Matahari sesungguhnya selalu hadir dan ada,
Dan setiap orang terhangati olehnya.
Meskipun begitu, karena matahari tidak selamanya terlihat,
Manusia tidak mengengetahui bahwa kehangatan dan kehidupan berasal darinya.

Kamis, 03 Januari 2013

Apakah Ilmu Komunikasi Perlu Dipelajarai?


Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia adalah insan yang hidup sebagai mahluk sosial yang senantiasa berhubungan dan berinteraksi dengan manusia lainnya. Oleh sebab itu, menurut Dr. Everett Kleinjan dari East West Center Hawaii, komunikasi telah menjadi bagian kekal dari kehidupan manusia seperti halnya bernapas. Sepanjang manusia ingin hidup, maka ia perlu berkomunikasi.

Selain itu, menurut Professor Wilbur Schramm, komunikasi dan masyarakat  adalah dua kata kembar yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Sebab, tanpa komunikasi tidak mungkin masyarakat terbentuk, sebaliknya tanpa masyarakat, maka manusia tidak dapat mengembangkan komunikasi (Schramm; 1982).

Lalu, apakah ilmu komunikasi perlu dipelajari ?

Berikut beberapa alasan yang mendorong perlunya ilmu komunikasi dipelajari yang dinyatakan oleh Prof. Dr. H. Hafied Cangara, M.Sc. dalam bukunya Pengantar Ilmu Komunikasi.

1.     Komunikasi yang baik dengan orang lain akan membantu seseorang memperoleh kemudahan dalam mendapatkan rezeki, sahabat, dan pelanggan. Bahkan dengan komunikasi yang baik seorang karyawan akan mudah mendapatkan promosi dari pimpinannya pada jenjang yang lebih tinggi dibanding dengan orang yang tidak bisa berkomunikasi dengan baik.

2.     Semakin banyak orang tidak mengenal etika dalam berkomunikasi. Sering kita jumpai dalam menyampaikan pendapat atau somasi banyak orang seenaknya mengucapkan kata-kata yang bisa menyinggung perasaan orang lain, sehingga menyebabkan putusnya hubungan silahturahmi atau hubungan kemanusiaan mereka, padahal hubungan antarmanusia perlu dipelihara dalam memperbanyak peluang berusaha dan berkarier.

3.     Dengan mengetahui konsep, teori, dan dasar-dasar praktik komunikasi yang baik, seseorang menjadi pekerja komunikasi yang terampil dan professional dalam melaksanakan tugas-tugas yang diembannya.

4.      Perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat memaksa orang harus mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru terutama dalam bidang komputer, animasi gambar, dan internet. Jika tidak, ia akan ketinggalan dan sulit mendapatkan lapangan kerja yang sesuai dengan perkembangan. Dalam berbagai riset penempatan tenaga kerja, keterampilan komunikasi lisan dan tulisan (communication skills), bahasa asing, dan penguasaan komputer  menempati ranking teratas dalam penilaian seorang pelamar.