Saturday, May 14, 2016

Contoh Soal Ujian UT PGSD PDGK4403 Pendidikan Anak di SD

1.      Sunaryo Kartadinata mengemukakan bahwa pendidikan SD adalah....
A. proses membawa manusia dari apa adanya kepada bagaimana seharusnya
B. suatu proses menumbuhkembangkan eksistensi peserta didik yang memasyarakat dan membudaya dalam tata kehidupan yang berdimensi lokal, nasional, dan global
C. pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan yang tetap di dalam kebiasaan, pemikiran, sikap, dan tingkah laku
D. pemberian informasi pengetahuan dan pembentukan keterampilan yang meliputi usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan dan kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan
Jawab:
A. Benar, karena merupakan pengertian yang dikemukakan oleh Sunaryo Kartadinata

2.      Salah satu tujuan pendidikan di SD adalah memberikan kemampuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai tingkat perkembangannya, yakni dengan cara....
A. memberikan materi yang sama kepada seluruh siswa, karena tingkat perkembangan setiap siswa sama
B. menyiapkan anak dengan berbagai pengetahuan agar bisa diterima oleh masyarakat
C. memberikan dasar-dasar pengetahuan membaca, menulis, dan membaca agar anak tidak dianggap bodoh oleh masyarakat
D. menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar yang berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah
Jawab:
D. Benar, karena merupakan tujuan pendidikan di SD

3.      Fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga masyarakat dan warga negara adalah....
A. membentuk dan meningkatkan kualitas kepribadian individu menjadi kreatif, mandiri, tanggung jawab, ulet, dan tekun
B. membentuk siswa menjadi warga yang baik sesuai dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan hukum yang berlaku
C. mewariskan budaya dari generasi satu ke generasi berikutnya
D. memberi berbagai kemampuan, sikap, serta keterampilan kepada siswa untuk menjadi manusia yang produktif bagi kehidupan dirinya
Jawab:
B. Benar, karena merupakan fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga masyarakat dan warga Negara

4.      Salah satu prinsip pendidikan di SD menurut Sunaryo Kartadinata adalah....
A. inti dari budaya pendidikan di Era Indonesia Baru adalah terwujudnya pendidikan yang menempatkan anak didik sebagai titik sentral
B. perkembangan adalah proses yang tak pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses sepanjang hayat
C. setiap pendidikan dan proses pembelajaran pada khususnya akan selalu berhadapan dengan individu yang sedang berkembang
D. prinsip dan hukum-hukum perkembangan individu harus menjadi titik tolak pendidikan
Jawab:
B. Benar, karena merupakan prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh Sunaryo Kartadinata

5.      Contoh perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan tahap sensorimotor menurut Piaget adalah anak mampu untuk....
A. meniru perilaku orang yang berada di sekelilingnya
B. mengurutkan cerita sesuai kejadian
C. mencari penyelesaian masalah setelah menganalisis dan membuat hipotesis sederhana
D. mengambil, memutar, menjatuhkan, dan melempar mainannya
Jawab:
D. Benar, karena merupakan contoh perkembangan kognitif anak pada tahap sensorimotor

6.      Pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar adalah....
A. kondisi di dalam diri seseorang yang memungkinkannya mencapai kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus
B. kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud
C. kemampuan untuk melakukan suatu tugas tanpa tergantung pada banyak latihan
D. kondisi dimana kemampuan sesorang muncul akibat latihan terus menerus
Jawab:
B. Benar, karena merupakan pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar

7.      Salah satu faktor yang dapat menentukan perwujudan bakat adalah faktor dalam diri anak, yaitu keadaan yang berkaitan dengan....
A. dukungan keluarga
B. minat anak
C. dukungan masyarakat
D. minat orang tua
Jawab:
B. Benar, karena minat anak merupakan faktor dalam diri anak yang menentukan perwujudan bakat

8.      Contoh kreativitas yang biasa ditemukan pada anak SD adalah....
A. Adi dapat menyusun puzzle yang terdiri dari 8 keping
B. Chika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan kelas
C. Tony mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk lain
D. Desi mampu menyebutkan nama-nama binatang dalam bahasa Inggris
Jawab:
C. Benar, karena merupakan contoh kreativitas

9.      Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat melalui hal berikut, yaitu orang yang....
A. tingkat intelegensinya tinggi pasti kreatif
B. tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif
C. kreatif harus memiliki tingkat intelegensi yang tinggi
D. kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensia yang tinggi
Jawab:
D. Benar, karena orang yang kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensi yang tinggi

10.  Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui....
A. memberikan pertanyaan yang mengembangkan kemampuan berpikir konvergen
B. menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
C. meminta anak untuk memecahkan masalah kelompok di tempat duduk masing-masing
D. mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa
Jawab:
B. Benar, karena dengan menggabungkan antara pemikiran konvergen dengan divergen, siswa akan lebih terasah untuk mencari alternatif jawaban terhadap suatu persoalan

11.  Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang diungkapkan oleh Goleman (1998) adalah....
A. kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lain
B. dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungannya
C. aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta hubungan antara suatu proses pemikiran dengan lingkungan
D. kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sebenarnya dengan cara menahan diri kita
Jawab:
A. Benar, karena merupakan pengertian kecerdasan emosional

12.  Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....
A. mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
B. menjaga hubungan dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannya
C. mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan seseorang agar dapat mencapai keseimbangan
D. membaca tanda-tanda non verbal dan mengerti perasaan dan emosi orang lain sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan orang lain
Jawab:
A. Benar, karena merupakan cara memotivasi diri sendiri

13.  Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan moral anak berada pada tahap prakonvensional adalah anak....
A. yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baik
B. cenderung berperilaku dengan cara mengatur permintaan sosial
C. cenderung berdasarkan penilaian atas berbagai situasi dan masyarakat
D. menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya
Jawab:
D. Benar, karena merupakan ciri pada tahap prakonvensional

14.  Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui disiplin adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....
A. melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosial
B. anak akan mengembangkan kata hatinya dalam membuat keputusan
C. anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola perilaku lain tidak diterima
D. melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
Jawab:
D. Benar, karena merupakan kebutuhan anak untuk merasa aman

15.  Pengajaran tentang hal yang baik dan buruk serta alasan mengapa pola perilaku diterima sementara yang lain tidak diterima sehingga anak memiliki konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari disiplin yang dikemukakan oleh Hurlock, yaitu....
A. penghargaan
B. hukuman
C. alat untuk membentuk moral
D. konsistensi
Jawab:
C. Benar, karena hal tersebut merupakan hal penting dari disiplin sebagai alat untuk membentuk moral

16.  Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman....
A. setiap kali anak melakukan kesalahan
B. disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
C. fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi
D. dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu
Jawab:
B. Benar, karena hendaknya orang tua menjelaskan alasan mengapa anak diberikan hukuman

17.  Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi anak usia SD dengan cara....
A. memberikan hafalan doa harian kepada anak
B. menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing
C. memperkenalkan berbagai hari besar keagamaan kepada anak
D. meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa
Jawab:
D. Benar, karena anak dijelaskan tentang manfaat dari berdoa

18.  Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Makna dari pernyataan ini adalah untuk....
A. membuat anak mengerti mengenai perilaku yang diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnya
B. melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosial
C. melatih anak mempunyai peran dan memahami peran yang ada di lingkungan sekitarnya
D. membuat anak memiliki penyesuaian diri dan diterima sebagai anggota kelompok sosialnya
Jawab:
C. Benar, karena merupakan makna dari bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan

19.  Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD menurut Hurlock adalah....
A. acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
B. kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di tempat umum
C. anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebih
D. menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan salah satu karakteristik kelompok teman sebaya yang tujuannya untuk menjaga kerahasiaan kelompok
20.   Salah satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak dari lingkungan kelompok sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....
A. anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknya
B. kecenderungan anak untuk mudah merasa sakit hati dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai permusuhan
C. kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentu
D. kemampuan untuk memahami arti dari situasi social
Jawab:
C. Benar, karena merupakan pola perilaku diskriminasi social

21.  Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia SD dari segi orang tua dapat terlihat melalui....
A. mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan jenis kelaminnya
B. keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni
C. penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang laki-laki yang lebih banyakdi bidang olah raga
D. perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan
Jawab:
D. Benar, karena merupakan faktor yang mempengaruhi peran gender anak usia SD dari segi pengaruh orang tua


22.  Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan kurang, koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....
A. obesitas
B. malnutrisi
C. kekurangan makanan
D. kekurangan waktu istirahat
Jawab:
A. Salah, karena bukan merupakan cirri-ciri anak yang mengalami obesitas

23.  Berikut ini yang merupakan akibat dari kekurangan gizi terhadap perkembangan emosional anak, yaitu....
A. kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel atau mudah marah
B. kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu
C. anak yang kurang gizi akan menjadi sulit berkonsentrasi mengikuti pelajaran
D. kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan otak
Jawab:
A. Benar, karena kekurangan gizi menghasilkan masalah emosionalitas pada anak

24.  Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....
A. terpenuhinya kebutuhan fisik
B. dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya
C. meningkatkan harga diri
D. terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman
Jawab:
B. Benar, karena terpenuhinya kebutuhan aktualisasi diri ditandai dengan keadaan dimana manusia mampu menggunakan seluruh bakat dan potensinya serta tidak ada kepribadian yang menyimpang

25. Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan aktualisasi diri pada anak SD adalah....
A. Tania selalu diantar dan dijemput oleh ibunya ke sekolah
B. Fery merupakan anak yang lambat dalam belajar
C. Tasya merupakan salah satu anak yang sangat berbakat di bidang seni
D. Kenzo tidak mau pergi ke sekolah karena selalu diganggu oleh kakak kelasnya
Jawab:
C. Benar, karena contoh C tesebut merupakan contoh aktualisasi diri

26. Siswa diberikan tugas-tugas yang dapat menantang keterampilan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten, merupakan salah satu motivasi intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa....
A. tantangan
B. rasa ingin tahu
C. kontrol
D. fantasi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan motivasi intrinsik berupa tantangan

27. Pengertian belajar yang dikemukakan oleh Santrock dan Yusen adalah....
A. perubahan perilaku akibat suatu pengalaman tertentu
B. proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku dan pribadi
C. perubahan tingkah laku yang relatif permanen yang terjadi karena pengalaman
D. pengalaman yang menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada seseorang
Jawab:
A. Salah, karena merupakan definisi belajar menurut Anita E. Woolfolk

28. Berikut ini merupakan prinsip-prinsip belajar, yaitu....
A. belajar dapat membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia utuh
B. belajar sebagai proses terpadu harus memposisikan anak sebagai titik sentral
C. aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus membuat anak terlibat sepenuh hati
D. belajar hanya dapat dilakukan secara individual dan tidak kompetitif
Jawab:
C. Benar, karena hal tersebut merupakan prinsip belajar

29. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak dari segi proses adalah....
A. masukan dasar yang menggambarkan kondisi individual anak dengan segala karakteristik fisik dan psikisnya
B. interaksi antara masukan dasar, masukan instrumental, dan masukan lingkungan terhadap aktivitas belajar anak
C. perubahan tingkah laku yang diharapkan terjadi pada anak setelah anak melakukan aktivitas belajar
D. masukan instrumental yang mencakup guru, kurikulum, materi dan metode, serta sarana dan fasilitas
Jawab:
B. Benar, karena merupakan faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak di sekolah dari segi proses

30. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kesulitan belajar anak yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....
A. Joni mendapat nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika
B. Danisa tidak mampu menyelesaikan soal perkalian karena pada saat guru menjelaskan, Danisa tidak masukkarena sakit
C. Indah selalu lambat dan tertinggal oleh teman-temannya dalam mengerjakan tugas-tugas belajar di kelas
D. Septi tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia karena sedang mengikuti perlombaan menyanyi mewakili sekolahnya
Jawab:
C. Benar, karena merupakan contoh indikator kesulitan belajar anak
\
31. Salah satu fungsi pendekatan pembelajaran bagi guru yang dikemukakan oleh Sarwono adalah fungsi deskripsi, yaitu suatu teori harus....
A. memberikan penjelasan tentang suatu fenomena yang kompleks menjadi penjelasan yang rasional dan mudah dipahami
B. menguji fenomena terkini dan mengembangkan teori yang baru
C. dapat memperkirakan terjadinya sesuatu atas dasar peristiwa sebelumnya
D. menggambarkan sesuatu yang terjadi dalam lingkungan apa adanya, tanpa dibuat-buat
Jawab:
D. Benar, karena merupakan fungsi deskripsi

32. Hakikat belajar menurut eksperiential learning adalah....
A. proses pembelajaran dimana anak berinteraksi secara langsung dengan realitas yang dipelajarinya
B. kemampuan memanipulasi struktur atau bunyi bahasa
C. kepekaan terhadap logika, kausalitas, fungsi, dan abstraksi
D. kemampuan mengamati ruang dan visual secara akurat serta melakukan transformasi terhadap persepsi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan hakikat belajar menurut eksperiential learning

33. Dewi mampu mengenali suasana hatinya dan mampu beradaptasi ketika berada pada lingkungan baru. Hal ini merupakan contoh penerapan multiple intelligence di SD, yaitu kecerdasan....
A. interpersonal
B. kinestetik
C. Matematika-logika
D. intrapersonal
Jawab:
D. Benar, karena kecerdasan intrapersonal merupakan pengetahuan tentang diri dan bertindak secara adaptif atas dasar pengetahuan

34. Salah satu bentuk pengembangan pendidikan SD secara vertikal adalah....
A. program pendidikan khusus bagi rumpun sekolah dasar luar biasa
B. pengembangan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan
C. upaya penampungan anak-anak yang putus sekolah
D. model pendidikan yang terintegrasi
Jawab:
B. Benar, karena merupakan pengembangan pendidikan secara vertical

35. Di dalam prinsip perencanaan inovasi pendidikan, terdapat tiga jenis hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan, yaitu kecuali hubungan....
A. reaktif
B. proaktif
C. responsif
D. interaktif
Jawab:
C. Benar, karena tidak termasuk kedalam tiga hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan

36. Berikut merupakan contoh penerapan inovasi di SD, yaitu....
A. mengembangkan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk mata pelajaran IPA
B. menggunakan alternative fasilitas belajar
C. mengembangkan media yang mahal
D. mengajukan bantuan biaya pengadaan sarana dan prasarana ke pemerintah
Jawab:
A. Benar, karena contoh A merupakan penerapan inovasi di SD

37. Yang dimaksud dengan hak dalam konvensi hak anak adalah....
A. sesuatu yang harus dipenuhi oleh seseorang
B. tugas dan tanggung jawab terhadap pihak lain
C. perjanjian yang mengikat secara yuridis
D. sesuatu yang melekat pada diri seseorang semenjak lahir
Jawab:
D. Benar, karena merupakan pengertian hak

38. Salah satu hak anak yang dikemukakan oleh Jebb dalam buku “Sosialisasi Hak Anak – Internasional” adalah hak anak untuk....
A. mengemukakan pendapat
B. dilindungi tanpa mempertimbangkan ras, kewarganegaraan atau kebangsaannya
C. mendapat perawatan jasmani dan rohani yang memadai
D. berkembang dengan baik secara fisik dan psikologis
Jawab:
B. Benar, karena merupakan hak anak yang dikemukakan oleh Jebb

39. Kategori konvensi hak anak yang terdiri dari langkah-langkah implementasi umum; definisi anak; prinsip-prinsip umum; hak sipil dan kemerdekaan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dan kesejahteraan dasar; pendidikan, waktu luang, dan kegiatan budaya; serta langkah-langkah perlindungan khusus, merupakan cara untuk mengkategorisasikan konvensi hak anak berdasarkan....
A. pihak yang berkewajiban melaksanakan konvensi hak anak
B. konvensi induk hak asasi manusia
C. komite hak anak PBB
D. cakupan hak yang terkandung dalam konvensi hak anak
Jawab:
C. Benar, karena kategori tersebut berdasarkan komite hak anak PBB

40. Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman Perlindungan Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan, contohnya....
A. Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
B. Pasal 25 yang meminta agar dilakukan peninjauan kembali secara periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan penguasa untuk tujuan pengasuhan, perlindungan atau perawatan kesehatan fisik dan mentalnya
C. Pasal 11 tentang Negara yang meratifikasi konvensi hak anak mempunyai kewajiban untuk mencegah anak agat tidak dibawa secara tidak sah keluar negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi negaranya
D. Pasal 21 yang membahas tentang hak anak yang diadopsi di Negara-negara yang membolehkan adopsi
Jawab:
A. Benar, karena merupakan contoh hak anak untuk mendapatperlindungan dari segala bentuk kekerasan

41. Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....
A. 27
B. 28
C. 29
D. 31
Jawab:
B. Benar, karena merupakan butir pada pasal 28

42. Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan biaya operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....
A. gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan belajar lainnya
B. tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap jenjang pendidikan
C. pendidikan nonformal bagi yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMP
D. dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA
Jawab:
D. Benar, karena merupakan kegiatan pendanaan biaya operasi wajar

43. Salah satu contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak adalah....
A. Ibu Tati tidak menggunakan media karena tidak ada dana untuk pengadaan media pembelajaran
B. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
C. Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah karena ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramuka
D. Darti berhasil menjadi juara kelas karena orang tuanya banyak menyumbang untuk sekolah
Jawab:
B. Benar, karena merupakan contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak

44. Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....
A. guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
B. penataan kembali strategi dan prosedur pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi materi maupun metode penyampaiannya C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa
D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
Jawab:
A. Benar, karena merupakan kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia

45. Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....
A. berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswa
B. memberi tugas belajar secara terarah dan memberi balikan terhadap hasil belajar siswa
C. berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu
D. bekerja sama dengan anak dalam membuat rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak
Jawab:
C. Benar, karena merupakan peran guru dalam mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya

46. Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
A. memberi bantuan atau dukungan ketika anak mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar ataupun kegiatan sosialnya
B. memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil
C. memberikan contoh konkret dan tantangan positif pada anak
D. memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat
Jawab:
B. Benar, karena merupakan peran orang tua dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak

47. Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program layanan bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa....
A. buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
B. format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isian
C. buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat panggilan orang tua atau wali
D. buku pribadi dan map siswa
Jawab:
A. Benar, karena merupakan perangkat informasi

48. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD adalah....
A. menyediakan pengalaman belajar yang tepat bagi kebutuhan dasar dan perkembangan anak SD
B. mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru lain
C. pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan tugas perkembangan secara efektif
D. cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
Jawab:
D. Benar, karena merupakan tujuan dan karakteristik SD

49. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi kerja sama dapat terlaksana melalui....
A. penginterpretasian data hasil tes, aktivitas pengembangan karir dan membantu menemukan kursus
B. menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
C. memberikan layanan konsultasi atau nasihat kepada siswa
D. merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus tempat diselenggarakan kelas unggulan
Jawab:
B. Benar, karena merupakan bentuk kerja sama


50. Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan konseling di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
A. mengulangi presentasi
B. menjelaskan ulang kepada peserta
C. mencatat perbedaan kesan ini
D. mengevaluasi kegiatan presentasi
Jawab:
C. Benar, karena merupakan prinsip evaluasi program bimbingan konseling menurut Gibson dan Mitchell

Contoh Soal Ujian UT PGSD PDGK4560 Karya Ilmiah

1.      Selain memiliki sifat ilmiah, sebuah karya ilmiah hendaknya memiliki sifat sebagai berikut, yaitu.... 
A. urut
B. naratif
C. sistematis
D. agitatif
Jawab:
C. benar, karena sistematis dalam menyusun gagasan adalah prasyarat penting dalam karya ilmiah

2.      Pada dasarnya tulisan karya ilmiah bermanfaat bagi....
A. penulis, sampel yang diteliti, dan institusi
B. peneliti sendiri dan populasi yang dijadikan obyek penelitian.
C. penulis dan pembaca hasil tulisannya
D. penulis sendiri dan masyarakat umum
Jawab:
C. benar, karena karya tulis ilmiah bermanfaat sebagai referensi baik bagi penulis maupun pembaca

3.      Tulisan ilmiah yang dituangkan pada surat kabar harian kompas adalah termasuk karya....
A. ilmiah
B. ilmiah populer
C. akademis
D. inovatif
Jawab:
B. benar, karena bahwa tulisan ilmiah yang dituangkan pada surat kabar harian kompas termasuk karya tulis ilmiah popular

4.      Kalimat di bawah ini yang sesuai untuk tulisan karya ilmiah populer adalah....
A. yang dimaksud input sekolah adalah keseluruhan sumber daya sekolah yang mencakup tiga aspek yaitu karakteristik sekolah, karakteristik guru, dan karakteristik siswa
B. ditinjau dari segi karakteristik guru ternyata ada perbedaan yang cukup menonjol antara sekolah efektif dengan sekolah tidak efektif
C. ini berarti bahwa seseorang akan berhadapan dengan kebenaran hidup yang terpenting
D. kepuasan kerja guru adalah keseluruhan perasaan guru berkenaan dengan berbagai aspek pekerjaanya
Jawab:
C. benar, karena bahasa yang digunakan sudah bisa mewakili pemahaman umum

5.      Salah satu ciri yang menunjukan struktur karya ilmiah tesis adalah....
A. harus diawali dengan fenomena
B. memiliki struktur yang ketat
C. harus dimulai dari temuan
D. dimulai dari bagian yang paling menarik
Jawab:
B. benar, karena thesis harus memilki struktur yang ketat


6.      Suatu tulisan memiliki komponen berikut ini: tidak ada daftar isi, ada bagian pendahuluan, ada bagian inti, ada bagian penutup, tidak memiliki daftar pustaka. Tulisan tersebut sesuai untuk....
A. makalah
B. prosiding
C. jurnal
D. skripsi
Jawab:
A. benar, karena struktur tulisan tersebut sesuai untuk makalah


7.      Penulis karya ilmiah yang bersifat netral memiliki karakteristik....
A. banyak mengungkapkan ide asli
B. banyak memberikan penilaian terhadap gagasan orang lain....
C. memberikan argumen yang menolak pandapat orang lain
D. memberikan persetujuan terhadap pendapat orang lain
Jawab:
D. benar, karena netralitas seorang penulis karya tulis ilmiah seringkali ditentukan dengan konsiderasi penulis yang lebih luas


8.      Contoh kalimat dibawah ini yang sesuai dengan kaidah penulkisan karya ilmiah adalah....
A. sistim kehidupan masyarakat tradisional dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA
B. ada perubahan perilaku yang signifikan disaat kelinci mendapat treatment dari obat G
C. enzim amilasa mampu mengubah tepung menjadi glukosa
D. kelinci yang diberi obet G bersikap acuh dan diam terhadap lawan jenisnya
Jawab:
C. benar, karena penggunaan istilah amilasa sudah sangat dikenal masyarakat


9.      A. menentukan judul
B. menentukan topik
C. memilih sampel
D. memilih jenis uji statistik
Jawab:
B. benar, karena topik harus ditetapkan sebelum karya ilmiah dibuat


10.  Tujuan penulisan berikut ini yang menggambarkan pemilihan topik paling spesifik adalah....
A. memberikan gambaran umum tentang pengaruh usia terhadap kematangan diri
B. mengkaji hubungan antara input sekolah, kepuasan kerja guru dan iklim sekolah di sekolah efektif
C. menjelaskan peristiwa yang berkaitan dengan perubahan musim
D. mengungkapkan masalah yang dialami oleh pekerja lembur di garmen
Jawab:
C. benar, karena kalimat tersebut membuka beberapa alternatif kajian


11.  Artikel yang ditulis untuk menelusuri perkembangan teori/ konsep dan mempertajam konsep tersebut dikelompokkan dalam artikel....
A. teoritis
B. konseptual
C. penelitian
D. popular
Jawab:
A. benar, karena target pembaca forum dosen lebih fokus dan khusus dalam bidang ilmu


12.  Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan merujuk pada ....
A. kesamaan persepsi materi yang ditulis
B. jumlah pustaka yang dirujuk
C. panjangnya tulisan
D. banyaknya tulisan dari ide sendiri
Jawab:
A. benar, karena cakupan materi sangat penting diperhatikan pada saat menuliskan karya ilmiah sesuai dengan tujuan dan calon pembaca


13.  Urutan logis dalam artikel konseptual adalah ....
A. judul, pendahuluan, diskusi, abstrak, referensi
B. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C. abstrak, judul, pendahuluan, diskusi, referensi
D. abstrak, judul, pendahuluan, referensi, diskusi
Jawab:
B. benar, karena buku dan jurnal yang tersimpan dalam perpustakaan tergolong sumber primer


14.  Citasi (sitasi) merupakan bagian dari tanggung jawab penulis yang menunjukkan ....
A. perkembangan ilmu
B. keaslian ide
C. kesesuaian metode
D. jumlah acuan
Jawab:
B. benar, karena kamus yang utama berfungsi sebagai pengenalan suatu terminology


15.  Mendefinisikan terminologi khusus bertujuan agar abstrak penelitian memiliki karakteristik ....
A. akurat
B. utuh
C. menilai
D. spesifik
Jawab:
A. benar, karena mesin pencarian pada internet dapat bermanfaat untuk online catalog

16.  Hal-hal yang ditulis dalam artikel dan berkaitan dengan temuan sebelumnya adalah ....
A. posisi penelitian yang dilakukan
B. tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan
C. landasan berfikir untuk melakukan penelitian selanjutnya
D. pemandu penelitian yang akan dilakukan
Jawab:
C. benar; penggunaan tanda titik (...) berarti ada bagian kalimat yang sangat berkaitan untuk diambil sebagai literatur

17.  Penggunaan jenis uji statistik mengacu pada komponen berikut, kecuali ....
A. perumusan masalah
B. hipotesis
C. jenis penelitian
D. data penelitian
Jawab:
D. Benar, wawancara tidak boleh dilakukan untuk mempengaruhi pendapat

18.   Salah satu referensi laporan hasil penelitian ditulis sebagai berikut: Soeseno, S. (1981). Teknik Penulisan Ilmiah-Populer. Penerbit Balai Pustaka: Jakarta. Kesalahan penulisan referensi ini adalah ....
A. penulis
B. tahun
C. judul
D. penerbit
Jawab:
C. Benar, kajian terhadap permasalahan tersebut memang hanya dikonsumsi oleh masyarakat pendidikan

19.   Perhatikan pernyataan berikut ini. Walaupun pandangan ini secara intuitif menarik dan diterima umum tanpa ragu, tetapi bukannya tanpa masalah. Kata intuitif dapat dimaknai sebagai ....
A. coba-coba
B. perkiraan
C. hipotesa
D. kesimpulan
Jawab:
B. Benar, pemilihan kata yang tepat dan tunggal tujuannya agar tidak bermakna ganda



20.   Proses membaca artikel ilmiah dipengaruhi oleh kemampuan pembaca dalam memproses kata dan kalimat, karena ....
A. karya tulis harus obyektif
B. setiap kata memiliki makna tertentu
C. pembaca akan lebih mudah memaknai apa adanya
D. mampu mengkaitkan suatu makna dengan makna lain
Jawab:
C. Benar, dengan kriteria tersebut artikel dimaksud masuk kategori lengkap tetapi tidak jelas



21.   Skripsi, tesis, disertasi merupakan karya ilmiah yang ditulis untuk memenuhi sasaran masyarakat ....
A. akademis
B. ilmiah
C. umum
D. penyandang dana
Jawab:
B. Benar, artikel dengan tujuan dimaksud tergolong konseptual



22.   Karya ilmiah yang ditulis untuk jurnal teknologi IT dalam pendidikan memiliki sasaran masyarakat ....
A. akademis
B. ilmiah
C. umum
D. penyandang dana
Jawab:
A. Benar, Kejelasan materi yang disajikan dalam laporan mengacu kepada keseragaman persepsi materi yang dituliskan



23.   Meskipun laporan penelitian ditulis dengan target penyandang dana, namun tetap harus mempertahankan ....
A. obyektivitas sesuai dengan keinginan penyandang dana
B. obyektif dan memenuhi etika penulisan ilmiah
C. hasil penelitian harus disesuaikan dengan dokumen kerangka acuan
D. laporan ilmiah menekankan kekonsistenannya dengan TOR
Jawab:
B. Benar, urutan tersebut sudah benar

24.   Penggunaan istilah teknis sebaiknya dihindari jika target pembacanya adalah ....
A. masyarakat akademis
B. masyarakat ilmiah
C. penyandang dana
D. masyarakat umum
Jawab:
A. Benar, sitasi berfungsi menjadikan tulisan sesuai dengan perkembangan jaman

25.   Kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian berisi ....
A. tujuan yang ingin dicapai
B. cara analisis yang dilakukan
C. hasil penelitian yang diperoleh
D. simpulan dan saran penelitian
Jawab:
D. Benar, terminologi khusus dalam abstrak berfungsi spesifik

26.   Dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian adalah ....
A. fenomena yang terjadi
B. kerangka teori
C. analisis data penelitian
D. saran dari penelitian sebelumnya
Jawab:
A. Benar, paparan tentang temuan sebelumnya dalam aftikel dapat menggambarkan posisi penelitian terkati sebelumnya

27.   Data primer hasil penelitian diperoleh dari ....
A. populasi
B. sampel
C. kajian pustaka
D. ulasan peneliti
Jawab:
D. Benar, Option D data penelitian tidak termasuk dalam acuan dasar dalam menentukan jenis uji statistik yang digunakan

28.   Saran dalam laporan karya ilmiah hasil penelitian diperoleh dari ....
A. kajian teori dan daftar pustaka
B. pendapat para ahli yang dikutip
C. analisis dan interpretasi data
D. simpulan dan tindak lanjutnya
Jawab:
D. Benar, cara penulisan penerbit buku pada option D harus ditulis tempat lebih dahulu diikuti titik dua baru nama penertbit


29.   Perbedaan antara makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian terletak pada ....
A. sistematika
B. konten
C. metodologi
D. simpulan
Jawab:
B. Benar, istilah intuitif dalam kontek kalimat tersebut bermakna perkiraan


30.   Metodologi penelitian dalam makalah ilmiah terdiri dari ....
A. desain penelitian, analisis hasil penelitian
B. populasi dan sampel, teknik analisis data
C. simpulan, kelemahan penelitian
D. hipotesis, rekomendasi
Jawab:
D. Benar, kemampuan pembaca dipengaruhi oleh kemampuannya dalam mengkaitkan satu makna dengan makna lainnya


31.   Penyusunan abstrak yang bertujuan untuk mempermudah pembaca dalam memutuskan meneruskan membaca seluruh naskah atau tidak digolongkan abstrak jenis ....
A. deskriptif
B. informatif
C. agitatif
D. persuasif
Jawab:
A. Benar, target pembaca skripsi, tesis, disertasi yang utama adalah kalangan akademisi

32.   Berikut ini yang tidak perlu ditulis dalam abstrak penelitian adalah ....
A. perumusan masalah
B. tujuan penelitian
C. hasil penelitian
D. simpulan
Jawab:
B. Benar, masyarakat ilmiah adalah konsumen utama Karya ilmiah bidang teknologi IT dalam pendidikan

\
33.   Presentasi yang bertujuan agar peserta berubah pandangan tentang peran praktikum dalam pembelajaran IPA termasuk jenis penyajian presentasi ....
A. komunikatif
B. persuasif
C. informatif
D. deskriptif
Jawab:
B. Benar, laporan penelitian harus memenuhi kriteria objektivitas dan etika penulisan ilmiah

34.   Kelompok pendengar yang menuntut penyaji tampil secara ekspresif adalah dari kelompok pendengar ....
A. ramah dan terbuka
B. netral
C. Tidak berminat
D. penuh kecurigaan
Jawab:
D. Benar, penggunaan istilah teknis tidak cocok diberikan untuk tulisan ilmiah kepada masyarakat umum

35.   Penyajian presentasi yang bertemakan pengaruh penggunaan telepon seluler terhadap kemampuan bahasa tulis, sebaiknya disajikan dengan sistematika berdasarkan ....
A. kronologi
B. topik
C. sebab akibat
D. tujuan
Jawab:
A. Benar, Kata pengantar dalam pembuka naskah laporan penelitian berisi tujuan yang ingin dicapai


36.   Catatan perlu disiapkan sebelum presentasi, ini digunakan untuk ....
A. membantu mengingat materi penyajian
B. membuat keruntutan materi penyajian
C. membantu menjawab pertanyaan
D. menunjukkan bukti pada peserta
Jawab:
B. Benar, kerangka teori dapat menjadi dasar penyusunan hipotesis dalam laporan hasil penelitian


37.   Tayangan visual untuk penyajian prsentasi di ujian skripsi yang sesuai adalah ....
A. banyak animasi dan warna
B. ada animasi dan banyak warna
C. ada animasi dan warnanya kontras
D. tidak perlu animasi dan warna-warni
Jawab:
B. Benar, data primer dapat diperoleh dari sampel

38.   Yang dimaksud dengan kredibilitas presenter adalah ....
A. kejujuran dalam menyampaikan materi
B. pengusaan materi yang meyakinkan
C. kemampuan dalam menggunakan media
D. mampu menarik simpati dari semua peserta
Jawab:
D. Benar, simpulan dan tindak lanjut adalah bahan yang baik untuk membuah saran laporan ilmiah


39.   Hambatan semantik sering membuat penyajian menjadi kurang menarik, hal ini disebabkan oleh ....
A. tidak semua peserta mengerti istilah asing
B. cara menjawab pertanyaan kurang meyakinkan
C. kurang baiknya dalam penampilan saat penyajian
D. terganggynya penampilan karena penyaji menerima telepon
Jawab:
C. Benar, metodologi yang digunakan dapat membedakan makalah non penelitian dan makalah hasil penelitian



40.   Bila ditemukan kesan yang ditangkap peserta berbeda dengan harapan presenter, maka yang dilakukan presenter adalah ....
A. mengulangi presentasi
B. menjelaskan ulang kepada peserta
C. mencatat perbedaan kesan ini
D. mengevaluasi kegiatan presentasi
Jawab:
B. Benar, metodologi penelitian dapat berisi populasi, sampel, dan teknik analisis