Matahari sesungguhnya selalu hadir dan ada,
Dan setiap orang terhangati olehnya.
Meskipun begitu, karena matahari tidak selamanya terlihat,
Manusia tidak mengengetahui bahwa kehangatan dan kehidupan berasal darinya.

Rabu, 20 November 2013

PENDEKATAN, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN -1


1.  PENDEKATAN
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, didalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Para ahli membagi pandangan tentang proses belajar itu menjadi 2 aliran, yaitu:
1.   Aliran empiris (mekanis, bavourisme, dan bloomfield)
Kelompok ini berpandangan bahwa proses penguasaan kemampuan berbahasa anak sebenarnya dikendalikan dari luar sebagai akibat berbagai rangsangan yang diterapkan lingkungan kepada Si Anak. Bahasa sebagai wujud perilaku manusia merupakan kebiasaan yang harus dipelajari. Jadi kemampuan berkomunikasi anak melalui bahasa pada dasarnya sangat ditentukan oleh stimulus-respon dan peniruan-peniruan.
      Prinsip-prinsip pokok aliran ini adalah:
a.     Bahasa adalah ujaran, bukan tulisan
b.     Bahasa adalah serangkain kebiasaan
c.      Ajarkan berbahasa, bukan bahasanya
d.     Bahasa adalah apa yang dikatakan pemakainya, bukan apa yang oleh seseorang seharusnya dikatakan demikian
e.     Tidak ada satu bahasapun yang persis sama dengan bahasa lain
2.   Aliran rasional (mentalis atau Noam Choscky)
      Kelompok ini berpandangan bahwa perbuatan berbahasa adalah perbuatan mental.
      Prinsip-prinsip aliran ini diantaranya:
a.     Suatu bahasa yang hidup ditandai oleh kreatifitas yang dituntut oleh oleh aturan-aturan
b.     Aturan-aturan tata bahasa nyata bertalian dengan tingkah laku kejiwaan
c.      Manusia satu-satunya makhluk yang sapat belajar bahasa
d.     Bahasa yang hidup adalah bahasa yang dipakai dalam berpikir