Matahari sesungguhnya selalu hadir dan ada,
Dan setiap orang terhangati olehnya.
Meskipun begitu, karena matahari tidak selamanya terlihat,
Manusia tidak mengengetahui bahwa kehangatan dan kehidupan berasal darinya.

Sabtu, 22 Oktober 2011

Apa sebenarnya hubungan tanggal lahir kita dengan zodiak?


[Catatan awal: tulisan ini tentang western zodiac (yang lebih mengacu pada tropical zodiac a.k.a sidereal zodiac) yang masih belum memasukkan Ophiucus dalam daftar zodiak.]
Saya yakin teman-teman sudah kenal apa yang namanya zodiak. Kita semua pasti memiliki yang namanya zodiak, terlepas kita peduli atau tidak dengan yang namanya zodiak. Zodiak sangat berkaitan erat dengan tanggal lahir seseorang karena zodiak ditetapkan berdasarkan tanggal lahir kita. Apakah zodiak mempengaruhi karakter seseorang? Wah maaf sekali saya bukanlah seorang dukun ataupun pakar strologi jadi saya tidak bisa menjawab pertanyaan tsb. Yang akan saya bahas hanyalah hubungan tanggal lahir seseorang dengan zodiak yang dimiliki (secara matematika astronomi)? Kenapa orang yang lahir tanggal 16 Juli bisa memiliki zodiak Cancer?
Sebenarnya zodiak tidak hanya termasuk dalam ranah astrologi saja tetapi zodiak juga termasuk dalam ranah astronomi, hal ini tergantung bagaimana kita memandang zodiak tsb. Tetapi banyak orang yang beranggapan kalau kita membicarakan zodiak maka berarti kita telah memasuki ranah astrologi. Secara singkat saya cantumkan definisi astrologi dan astronomi yang saya ambil dari wikipedia.
Pertama mari kita lihat definisi astrologi dan astronomi:
  1. Astrologi: ilmu yang menerjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planetseperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari.
  2. Atau secara singkatnya astrologi adalah ilmu yang mengasumsikan bahwa takdir manusia dapat dikaitkan dengan letak benda-benda astronomis di langit
  3. Astronomi: ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.
Definisi astrologi dan astronomi tsb saya ambil mentah-mentah dari wikipedia.
Sekarang kita kembali ke masalah zodiak, apakah zodiak tsb? Zodiak sebenarnya merujuk pada konstelasi (gugus bintang) yang ada di angkasa. Tetapi saya tidak akan berbagi secara detail tentang apa definisi zodiak. Sesuai judul tulisan ini “Kenapa kita memiliki zodiak?” maka saya akan berbagi
bagaimana sebenarnya hubungan antara tanggal lahir dengan zodiak yang bersesuaian?
Seperti sudah saya sebutkan bahwa zodiak merujuk pada gugus bintang di langit, pembagian gugus bintang di langit ini dilakukan sepanjang eliptik *(“lintasan” semu matahari) dan pembagian dimulai dari vernal equinox (perpotongan antara ekliptik dan garis khatulistiwa bola langit). Oleh ilmuwan jaman Babilonia lingkaran eliptik dibagi menjadi 12 wilayah ** dengan ukuran sama, yaitu:
  1. Aries: 0^o \le \lambda < 30^o
  2. Taurus : 30^o \le \lambda < 60^o
  3. Gemini: 60^o \le \lambda < 90^o
  4. Cancer: 90^o \le \lambda < 120^o
  5. Leo: 120^o \le \lambda < 150^o
  6. Virgo: 150^o \le \lambda < 180^o
  7. Libra: 180^o \le \lambda < 210^o
  8. Scorpio: 210^o \le \lambda < 240^o
  9. Sagitarius: 240^o \le \lambda < 270^o
  10. Capricorn: 270^o \le \lambda < 300^o
  11. Aquarius: 300^o \le \lambda < 330^o
  12. Pisces: 330^o \le \lambda < 360^o
Nah seperti yang pernah saya tulis di sini, pada tanggal 21 Maret matahari berada pada vernal equinox sehingga longitude-nya 0^o (\lambda = 0^o). Oleh karena itulah orang yang lahir pada tanggal 21 Maret memiliki zodiak Aries. Untuk mengetahui zodiak pada tanggal-tanggal yang lain kita bisa menghitung besar \lambda seperti yang pernah saya tulis di sini, yaitu:
w (longitude)=(selisih hari tanggal bersangkutan dengan 21 Maret) x 0,986o
Kenapa orang yang lahir tanggal 16 Juli memiliki zodiak Cancer?.
Pertama kita harus menghitung besar longitude matahari pada tanggal 16 Juli, yaitu:
(1) Selisih 16 Juli dengan 21 Maret adalah 117 hari
(2) Longitude (w) = 117 x 0,986o = 115,362o
Nah karena pada tanggal 16 Juli matahari memiliki longitude sebesar 115,362omaka orang yang lahir tanggal 16 Juli akan memiliki zodiak Cancer, yaitu karena 115,362o terletak dalam selang 90^o \le \lambda < 120^o
Jadi hubungan antara tanggal lahir seseorang dengan zodiak tertentu sebenarnya karena jika dilihat dari bumi maka penampakan posisi matahari di langit senantiasa berpindah dari satu gugus bintang yang satu ke gugus bintang lain sesuai dengan fungsi waktu (perubahan hari). Maksud perubahan posisi sesuai dengan fungsi waktu adalah karena logitude matahari senantiasa berubah seiring dengan pergantian hari, nah longitude ini adalah salah satu hal yang menunjukkan posisi matahari di langit. Perubahan penampakan posisi matahari di langit disebabkan oleh adanya inklinasi bumi sehingga pergerakan revolusi bumi tidak “tetap” (hal ini pernah saya tulis di sini)
*************
Keterangan:
*) :
Eliptik bukanlah lintasan matahari mengelilingi bumi melainkan perbedaan posisi matahari di langit relatif terhadap bumi yang berubah sekitar 1^o setiap hari sehingga dalam waktu satu tahun akan membentuk 360^o alias satu lingkaran penuh.
**) :
Sebenarnya gugus bintang tidak hanya 12, melainkan 13 yaitu gugus Ophiucus (yang baru-baru ini heboh disebut sebagai zodiak ke-13) tetapi padawestern zodiac (yang mengacu pada tropical zodiac atau sidereal zodiac) gugus ini tidak dipakai salah satu alasannya adalah matahari hanya berada pada gugus ini selama 18 hari. Semoga suatu saat saya bisa menulis tentang Ophiucus.