Matahari sesungguhnya selalu hadir dan ada,
Dan setiap orang terhangati olehnya.
Meskipun begitu, karena matahari tidak selamanya terlihat,
Manusia tidak mengengetahui bahwa kehangatan dan kehidupan berasal darinya.

Minggu, 22 Februari 2015

MEMBUAT JALUR LAYOUT PADA PCB DENGAN MENGGUNAKAN SOFFEL (OBAT NYAMUK OLES) PADA KERTAS HVS.


Teknik ini membuat PCB dengan cara memindahkan gambar lay out atas sebuah rangkaian dari kertas dimana anda menggambar layout/print layout ke PCB polos pada sisi tembaga. Gambar lay out atas rangkaian pada kertas A4 pindah ke PCB polos (sisi tembaga) menjadi lay out bawah. Sebetulnya yang berpindah adalah toner-toner yang membentuk gambar layout atas pada kertas, karena pengaruh pemanasan/pelunturan menggunakan obat nyamuk (soffel).

Sedang untuk membuat lay out rangkaian membutuhkan software bantu PCB DESIGNER,Cadsoft EAGLE,Proteus, Diptrace dll.

Disini saya membagi dua cara, yang pertama penggunaan obat nyamuk (SOFFEL,AUTAN dll) dan cara Disetrika. 

PERINGATAN : UNTUK PENGGUNAAN OBAT NYAMUK OLES (SOFFEL)  SEBAGIAN TATA CARA SAYA BERI TEXT BERWARNA MERAH ! 

Berikut ini adalah cara membuat layout rangkaian pada PCB dengan kertas HVS A4  :

Alat yang disediakan : 
  •  PCB Polos.
  •  Gunting, Gunting Plat (untuk memotong PCB sesuai ukuran).
  •  Setrika/Obat nyamuk oles (soffel)
  •  Ferid Clhoride (FeCl3), Positive 20 Spray, dll (untuk melarutkan tembaga).
  •  Bor PCB kecil (untuk mengebor PCB).
  •  Amplas halus (untuk menghaluskan bagian PCB sebelum di sablon dengan kertas).
  •  Uang logam (untuk menggosok).
  •  Plastik (untuk penggunaan soffel)

1) Pertama buat layout dari skema yang akan anda buat

2) Lalu print hasil layout ke atas kertas HVS biasa. setelah itu foto copy kembali karena tinta cair hasil printer akan susah menempel di bandingkan tinta bubuk hasil foto copy.

3) jika sudah siapkan wadah untuk pengguna soffel, di anjurkan beri sedikit air setidaknya jgn terlalu banyak dan aduk soffel dengan air hingga merata.


4) Potong kertas hasil fotocopyan sesuai ukuran.

5) Potong PCB polos seukuran layout. lihat pada gambar.




6) Bersihkan permukaan PCB sisi tembaga dengan amplas halus di bawah keran air. jika ingin lebih bersih anda bisa menggunakan thinner. 
PERHATIAN : jangan menggunakan sabun, karena dapat mempercepat proses korosi pada tembaga PCB !





















8) Keringkan PCB, dan siapkan setrika listrik serta alas kain atau kertas putih sebagai alas ketika disetrika. 
untuk penggunaan soffel cukup letakkan kertas di atas wadah yg berisi soffel dan beri sedikit air hingga kertas menggenang (air jangan terlalu banyak ) dan oleskan soffel ke permukaan kertas layout dan tempelkan pada tembaga PCB..

9) Letakkan PCB diatas alas kain atau kertas polos dengan sisi tembaga menghadap ke setrika. Lalu letakkan potongan kertas layout atas rangkaian pada atas PCB, dengan gambar menghadap sisi tembaga PCB. 
dan pengguna soffel dapat menaruh kertas yang basah tadi di atas PCB pada permukaan tembaganya.

10) Lapisi bagian atas potongan kertas dengan kain atau kertas putih. Agar sewaktu disetrika, gambar pada potongan kertas tidak menempel pada setrika. 

pengguna soffel dapat melapisi bagian atas kertas dengan plastik, agar kertas yang basah tidak rusak ketika di gosok dengan uang logam.

11) Tekan setrika di atas tumpukan PCB sekitar 15-20 menit, gambar lay out atas, dan kain (kertas putih). Ini dilakukan agar gambar menempel pada sisi tembaga PCB. 
bagi pengguna soffel gosok-gosok pcb yg dilapisi  plastik menggunakan koin/ uang logam hingga 10 menit.




















12) Gosok setrika hingga merata pada seluruh permukaan PCB, khususnya bagian tepi PCB selama lebih kurang 15-20 menit.

13) Setelah disetrika rendam PCB dan diamkan PCB hingga temperatur suhunya kembali normal, menggunakan air panas di atas wadah.





















14) Masukkan PCB ke dalam air, rendam di dalam air dan hati-hati karena air hangat, perendaman lebih kurang 10 hingga 15 menit sampai kertas hampir hancur. untuk pengguna soffel tidak perlu di rendam.

15) Cabut atau lepaskan kertas yang menempel pada PCB. Bersihkan bagian jalur yang masih bersinggungan atau lubang kaki komponen dengan cara digosok-gosok secara hati-hati dan jangan ada jalur yang terputus.untuk pengguna soffel dapat langsung melepas kertas dengan perlahan dan jangan ada jalur yang terputus serta hasilnya pun lebih cepat jadi.
















16) Siapkan wadah berisi air hangat untuk Ferid Klorid yang di campur dengan air. untuk ukuran banyaknya ferid tergantung banyaknya air dan PCB yang akan dilarutkan dan cukup diperkirakan saja, semakin banyak ferid klorid maka semakin cepat proses pelarutan tembaga.




17)Setelah kertas putih di lepas dari PCB celupkan PCB ke dalam larutan Ferid Klorid. lalu goyang2kan wadah hingga merata sampai warna tembaga PCB menjadi merah muda. berarti tembaga pada PCB sudah larut.

 

18) Setelah itu hasilnya akan terlihat, dan PCB yang terdapat kertas HVS bekas sablon tidak akan larut karena terhalang kertas sablonan tersebut.



19) Ketika tembaga disekitar PCB terlihat sudah larut, langkah selanjutnya adalah membersihkan sisa-sisa kertas dari proses sablon. menggunakan air dan gosok-gosok menggunakan amplas halus atau tangan hasil proses terlihat pada gambar diatas.

20) Tambahan !!! agar Lapisan PCB tidak mudah berkarat dan terlihat mengkilap oleskan menggunakan serbuk plitur atau biasa disebut gondorukem atau arpus ataupun siongka yang dilarutkan dengan thinner atau bensin apabila ingin berwarna hijau biru merah dll campurkan cat PCB dan Oleskan. berikut contoh gambar.



21) Setelah selesai BOR PCB dengan BOR kecil khusus PCB.
22) JANGAN LUPA BERI KOMENTAR PADA KOLOM BLOG INI ^_^
23) SELESAI ....  SALAM eko-sg.blogspot.com