Matahari sesungguhnya selalu hadir dan ada,
Dan setiap orang terhangati olehnya.
Meskipun begitu, karena matahari tidak selamanya terlihat,
Manusia tidak mengengetahui bahwa kehangatan dan kehidupan berasal darinya.

Rabu, 20 November 2013

PENDEKATAN, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN -4


4.  PENDEKATAN
            Pendekatan adalah suatiu ancangan atau kebijaksanaan dalam memulai pengajaran suatu          bidang studi yang memberi arah dan corak kepada metode pengajarannya dan       didasarkan kepada asumsi yang berkaitan.
                 1.   Pendekatan komunikatif
               Pendekatan komunikatif mengarahkan pengajaran bahasa pada tujuan pengajaran yang mementingkan fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Pendekatan komunikatif memfokuskan pada keterampilan siswa mengimplementasikan fungsi bahasa (untuk berkomunikasi) dalam pembelajaran.
               Berdasarkan prinsip pendekatan komunikatif, pengajaran menulis harus diarahkan pada penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pembelajaran menulis surat.
                 2.   Pendekatan Integratif
               Pembelajaran bahasa harus dilakukan secara utuh. Para siswa dituntut untuk         terampil berbahasa, yaitu terampil menyimak, membaca, berbicara, dan menulis.         Keempat keterampilan berbahasa tersebut harus dilakukan secara terpadu dalam         proses pembelajaran dengan fokus satu keterampilan. Misalnya, para siswa sedang belajar keterampilan menulis maka ketiga keterampilan yang lainnya harus dilatihkan juga, tetapi kegiatan tersebut tetap difokuskan untuk mencapai peningkatan kualitas         menulis.
                 3.   Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif
               Pendekatan cara belajar siswa aktif diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar yang          melibatkan siswa. Artinya, siswa secara aktif terlibat dalam proses pengajaran.
                 4.   Pendekatan Belajar Kooperatif
               Belajar kooperatif merupakan suatu metode yang mengelompokkan siswa ke         dalam kelompok-kelompok kecil.  Siswa bekerja sama dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas.
                 5.   Pendekatan Tujuan
               Pendekatan tujuan ini dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam setiap kegiatan         belajar mengajar, yang harus dipikirkan dan ditetapkan terlebih dahulu ialah tujuan yang hendak dicapai. Dengan memperhatikan tujuan yang telah ditetapkan itu dapat ditentukan metode mana yang akan digunakan dan teknik pengajaran yang bagaimana yang diterapkan agar tujuan pembelajaran tersebut dapat dicapai.
                 6.   Pendekatan Struktural
               Pendekatan struktural merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran         bahasa, yang dilandasi oleh asumsi yang menganggap bahasa sebagai seperangkat kaidah. Atas dasar anggapan tersebut timbul pemikiran bahwa pembelajaran bahasa harus diutamakan penguasaan kaidah-kaidah bahasa atau tata bahasa. Dalam hal ini pengetahuan tentang pola-pola kalimat, pola kata, dan suku kata menjadi sangat penting, jelas, bahwa aspek kognitif bahasa diutamakan. Dengan pendekatan struktural siswa akan menjadi cermat dalam menyusun kalimat, karena mereka memahami kaidah-        kaidahnya.
                 7.   Pendekatan Kontekstual
   Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga         dan masyarakat.
   Pendekatan ini mempunyai konsep, guru menggunakan objek di sekitar siswa sebagai         media pembelajaran di kelas.