Matahari sesungguhnya selalu hadir dan ada,
Dan setiap orang terhangati olehnya.
Meskipun begitu, karena matahari tidak selamanya terlihat,
Manusia tidak mengengetahui bahwa kehangatan dan kehidupan berasal darinya.

Sabtu, 12 April 2014

Contoh RPP SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :   SD N 2 Purwodadi
Mata Pelajaran         :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester         :   V/ 2
Materi Pokok             :   Energi dan Perubahannya
Waktu                          :   2 x 35 menit  ( 1X pertemuan)
Hari/Tanggal             :   Rabu, 16  April 2014

A.      Standar Kompetensi             
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

B.      Kompetensi Dasar
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat

C.    Indikator
1.      Melalui penjelasan dan percobaan yang dilakukan  siswa dapat menjelaskan berbagai jenis pesawat sederhana dengan benar.
2.      Melalui penjelasan guru siswa dapat menggolongkan berbagai alat rumah tangga yang termasuk dalam pengungkit, bidang miring, katrol dan roda dengan benar.
3.      Melalui penjelasan guru serta percobaan yang dilakukan, siswa dapat menjelaskan manfaat pesawat pengungkit, bidang miring, katrol dan roda dalam  kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.      Melalui Percobaan siswa dapat membedakan antara pengungkit, bidang miring, katrol dan roda dengan benar.

D. Hasil Belajar.
Siswa dapat mengetahui manfaat dan penggunaan jenis pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

E. Materi Ajar
1. Pesawat sederhana
2. Jenis-jenis pesawat sederhana
o  Tuas
o  Bidang miring
o  Katrol
o  Roda

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.  Persiapan Pembelajaran ( 5 menit)
a. Megucapkan salam dan berdoa
b. Mengecek kehadiran siswa serta menyiapkan bahan-bahan pelajaran pelajaran.
  2. Kegiatan Awal ( 5 Menit)
Apersepsi  dan Motivasi :
Ø  Mengemukakan langkah-langkah apa yang akan dilakukan
Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3.    Kegiatan Inti (50 Menit)
a.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Guru menjelaskan materi pelajaran dan perangkat yang akan digunakan yaitu mengenai materi pesawat sederhana
Ø   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pertanyaan tentang hal-hal  apa yang belum dimengerti, serta meminta siswa untuk mengemukakan gagasan untuk memecahkan masalah.
b.    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan jenis pesawat sederhana
-    Tuas (pengukit)
-    Bidang miring
-    Katrol
-    Roda
F Guru membimbing siswa di dalam kelas baik secara individu maupun kelompok dalam kegiatan :
a.       Mengamati masalah yaitu guru membimbing siswa untuk mengumpulkan data atau informasi yang sesuai dengan materi materi pesawat sederhana (pengungkit, katrol, bnidang miring, dan roda
b.      Menggolongkan (Mengklasifikasikan) yaitu guru membimbing siswa untuk mengolong-golongkan dan mengklasifikasikan masalah berdasarkan data dan informasi awal yang telah ditemukan yaitu mana yang termasuk pengungikit, bidang miring, katrol dan roda
c.       Menafsirkan (menginterpretasikan) yaitu guru membimbing siswa untuk mengemukakan pemahaman sementara tehadap materi pesawat sederhana yang terkumpul berdasarkan data dan informasi awal, kemudian menghubungkan dalam kehidupan sehari-hari
d.      Merencanakan penelitian yaitu guru membimbing siswa untuk menyelidiki masalah (pesawat sederhana) dengan melakukan eksperimen untuk menguatkan pemahaman awal siswa tehadap masalah.
e.       Meramalkan yaitu guru membimbing siswa untuk meramalkan atau meyimpulkan kemungkinan yang akan terjadi dari kegiatan menafsirkan yang telah dilakukan, yaitu berupa pemahaman terhadap materi.
f.       Menerapkan dan mengkomunikasikan yaitu guru membimbing siswa untuk mengaplikasikan pemahamannya dalam bersikap dan bertingkah laku serta mengkomunikasikan pemahamanya dalam kegiatan bertanya, menjelaskan, serta laporan.
c.     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan tes Evaluasi
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan  penguatan  dan penyimpulan
   4.Kegiatan Akhir (10 Menit)
Ø  Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil dari proses-proses keterampilan yang mereka lakukan.
Ø  Memotivasi siswa agar mengulangi pelajarannya dirumah.

F. Media dan Sumber
1. Media.
§  Alat peraga sederhana mengenai konsep pesawat sederhana yaitu pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.
§  Slides Power Point
2. Sumber.
§  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 kelas V SD.
§  Buku BSE SAINS kelas 5

G.    Metode dan Pendekatan
1. Metode
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·          Eksperimen
·         Observasi
2. Pendekatan
Pendekatan Keterampilan Proses

H.    Penilaian.
1.  Prosedur Penilaian.
ü  Penilaian Proses
ü   Penilaian Akhir (Post test)
2.  Jenis Penilaian
ü  Lisan
ü  Tertulis
ü  Kinerja
        3.  Alat penilaian.
Lembar Evaluasi


Mengetahui,
Kepala SD N 2 Purwodadi



SUYATMO, S.Pd
NIP : 19641211199003 1 010



Purwodadi, 14 April  2014
Mahasiswa PKM UT



EKO SUGIYANTO
NIM. 823681319




 Lembar Evaluasi
A. Pilihlah salah satu jawaban yang kamu anggap paling benar.
1. Pesawat sederhana berguna untuk ……
 a. memudahklan pekerjaan                      c. mempersingkat perjalanan
 b. mempersingkat waktu                          d. menciptakan gaya
2. Alat di bawah ini yang bukan tuas adalah ………
   a. sekrup                                                 c. sapu
   b. tang                                                    d. palu
3. Di bawah ini yang merupakan tuas golongan pertama adalah …..
   a. sekop                                                  c. palu
   b. sapu                                                    d. pembuka tutup botol
4. Gunting kuku merupakan tuas golongan ……..
   a. pertama                                               c. ketiga
   b. kedua                                                  d. keemapt
5. Pembuatan atap rumah menggunakan prinsip ……
   a. katrol                                                  c. bidang miring
   b. roda                                                    d. tuas
6. Alat dibawah ini yang bukan menggunakan prinsip bidang miring adalah …….
   a. paku                                                    c. kampak
   b. sekrup                                                 d. gunting
7. Permukaan datar dengan salah satu ujungnya lebih tinggi  daripada ujung lainnya disebut ……
   a. katrol                                                  c. tuas
   b. bidang miring                                      d. pengungkit
8. berikut ini yang menggunakan katrol tetap adalah …….
   a. mesin traktor                                      c. sumur timba
   b. roda sepeda                                        d. sumur pompa
9. dibawah ini adalah contoh penggunaan roda berporos, kecuali …….
   a.  setir mobil                                          c. roda sepeda
   b. setir kapal                                           d. dongkrak

B. Untuk soal nomor 11 samapai dengan 15 (jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas)
   10. Benda yang berguna untuk memudahkan pekerjaan disebut....
   11. Alat pembuka botol menggunakan prinsip kerja ....
 12. Pengungkit mempunyai tiga kedudukan penting yaitu ... , ... dan ....
   13. Tangga menggunakan prinsip kerja....
   14. Kerekan untuk menimba air di sumur termasuk jenis katrol....
   15. Gir pada rantai sepeda menggunakan prinsip kerja ...


Kunci Jawaban
Lembar Evaluasi
A. Soal Pilihan ganda
1.      a. memudahkan pekerjaan            
2.      a. seikrup
3.      c. palu
4.      b. kedua
5.      c. bidang miring
6.      d. gunting
7.      b. bidang miring
8.      c. sumur timba
9.      d. dongkrak
B. Soal Isian.
   10. pesawat sederhana
   11. tuas atau pengungkit
   12. titik beban, titik kuasa, dan titik tumpu
   13. bidang miring
   14. katrol tetap
   15. roda berporos