250 gram
B. 200 gram
C. 150 gram
D. 100 gram
Jawab:
D. Benar, kebutuhan akan lauk pauk adalah 100 gram dapat berupa 50 gram hewani dan 50 gram tumbuhan misalnya tempe
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 4 KB 1 tentang Kandungan Gizi dan gizi seimbang
A. 250 gram
B. 200 gram
C. 150 gram
D. 100 gram
Jawab:
D. Benar, kebutuhan akan lauk pauk adalah 100 gram dapat berupa 50 gram hewani dan 50 gram tumbuhan misalnya tempe
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 4 KB 1 tentang Kandungan Gizi dan gizi seimbang
7. Wortel yangh disimpan lama biasanya akan
menjadi busuk dan lembek. Hal ini disebabkan
oleh bakteri....
A. Erwinia
B. Straphylococcus aureus
C. Lactobacillus plantarum
D. Pseudomonas flourescens
Jawab:
A. Benar, Erwinia dapat menyebabkan wortel menjadi lembek
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 4 KB 1 Tentang Penilaian Gizi pada Makanan
A. Erwinia
B. Straphylococcus aureus
C. Lactobacillus plantarum
D. Pseudomonas flourescens
Jawab:
A. Benar, Erwinia dapat menyebabkan wortel menjadi lembek
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 4 KB 1 Tentang Penilaian Gizi pada Makanan
8. Cara pengolahan bahan makanan dapat
berpengaruh terhadap kandungan gizi. Seperti kentang yang digoreng akan
kehilangan vitamin C sebanyak...
A. 25%
B. 30%
C. 50%
D. 75%
Jawab:
A. Benar. Kentang yang digoreng akan menghilangkan vitamin C sebanyak 25%
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 4 KB 1 Penilaian gizi pada makanan Psikolinguistik dalam Pengajaran Bahasa
A. 25%
B. 30%
C. 50%
D. 75%
Jawab:
A. Benar. Kentang yang digoreng akan menghilangkan vitamin C sebanyak 25%
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 4 KB 1 Penilaian gizi pada makanan Psikolinguistik dalam Pengajaran Bahasa
9. Bagian organ
eksternal pria berupa sepasang kantung yang tersusun oleh kulit tipis
disebut....
A. testis
B. skrotum
C. epididimis
D. uretra
Jawab:
B. Benar, skrotum merupakan organ laki-laki berupa sepasang kantung tipis dan fascia superfisial
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 1 Anatomi dan fisiologi reproduksi manusia
A. testis
B. skrotum
C. epididimis
D. uretra
Jawab:
B. Benar, skrotum merupakan organ laki-laki berupa sepasang kantung tipis dan fascia superfisial
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 1 Anatomi dan fisiologi reproduksi manusia
10. Bagian dari
testis yang berfungsi menghasilkan sperma
adalah...
A. sel sustentakeler
B. tubulus seminiferus
C. sel endokrin interstitial
D. tunica albuginea
Jawab:
B. Benar, penghasil sperma adalah tubulus seminiferus
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB1 tentang Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia
A. sel sustentakeler
B. tubulus seminiferus
C. sel endokrin interstitial
D. tunica albuginea
Jawab:
B. Benar, penghasil sperma adalah tubulus seminiferus
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB1 tentang Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia
11. Bagian ovarium yang berfungsi menghasilkan
hormon progesteron, estrogen dan relaksin adalah...
A. folikel graff
B. corpus lutium
C. ephithelium germinatum
D. stroma
Jawab:
B. Benar, sebagai penghasil hormon progesteron, estrogen dan relaksin
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB1 tentang Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia
A. folikel graff
B. corpus lutium
C. ephithelium germinatum
D. stroma
Jawab:
B. Benar, sebagai penghasil hormon progesteron, estrogen dan relaksin
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB1 tentang Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia
12. Suatu kelainan seksual dimana untuk memperoleh kepuasan
seksual dengan melihat penderitaan fisik maupun mental orang lain melalui
penderitaan dirinya sendiri disebut....
A. sadismus
B. bestiality.
C. masochismus
D. masturbasi.
Jawab:
C. Benar, kelainan seksual ini menyakiti orang lain dan dirinya sendiri
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 1, tentang Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia
A. sadismus
B. bestiality.
C. masochismus
D. masturbasi.
Jawab:
C. Benar, kelainan seksual ini menyakiti orang lain dan dirinya sendiri
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 1, tentang Anatomi dan Fisiologi reproduksi manusia
13. Suatu pita berbentuk spiral yang ada dalam kromosom disebut
....
A. kromomer
B. kromonema
C. sentromer
D. telomer
Jawab:
B. Benar,kromonema merupakan pita yang berbentuk spiral dalam kromosom
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 2 Penurunan sifat manusia
A. kromomer
B. kromonema
C. sentromer
D. telomer
Jawab:
B. Benar,kromonema merupakan pita yang berbentuk spiral dalam kromosom
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 2 Penurunan sifat manusia
14. Perkawinan bunga
warna merah dengan putih di mana keduanya tidak merupakan sifat dominan
resisif, maka akan menghasilkan perbandingan fenotip F2 adalah....
A. 1:2:1
B. 3:1
C. 9:3:3:1
D. 1:1:1:1
Jawab:
A. Benar, merupakan perbandingan F2 dari sifat intermediet
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 2 tentang Penurunan sifat pada manusia
A. 1:2:1
B. 3:1
C. 9:3:3:1
D. 1:1:1:1
Jawab:
A. Benar, merupakan perbandingan F2 dari sifat intermediet
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 2 tentang Penurunan sifat pada manusia
15. Proses pengontrolan kelahiran yang dilakukan dengan cara pengangkatan uterus disebut....
A. kastrasi
B. oophorektomi
C. histerektomi
D. vasektomi
Jawab:
C. Benar, yaitu pengontrolan kelahiran dengan cara mengangkat uterus
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 3 tentang Pendidikan Keluarga Sejahtera dan Bahagia
A. kastrasi
B. oophorektomi
C. histerektomi
D. vasektomi
Jawab:
C. Benar, yaitu pengontrolan kelahiran dengan cara mengangkat uterus
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 5 KB 3 tentang Pendidikan Keluarga Sejahtera dan Bahagia
16. Oncom merupakan produk bioteknologi sederhana dengan
cara memfermentasikan bungkil kacang tanah dengan jamur....
A. A.oryzae
B. Mucor javanicus
C. Neurospora
D. Saccharomyces cerevicae
Jawab:
C. Benar, merupakan jamur dalam pembuaan oncom
Pembahasan:
A. A.oryzae
B. Mucor javanicus
C. Neurospora
D. Saccharomyces cerevicae
Jawab:
C. Benar, merupakan jamur dalam pembuaan oncom
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 1 KB1
Pengenalan bioteknologi sederhana
17. Bentuk energi
yang hanya ada sebagai energi tersimpan yang bisa lepas
akibat interaksi partikel dengan atau di dalam inti atom disebut sebagai
energi....
A. kimia
B. nuklir
C. Elektromagnetik
D. mekanik
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7 KB1 tentang Sumber Energi
A. kimia
B. nuklir
C. Elektromagnetik
D. mekanik
Jawab:
B. Benar
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7 KB1 tentang Sumber Energi
18. Dalam sebuah
pengantar mengalir muatan sebesar 50 coulomb selama 4 detik. Berapa besarnya arus yang mengalir dalam pengantar tersebut?
A. 50 ampere
B. 25 ampere
C. 12,5 ampere
D. 10 ampere
Jawab:
C. Benar, dimana q = 50C, t = 4 detik, maka besarnya arus (I) adalah I=q/t atau 50/4 = 12,5
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7 KB2 tentang Listrik dan Rangkaian Sederhana
A. 50 ampere
B. 25 ampere
C. 12,5 ampere
D. 10 ampere
Jawab:
C. Benar, dimana q = 50C, t = 4 detik, maka besarnya arus (I) adalah I=q/t atau 50/4 = 12,5
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 7 KB2 tentang Listrik dan Rangkaian Sederhana
19. Untuk meningkatkan nilai efisiensi nitrogen, mereduksi
penyakit pada hewan ruminansia dan mengontrol kelembaban kotoran hewan biasanya
peternak menggunakan ….
A. zeolit
B. benzoit
C. pasir putih
D. gibsum
Jawab:
A. Benar, karena zeolit juga dapat mengontrol kandungan amonia kotoran hewan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 8 KB1 tentang bahan-bahan di sekitar kita
A. zeolit
B. benzoit
C. pasir putih
D. gibsum
Jawab:
A. Benar, karena zeolit juga dapat mengontrol kandungan amonia kotoran hewan
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 8 KB1 tentang bahan-bahan di sekitar kita
20. Tanaman yang
dapat digunakan sebagai pengobatan kencing batu karena sifatnya yang diuretic
adalah...
A. kemangi.
B. kunyit.
C. keji beling.
D. tanaman kecubung.
Jawab:
C. Benar, keji beling digunakan sebagai obat kencing batu .
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 8 KB 2 tentang Pemanfaatan tumbuhan
A. kemangi.
B. kunyit.
C. keji beling.
D. tanaman kecubung.
Jawab:
C. Benar, keji beling digunakan sebagai obat kencing batu .
Pembahasan:
Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 8 KB 2 tentang Pemanfaatan tumbuhan
21. Pernyataan
berikut ini merupakan keterampilan proses
1. observasi dan inferensi
2. pengukuran dan estimasi
3. komunikasi dan interprestasi
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 semua merupakan keterampilan proses, selain itu juga prediksi, berhipotesis, pengendalian variabel dan eksperimen
1. observasi dan inferensi
2. pengukuran dan estimasi
3. komunikasi dan interprestasi
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 semua merupakan keterampilan proses, selain itu juga prediksi, berhipotesis, pengendalian variabel dan eksperimen
22. Seorang siswa
melakukan penelitian tentang "Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap
Pertumbuhan Tanaman" Dilakukan dengan meletakkan tanaman A pada tempat
dengan intensitas cahaya yang bervariasi yaitu pada intensitas yang rendah dan
pada intensitas yang tinggi. Setiap tanaman diberikan perlakukan yang sama
seperti jenis tanaman, jenis tanah yang digunakan dan ukuran pot. Pertanyaan
yang benar tentang pernyataan di atas adalah....
1. variabel kontrol : jenis tanah
2. variabel terikat : pertumbuhan tanaman
3. variabel bebas : cahaya
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar. Variabel control merupakan variabel yang tidak diubah, seperti jenis tanah dan ukuran pot. Variabel terikat adalah kondisi yang mungkin dipengaruhi atau dikenai akibat perubahan. Variabel bebas merupakan suatu faktor atau kondisi dalam sebuah eksperimen yang secara khusus diubah oleh seorang peneliti
1. variabel kontrol : jenis tanah
2. variabel terikat : pertumbuhan tanaman
3. variabel bebas : cahaya
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar. Variabel control merupakan variabel yang tidak diubah, seperti jenis tanah dan ukuran pot. Variabel terikat adalah kondisi yang mungkin dipengaruhi atau dikenai akibat perubahan. Variabel bebas merupakan suatu faktor atau kondisi dalam sebuah eksperimen yang secara khusus diubah oleh seorang peneliti
23. Fokus dalam Literasi Sains (PISA) tahun 2006 adalah
literasi....
1. sains
2. tehnologi komputer
3. problem solving
Jawab:
Jawaban no 1, 2 dan 3 adalah benar. Semua jawaban meruapakan literasi yang difokuskan pada literasi sains (PISA) 2006
1. sains
2. tehnologi komputer
3. problem solving
Jawab:
Jawaban no 1, 2 dan 3 adalah benar. Semua jawaban meruapakan literasi yang difokuskan pada literasi sains (PISA) 2006
24. Pernyataan
berikut ini merupakan penilaian literasi sains....
1. tidak ditujukan untuk membedakan siswa literat atau tidak
2. merupakan proses yang kontinue dan terus menerus berkembang sepanjang hidup manusia
3. hanya melihat adanya benih-benih literasi dalam diri siswa
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar, semua meruapakan pernyataan tentang literasi sains
1. tidak ditujukan untuk membedakan siswa literat atau tidak
2. merupakan proses yang kontinue dan terus menerus berkembang sepanjang hidup manusia
3. hanya melihat adanya benih-benih literasi dalam diri siswa
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar, semua meruapakan pernyataan tentang literasi sains
25. Model pembelajaran yang dilandasi kontruktivisme
adalah...
1. model siklus belajar
2. model pembelajaran generatif
3. model pembelajaran interaktif
Jawab:
Jawaban semua benar, model pembelajaran yang dilandasi kontruktivisme selain 3 model tersebut juga model CLIS dan model strategi pembelajaran kooperatif
1. model siklus belajar
2. model pembelajaran generatif
3. model pembelajaran interaktif
Jawab:
Jawaban semua benar, model pembelajaran yang dilandasi kontruktivisme selain 3 model tersebut juga model CLIS dan model strategi pembelajaran kooperatif
26. Aktivitas siswa
dalam fase klarifikasi pada saat pembelajaran kontruktivisme adalah....
1. siswa merumuskan kembali pengetahuan tentang konsep yang sedang dipelajari
2. siswa secara berkelompok mendiskusikan rencana penyelidikan
3. siswa berkelompok melakukan penyelidikan untuk menguji rencananya
Jawab:
Jawaban semua benar, semua merupakan aktivitas dalam fase klarifikasi
1. siswa merumuskan kembali pengetahuan tentang konsep yang sedang dipelajari
2. siswa secara berkelompok mendiskusikan rencana penyelidikan
3. siswa berkelompok melakukan penyelidikan untuk menguji rencananya
Jawab:
Jawaban semua benar, semua merupakan aktivitas dalam fase klarifikasi
27. Kriteria yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan model pembelajaran terpadu berkenaan
dengan perkembangan anak adalah....
1. karakteristik mata pelajaran
2. lingkungan sebagai sarana belajar
3. kebutuhan anak
Jawab:
no 1,2 dan 3 adalah benar, masing-masing kriteria memberikan sumbangan tersendiri
1. karakteristik mata pelajaran
2. lingkungan sebagai sarana belajar
3. kebutuhan anak
Jawab:
no 1,2 dan 3 adalah benar, masing-masing kriteria memberikan sumbangan tersendiri
28. Pernyataan
berikut ini merupakan tujuan dilakukannya klasifikasi
makhluk hidup
1. untuk mengetahui hubungan kekerabatan makhluk hidup
2. memudahkan dalam mempelajari organisme yang beranekaragam
3. mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan cirinya agar mudah dikenali
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar. Salah satu tujuan utama dari klasifikasi adalah untuk memudahkan kita dalam mempelajari organisme yang ada di alam ini, selain itu mengetahui hubungan kekerabatan yang dimiliki oleh mahkluk hidup, misalnya kucing memiliki kekerabatan yang lebih dekat dengan harimau dibandingkan dengan biawak, karena berdasarkan persamaan ciri sama-sama melahirkan anak, menyusui dan bertulang belakang
1. untuk mengetahui hubungan kekerabatan makhluk hidup
2. memudahkan dalam mempelajari organisme yang beranekaragam
3. mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan cirinya agar mudah dikenali
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar. Salah satu tujuan utama dari klasifikasi adalah untuk memudahkan kita dalam mempelajari organisme yang ada di alam ini, selain itu mengetahui hubungan kekerabatan yang dimiliki oleh mahkluk hidup, misalnya kucing memiliki kekerabatan yang lebih dekat dengan harimau dibandingkan dengan biawak, karena berdasarkan persamaan ciri sama-sama melahirkan anak, menyusui dan bertulang belakang
29. Pernyataan
berikut ini adalah benar tentang proporsi kelompok sayur-sayuran yang harus
dikonsusi berdasarkan gizi seimbang:
1. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok karbohidrat
2. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok buah
3. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok lauk pauk
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 adalah benar, proporsi sayuran berdasarkan gizi seimbang harus lebih banyak dibandingkan dengan kelompok buah dan lauk-pauk. Jawaban 1 salah, karbohidrat merupakan kelompok yang paling banyak dibandingkan kelompok buah, sayuran, lauk-pauk dan lemak.
1. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok karbohidrat
2. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok buah
3. lebih banyak dibandingkan dengan kelompok lauk pauk
Jawab:
Jawaban 2 dan 3 adalah benar, proporsi sayuran berdasarkan gizi seimbang harus lebih banyak dibandingkan dengan kelompok buah dan lauk-pauk. Jawaban 1 salah, karbohidrat merupakan kelompok yang paling banyak dibandingkan kelompok buah, sayuran, lauk-pauk dan lemak.
30. Zat warna
merupakan zat adiktif yang sering dibubuhi dalam makanan siap saji. Dampak kesehatan yang ditimbulkan oleh zat warna antara lain....
1. kerusakan otak
2. kelainan hati
3. asma
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, semua merupakan dampak yang ditimbulkan oleh zat warna
1. kerusakan otak
2. kelainan hati
3. asma
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, semua merupakan dampak yang ditimbulkan oleh zat warna
31. Pernyataan
berikut ini adalah benar tentang RNA:
1. mempunyai pita tunggal
2. mengandung gula ribose
3. berisi informasi dari satu gen
Jawab:
Jwaban 1, 2 dan 3 benar, semua jawaban merupakan ciri-ciri dari RNA
1. mempunyai pita tunggal
2. mengandung gula ribose
3. berisi informasi dari satu gen
Jawab:
Jwaban 1, 2 dan 3 benar, semua jawaban merupakan ciri-ciri dari RNA
32. Contoh penyakit keturunan dimana alel
resisif terpaut pada kromosom X adalah....
1. hemophilia
2. albino
3. fragile sindrom
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 adalah benar, merupakan penyakit keturunan dimana alel resisif terpaut pada kromosom X. Jawaban 2 salah, merupakan penyakit keturunan dimana alel resesif terpaut pada kromosom tubuh
1. hemophilia
2. albino
3. fragile sindrom
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 adalah benar, merupakan penyakit keturunan dimana alel resisif terpaut pada kromosom X. Jawaban 2 salah, merupakan penyakit keturunan dimana alel resesif terpaut pada kromosom tubuh
33. Sistem
penyimpanan energi potensial yang selanjutnya diubah menjadi energi listrik
biasanya ditemukan pada....
1. bendungan
2. pengairan
3. pembangkit tenaga air
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar
1. bendungan
2. pengairan
3. pembangkit tenaga air
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar
34. Bentuk energi
berikut ini merupakan energi terbarukan....
1. energi matahari
2. energi nuklir
3. energi angin
Jawab:
Semua jawaban adalah merupakan energi terbarukan, selain itu yang termasuk energi terbarukan yang lain adalah energi laut, energi biomassa, energi air dan energi panas bumi
1. energi matahari
2. energi nuklir
3. energi angin
Jawab:
Semua jawaban adalah merupakan energi terbarukan, selain itu yang termasuk energi terbarukan yang lain adalah energi laut, energi biomassa, energi air dan energi panas bumi
35. Pernyataan
berikut ini yang benar tentang konsep listrik
adalah....
1. terdapat dua jenis muatan yaitu positif dan negatif
2. muatan negatif yang dimiliki oleh elektron dalam suatu lintasan selalu mengelilingi inti yang bermuatan positif
3. elektron-elektron dapat keluar dari orbitnya dan bergerak dari atom ke atom lainnya sebagai elektron bebas
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar, ketiganya merupakan konsep tentang listrik
1. terdapat dua jenis muatan yaitu positif dan negatif
2. muatan negatif yang dimiliki oleh elektron dalam suatu lintasan selalu mengelilingi inti yang bermuatan positif
3. elektron-elektron dapat keluar dari orbitnya dan bergerak dari atom ke atom lainnya sebagai elektron bebas
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar, ketiganya merupakan konsep tentang listrik
36. Larutan yang
dapat digunakan sebagai indikator untuk memerahkan
lakmus biru adalah....
1. air cuka
2. air hujan
3. air sabun
Jawab:
Jawaban no 1 dan 2 adalah benar, disamping itu beberapa larutan yang bersifat asam lainnya adalah air jeruk, air tomat, air aki. Jawaban no 3 salah karena air sabun adalah basa yang akan membirukan lakmus merah
1. air cuka
2. air hujan
3. air sabun
Jawab:
Jawaban no 1 dan 2 adalah benar, disamping itu beberapa larutan yang bersifat asam lainnya adalah air jeruk, air tomat, air aki. Jawaban no 3 salah karena air sabun adalah basa yang akan membirukan lakmus merah
37. Pernyataan yang
benar tentang sampah organik adalah....
1. sampah yang berasal dari alam baik flora maupun fauna
2. tidak mudah terurai dan mempunyai sifat kering
3. dalam jumlah banyak dapat menimbulkan masalah lingkungan
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, sampah organik adalah sampah yang berasal dari flora dan fauna, meskipun dapat diurai oleh decomposer namun dalam jumlah yang banyak tetap menimbulkan masalah lingkungan seperti pencemaran bau dan sumber penyakit. Jawaban no 2 salah karena merupakan karakteristik dari sampah anorganik
1. sampah yang berasal dari alam baik flora maupun fauna
2. tidak mudah terurai dan mempunyai sifat kering
3. dalam jumlah banyak dapat menimbulkan masalah lingkungan
Jawab:
Jawaban 1 dan 3 benar, sampah organik adalah sampah yang berasal dari flora dan fauna, meskipun dapat diurai oleh decomposer namun dalam jumlah yang banyak tetap menimbulkan masalah lingkungan seperti pencemaran bau dan sumber penyakit. Jawaban no 2 salah karena merupakan karakteristik dari sampah anorganik
38. Karakteristik
limbah cair dapat diketahui menurut sifat-sifat dan karakteristik fisiknya,
antara lain dari....
1. kekeruhan
2. bau
3. temperatur
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, sifat keruh air dapat dilihat dengan mata secara langsung karena adanya partikel koloidal. Adanya zat-zat organik serta campuran dari nitrogen, sulfur dan fosfor yang berasal dari pembusukan protein yang dikandung limbah mengakibatkan dikeluarkannya gas-gas seperti sulfide yang berbau busuk. Limbah yang mempunyai temperatur tinggi akan mengganggu biota tertentu
1. kekeruhan
2. bau
3. temperatur
Jawab:
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, sifat keruh air dapat dilihat dengan mata secara langsung karena adanya partikel koloidal. Adanya zat-zat organik serta campuran dari nitrogen, sulfur dan fosfor yang berasal dari pembusukan protein yang dikandung limbah mengakibatkan dikeluarkannya gas-gas seperti sulfide yang berbau busuk. Limbah yang mempunyai temperatur tinggi akan mengganggu biota tertentu
39. Limbah kertas
dapat dimanfaatkan kembali (didaur ulang) untuk....
1. dibuat bubur pulp kembali untuk bahan kertas
2. dihancurkan sebagai bahan isolasi
3. diinsenerasi sebagai penghasil panas
Jawab:
Jawaban yang benar adalah 1, 2 dan 3, semua bahan ini dapat dimanfaatkan dari limbah kertas
1. dibuat bubur pulp kembali untuk bahan kertas
2. dihancurkan sebagai bahan isolasi
3. diinsenerasi sebagai penghasil panas
Jawab:
Jawaban yang benar adalah 1, 2 dan 3, semua bahan ini dapat dimanfaatkan dari limbah kertas
40. Etika lingkungan neo-utilitarisme adalah etika lingkungan yang
menekankan, kecuali pada
1. perjuangan hak-hak binatang
2. menekankan kehidupan sebagai standar moral
3. kebaikan untuk seluruh makhluk
Jawab:
Jawaban 1 da 2 benar bukan merupakan etika neo-utilitarisme, karena perjuangan hak-hak binatang termasuk pada etika lingkungan zoosentrisme, dan menekankan kehidupan sebagai standar moral merupakan etika lingkungan biosentrisme. Jawaban 3 benar kabaikan untuk seluruh makhluk
1. perjuangan hak-hak binatang
2. menekankan kehidupan sebagai standar moral
3. kebaikan untuk seluruh makhluk
Jawab:
Jawaban 1 da 2 benar bukan merupakan etika neo-utilitarisme, karena perjuangan hak-hak binatang termasuk pada etika lingkungan zoosentrisme, dan menekankan kehidupan sebagai standar moral merupakan etika lingkungan biosentrisme. Jawaban 3 benar kabaikan untuk seluruh makhluk
No comments:
Post a Comment